4 Manfaat Tanaman Dinding di Dalam Rumah

Manfaat tanaman dinding dalam rumah – Dinding rumah beton atau pun kayu memang akan menarik jika diaplikasikan dengan warna yang tepat atau pun dihiasi dengan wallpaper yang telah tersedia dalam beragam warna dan motif. Namun, penggunaan “dinding hidup” alias dinding yang memakai tanaman hidup akan jauh lebih indah.

ilustrasi tanaman dinding di dalam rumah
ilustrasi tanaman dinding di dalam rumah

Banyak orang yang menggemari konsep dinding hidup ini. Selain menyukai tumbuhan, mereka juga bertujuan untuk memberikan kesan unik pada penampilan desain rumah mereka. Ternyata, penggunaan tanaman sebagai dinding rumah ini memiliki manfaat positif. Langsung saja simak beberapa manfaat menggunakan tanaman dinding di dalam rumah berikut ini.

ilustrasi tanaman dinding di dalam rumah
ilustrasi tanaman dinding di dalam rumah

BACA JUGA: Taman Di Dalam Rumah yang Keren

  1. Melindungi Dinding Rumah

Dinding tanaman berfungsi sebagai pengontrol iklim yang tentu dapat melindungi bangunan rumah Anda. Hadirnya tanaman ini dapat meencegah fluktuasi suhu yang ekstrim. Tanaman dinding juga bertindak sebagai isolasi alam yang menjadikan udara di rumah lebih dingin dan sejuk. Hal ini kemudian dapat mencegah terjadinya korosi pada bangunan karena sifatnya sebagai pelindung yang melindungi dinding dari derasnya hujan, sinar UV jahat dan angin.

  1. Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

Polusi udara menyerang dan siap mengganggu kesehatan kita baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Di sinilah tanaman hijau menjadi sangat penting perannya. Tanaman hijau di dinding rumah Anda dapat secara efektif menyerap racun-racun akibat polusi tersebut. Hampir semua jenis tanaman dapat menyerap udara yang tercemar oleh polusi ini. Namun ada beberapa macam tanaman tertentu yang dinilai paling baik dalam menyerap polusi udara yang bisa Anda diskusikan dengan arsitek Anda.

Tanaman dinding ini dapat membantu menghilangkan zat-zat berbahaya seperti karbon monoksida, formal dehida dan polutan-polutan berbahaya lainnya. Semakin banyak tanaman hijau yang Anda tambahkan di dinding rumah, maka semakin banyak pula racun yang dapat diserap dan semakin segarlah udara yang Anda hirup.

  1. Menghemat Energi

Seperti yang telah kita tahu bahwa tanaman dinding ini mampu membuat suhu ruangan menjadi sejuk. Anda pun tidak perlu menggunakan AC atau pun kipas angin secara terus-menerus bahkan mungkin tidak perlu sama sekali.

  1. Menyehatkan Anda

“Yang alami memang lebih sehat”, slogan ini memang benar adanya. Selain sebagai penyerap polusi udara, ia juga berfungsi terhadap mental kita. Dengan adanya tanaman dinding, maka kita akn merasa lebih nyaman dan tentram. Stress pun berkurang dan no stress, no illness.

Demikianlah 4 manfaat tanaman dinding di dalam rumah.

Tertarikkah Anda untuk menerapkannya?

loading...