Cara Membasmi Rayap Di Rumah Anda

Membasmi Rayap di Rumah ~ Rayap biasanya datang saat musim penghujan tiba. Mereka akan mencari tempat yang tersembunyi untuk bersarang sehingga aman dari hujan. Mereka suka bersembunyi pada tanah di bawah rumah sehingga mereka merasakan “hangat”.

Kayu menjadi bolong dan rapuh karena rayap
Kayu menjadi bolong dan rapuh karena rayap
Sarang Rayap
Sarang Rayap
rayap pada dalam kayu
rayap pada dalam kayu

Serangga yang kemudian menjadi laron itu sangat suka menggerogoti kayu-kayu di rumah anda. Segala perabot berbahan kayu, kusen-kusen dan rangka atap kayu akan menjadi sasaran empuk bagi rayap.

rayap pada dalam kayu
rayap pada dalam kayu
Kayu menjadi bolong dan rapuh karena rayap
Kayu menjadi bolong dan rapuh karena rayap
Sarang Rayap
Sarang Rayap

Jika serangan rayap ini anda abaikan maka jangan kaget jika tiba-tiba ada kusen yang keropos, perabot yang rusak bahkan atap yang roboh. Ini tentu berbahaya dan merugikan anda. Segera cegah rayap sebelum semuanya terlambat. Bagaimana caranya? Mari kita bahas disini :

Basmi Rayap Langsung Ke Sumbernya

Akan lebih efektif apabila anda membasmi rayap langsung ke sumbernya. Jika anda hanya membasmi rayap pada bagian-bagian yang kelihatan saja maka rayap itu akan muncul lagi.  Biasanya yang menjadi tempat persembuyian rayap adalah pada kayu yang lembab dan empuk. Kusen atau perabot yang terhubung dengan tanah akan menjadi sasaran empuk rayap. Untuk  mencegahnya pasanglah “haksepatu” pada kusen berupa cor beton sebagai pembatas antara kusen dengan lantai (tanah).

Gunakan Bahan Kimia Pembasmi Rayap

Anda bisa menggunakan zat kimia berbahan Termisida untuk membasmi rayap. Semprot kan bahan pembasmi rayap itu pada bidang kayu yang sedang diserang rayap.

Bahan kimia jenis ini sangat efektif dalam membasmi rayap. Tapi di sisi lain, Termisida juga  menghasilkan efek yang akan membahayakan kesehatan anda. Pestisida ini bisa menjadi pilihan terakhir apabila rayap di rumah anda sudah sangat membandel. Namun jika masih memungkinkan coba atasi dulu dengan cara yang lebih alami dan aman.

Gunakan Puntung rokok

Coba pertimbangkan cara lain yang cukup aman dalam membasmi rayap, yaitu dengan menggunakan puntung rokok. Masukkan puntung rokok sebanyak 10 batang pada dua gelas air yang sudah diisi dengan garam setengah sendok makan. Setelah lewat satu malam, saringlah larutan tersebut. Masukkan air yang sudah disaring ke dalam alat penyemprot. Untuk membasmi rayap, semprotkan larutan  tersebut ke  arah permukaan kayu yang diserang  oleh rayap.

Dedaunan Lain Yang Juga Bermanfaat

Masih ada cara alami lain yang bisa anda gunakan untuk membasmi rayap. Gunakan daun pepaya dan daun sirih. Siapkan sebuah blender dan masukkan daun papaya dan daun sirih tadi dengan perbandingan 2:1. Masukkan air untuk melarutkan secukupnya.

Setelah diblender  halus, pisahkan air dari ampasnya dengan disaring. Tempatkan pada sebuah wadah dan campur dengan alkohol 70%  pada perbandingan 2:3. Masukkan ke alat penyemprot dan semprotkan pada bidang kayu yang terkena rayap.

Itulah beberapa cara membasmi rayap di dalam rumah yang dapat kita lakukan. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan anda.

 

loading...