4 Tips Agar Tembok Rumah yang Kusam Menjadi Bersih Kembali Mempesona

Dinding Rumah Kusam Jadi Bersih Kembali ~ Musim hujan biasanya intensitas hujannya tinggi, dg hujan cukup deras tersebut dapat menyebabkan banjir. Genangan air sulit untuk surut karena genangan lebih dari stgh meter. Hasilnya bisa kita bayangkan kotoran dan sampah berbekas yg nempel di dinding kesayangan kita sulit dibersihkan. Tembok menjadi kotor, kusam dan bahkan berpotensi menimbulkan penyakit.

cat kusam perlu diperbaiki agar kembali segar dan menawan
cat kusam perlu diperbaiki agar kembali segar dan menawan

Tapi jangan khawatir, noda membandel yg menempel pada dinding tersebut bisa kita perbaiki dan dinding kita kembali menjadi bagus dan menawan. Simak tips berikut ini tentang mengecat ulang dinding tembok yang kusam.

cat kusam perlu diperbaiki agar kembali segar dan menawan
cat kusam perlu diperbaiki agar kembali segar dan menawan

Bersihkan dan Keringkan Dinding

Sebelum melakukan pengecatan ulang kita harus membersihkan permukaan dinding yang kotor dan kusam tersebut terlebih dahulu. Semprot tembok itu dengan air bertekanan tinggi dan beri detergen guna menghilangkan debu dan noda sambil disikat. Setelah itu, kerok lapisan cat lama sampai terkelupas.

Lapisi Cat Dasar

Tahap selanjutnya adalah pemberian lapisan cat dasar pada tembok. Cat dasar yang digunakan berbahan waterbase yang mampu menahan alkali. Ini berfungsi sebagai anti gelembung dan anti kelupas sehingga nanti cat aslinya dapat mempererat ini keduanya.

Tutup Retak Pada Tembok

Bila terlihat ada retakan pada tembok, tutup retak tembok tersebut dengan flamir atau wall filler. Dengan cara ini retak tembok dapat diisi dengan lapisan flamir. Namun jangan terlalu banyak menggunakan flamir pada seluruh tembok karena sifat flamir tersebut mudah retak jika ditimpa cat.

Cat Antinoda

Sebelum melakukan pelapisan ulang, tutup permukaan dinding dengan cat dasar yg kedua kalinya. Lalu setelah ITU berikan cat anti noda ini. Jenis cat anti noda itu ada dua, pertama jenis cat yang memiliki kandungan anti noda meresap ke dalam cat. Yang kedua berupa transparan yg menjaga lapisan cat ini dari kotoran yang menempel.

loading...