Benarkah Ruang Yang Berantakan Bisa Memacu Kreativitas?

Ruangan Berantakan Memicu Kreativitas ~ Apakah ruang kerja anda sering terlihat berantakan? Bagaimana perasaan dan mood kerja anda saat ruangan anda tidak tertata dengan rapi? Kebanyakan jawabannya Bete! .

produktif di meja berantakan
produktif di meja berantakan
sang jenius di kantor berantakan
sang jenius di kantor berantakan
pelukis kreatif yang berantakan
pelukis kreatif yang berantakan

Kita semua tentu setuju bahwa bekerja di tempat yang rapi akan lebih nyaman. Tapi ada sebuah penemuan yang cukup mengejutkan. Ruang kerja yang berantakan ternyata bisa memicu daya kreatifitas. Saya membayangkan sebuah studio lukis dengan bekas cat kering yang tercecer di lantai dan tembok, namun sarat dengan kreatifitas dan karya-karya indah.  Apakah ini artinya ruang kerja yang berantakan juga sarat dengan dengan kreatifitas? Belum tentu juga sih.

sang jenius di kantor berantakan
sang jenius di kantor berantakan
pelukis kreatif yang berantakan
pelukis kreatif yang berantakan
produktif di meja berantakan
produktif di meja berantakan

Sejak kecil kita sudah dilatih atau diperintah untuk selalu menjaga kebersihan ruangan dimana kita beraktifitas. Kebersihan lingkungan jelas memberikan manfaat dan tentu saja lebih sehat. Tapi dibalik itu, sebuah lingkungan yang berantakan bisa juga memberikan manfaat. Manfaat yang seperti apa?

Manfaat Ruang Berantakan Bagi Kreatifitas Otak

Kthleen Vohs bersama timnya dari University of Minnesota pernah melakukan sebuah penelitian yang unik. Mereka menemukan bahwa ada keuntungan yang bisa didapatkan dari meja kerja atau ruang kerja yang berantakan. Keadaan berantakan pada ruang kerja tersebut ternyata bisa membangkitkan ide-ide kreatif dan memicu munculnya gagasan-gagasan baru yang dahsyat.

Penelitian ini dilakukan pada berbagai macam jenis pekerjaan. Mereka melibatkan partisipan yang sedang bekerja di ruangan masing-masing. Para partisipan mengisi kuisioner yang diberikan saat berada di ruang kerjanya. Sebagian bekerja di ruangan yang rapi dan sebagian yang lain bekerja di ruangan yang berantakan.  Dalam penelitian ini, para partisipan juga diberikan sebuah bola pingpong. Mereka diminta untuk menyebutkan manfaat dari bola pingpong yang mereka terima. Hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata orang-orang yang berada di ruang kerja berantakan memberikan jawaban yang lebih kreatif dan menarik.

Dalam laporannya, Vohs menjelaskan bahwa saat berada di dalam ruangan yang tertata rapi, orang-orang akant erdorong untuk melakukan hal-hal yang diharapkan dari mereka. Sebaliknya di dalam ruangan yang berantakan, orang-orang akan terpacu untuk melakukan kreatifitas. Ditemukan pula bahwa mereka yang bekerja di ruang berantakan lebih suka menggunakan produk baru daripada produk lain yang lebih terkenal.

Ini menandakan bahwa saat berada di ruangan yang berantakan seorang akan merasa terbebas dari kebiasaan umum yang seharusnya dilakukan. Hal ini memacu mereka untuk berpikir lebih mendalam dan berani mencoba berbagai kemungkinan. Sebaliknya, pada orang-orang yang tinggal di ruang kerja rapi, mereka cenderung untuk memilih jalur yang aman dengan melakukan hal-hal yang sudah umum dilakukan oleh banyak orang.

Penelitian ini dilakukan pada enam tempat kerja yang berbeda.Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini berlaku untuk ruang kerja secara umum. Jenis ruang kerja tertentu tidak terlalu berpengaruh. Sehingga bisa berlaku untuk semua jenis pekerjaan. Bisa jadi pekerjaan yang sedang anda lakukan juga termasuk didalamnya.

Jadi, anda tidak perlu risau jika belum sempat membersihkan ruang kerja yang berantakan. Siapa tahu dari situ akan bermunculan ide-ide yang tidak terduga yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan-permasalahan anda yang monoton. Meskipun menjaga kerapian adalah hal yang penting, tapi jika mood anda justru akan aktif saat ruang kerja sedang berantakan, yasudah lakukan saja.

Artikel ini tentang:

cara membuat shabby chic dr botol minuman keras, cara membuat rak piring dari papan bekas, dekorasi interior sederhana dari bahan bekas, Desain dari kayu balok bekas, Desain rak piring dari kayu balok bekas, lantai warna kunig gading

loading...