Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi

Cara Mudah Membersihkan Kolam Koi ~ Ikan koi menjadi salah satu jenis ikan kolam yang memiliki banyak jenis dan variannya, seperti halnya koi kohaku, koi sowa dan masih banyak lagi jenis lainnya. Selain memiliki keindahan dari  corak serta warnanya, ikan koi ini juga dipercaya dapat membawa hoki atau keberuntungan bagi si pemiliknya. Jadi tidak heran jika ikan koi ini menjadi salah satu jenis ikan peliharaan.

Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi
Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi

cara membersihkan kolam ikan koi

Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi
Cara Membersihkan Kolam Ikan Koi

Berbicara mengenai ikan koi,  hal ini tentunya tidak terlepas dari perawatannya yang cukup rumit terutama bagi para pemula. Cara perawatan yang tidak sesuai dapat menyebabkan ikan koi menjadi sakit, stres dan bahkan mati. Oleh karenanya perlunya untuk mengetahui dan memhami faktor apa saja yang dapat menentukan kesehatan dan keindaham kolam ikan koi.

Membersihkan kolam ikan koi menjadi salah satu bentuk perawatan terhadap ikan koi itu sebagai peliharaan di rumah. Dengan memastikan kolam ikan koi bersih setiap saat, hal ini tentunya dapat menjamin kesehatan dan pertumbuhan dari ikan koi tersebut.

Sama seperti halnya membersihkan akuarium, pembersihan kolam ikan koi sebaiknya dilakukan satu bulan sekali. Hal ini bertujuan agar ikan koi tetap merasa nyaman di kolam. Berikut ini cara membersihkan kolam ikan koi.

Memindahkan ikan koi

Langkah pertama, kamu bisa memulai menangkap ikan koi dan memindahkan ikan koi tersebut kedalam ember. Pada tahap ini perlu diperhatikan bahwa air yang ada di dalam ember penampungan tersebut sebaiknya langsung dari air kolam. Hal ini bertujuan agar ikan tidak perlu menyesuaikan lingkungan yang ada di ember.

Mengeluarkan aksesoris dan tumbuhan air

Langkah selanjutnya, cara membersihkan kolam ikan koi adalah mengambil semua aksesoris dan tumbuhan air yang ada di dalam kolam. Kamu bisa membersihkan terlebih dahulu aksesoris tersebut dan jemur di bawah sinar matahari langsung. sinar matahari sangat ampuh untuk membunuh semua kuman dan bakteri yang melekat pada permukaan aksesoris kolam.

Menguras air kolam

Setelah kolam ikan koi tersebut sudah terlihat kosong. Selanjutnya kamu bisa menguras air kolam tersebut. langkah ini sangatlah mudah dilakukan, apalagi jika kolam tersebut sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan.

Membersihkan kolam utama

Untuk membersihkan kolam ikan, sebaiknya tidak menggunakan bantuan sapun maupun deterjen. Pasalnya hal ini dapat membuat ikan menjadi sangat sensitif dengan kondisi kolam yang ada disektiar. Pemberihan yang benar adalah dengan cara menyikatnya sampai benar – benar bersih. Pada sudut – sudut kolam yang sudah dijangkau, kamu dapat mengggunakan bantuan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai.

Pada tahap pembersihan ini, kamu juga perlu memeriksa kondisi kolam ikan koi, apakah ada masalah yang serius atau tidak. Jika ada masalah cukup serius kamu bisa langsung mengatasinya.

 

Artikel ini tentang:

keramik motif ikan koi

loading...