3 Tips Mencegah Rumah Kebanjiran

3 Cara Mudah Mencegah Rumah Kemasukan Air Banjir ~ Musim hujan dengan intensitas hujan yang tinggi dapat menyebabkan persoalan baru di lingkungan rumah, yaitu banjir. Apalagi jika kita tinggal di daerah yang kurang resapan airnya, daerah yang cenderung menurun tanahnya dari sekitar dan drainase yang ada tidak dirancang baik atau bahkan tidak ada. Hal ini dapat menyebabkan genangan-genangan dan akibatnya lebih besar yaitu banjir. Kadang, banjir juga disebabkan oleh kiriman air jadi tidak melulu banjir genangan sesaat waktu hujan deras mengguyur. Banjir kiriman biasanya lebih parah, karena volume debit air yang datang bisa lebih banyak dari air hujan biasanya.

biopori cegah banjir
biopori cegah banjir

Bagi Anda yang memiliki rumah yang selalu kebanjiran akibat tanah rumah lebih rendah daripada tanah jalanan, simak tips berikut mengenai cara mudah mencegah genangan air masuk ke dalam rumah.

biopori cegah banjir
biopori cegah banjir

Membuat Biopori dan Sumur Resapan

Biopori menurut wikipedia adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah agar air tidak menggenang di permukaanSalah satu penyebab terjadinya banjir di rumah adalah air permukaan tidak dapat menyerap ke dalam tanah. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengoptimalkan lahan terbuka di pekarangan rumah.

Pilih jenis pekarangan carport atau taman yang berlubang agar air masih dapat meresap ke dalam tanah. Selain itu, membuat sumur resapan dan biopori  untuk mempercepat resapan airnya.

Menguruk tanah

Masuknya air bisa disebabkan oleh level rumah yang lebih rendah daripada jalanan di depannya. Solusi untuk masalah ini adalah menguruk tanah di halaman sehingga lelvel permukaan sama tinggi atau lebih tinggi dari jalanan. Akan tetapi, solusi ini tidak efektif jika genangan air mencapai 50cm lebih. Solusi lainnya yaitu membuat tanggul pada setiap pinggir pekarangan perbatasan halaman dengan jalan.

Meninggikan level lantai rumah

Membuat tinggi lantai rumah merupakan solusi lain untuk mengatasi air yang masuk ke dalam rumah. Solusi ini merupakan solusi terakhir jika 2 solusi sebelumnya tidak berhasil. Karena meninggikan lantai rumah menghabiskan biaya yang cukup besar bisa jadi rombak / renovasi besar-besaran pada rumah Anda.

Kesimpulannya, solusi yang terakhir ini bisa dikonsultasikan kepada para pakarnya yang berpengalaman. Karena pada pelaksanaanya seluruh kegiatan ini hampir mirip dengan merenovasi seluruh bangunan rumah.

Grass block bisa menjadi sebuah solusi untuk membuat genangan air cepat meresap ke dalam tanah.

loading...