Cara Membuat Taman Vertikal Di Rumah Dengan Mudah

Mudahnya Membuat Taman Vertikal di Rumah ~ Membuat taman vertikal memang tidak semudah seperti membuat taman pada umumnya. Untuk taman vertikal ini kita memerlukan suatu keahlian dan ketelatenan agar taman dapat tercipta secara sempurna. Pada dasarnya taman vertikal atau pun taman horizontal memiliki fungsi yang sama, yaitu agar rumah dapat memberikan suasana yang sejuk dan segar ketika berada di rumah dan tentunya untuk mempercantik hiasan rumah. Berikut ini ada informasi mengenai cara membuat taman vertikal di rumah dengan mudah.

Cara Membuat Taman Vertikal Di Rumah Dengan Mudah
Cara Membuat Taman Vertikal Di Rumah Dengan Mudah

Untuk dapat membuat taman vertikal di rumah, disarankan untuk menggunakan tanaman yang memiliki bobot ringan, kuat dan mampu menyerap air. Selain itu tanaman yang ringan jga perlu kamu pertimbangan lainnya, salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman yang memiliki tingkat pertumbuhan yang rendah. Hal ini tentunya bertujuan agar kamu tidak perlu terlalu sering memotong – motong tanaman tersebut agar indah hasilnya.

Cara Membuat Taman Vertikal Di Rumah Dengan Mudah
Cara Membuat Taman Vertikal Di Rumah Dengan Mudah

Memperhatikan faktor lingkungan

Jika taman vertikal yang akan kamu buat adalah taman vertikal di dalam ruangan, kamu bisa memilih tanaman indoor untuk menghiasi taman vertikal kamu dan begitu pun sebaliknya. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk  tidak menggunakan tanaman merambat untuk taman vertikal di dalam rumah, pasalnya setelah timbuh, tanaman jenis ini tentunya akan susah untuk dikendalikan.

cara membuat taman vertikal di rumah dengan mudah

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat frame. Misalnya saja kamu menggunakan frame dengan material baja ringan ukuran sekitar 0,5 m x 1 m, setelah itu kamu bisa pasang pada tembok yang akan kamu jadikan taman vertikal menggunakan bolt fisher atau bisa juga dengan menggunakan perekat lainnya dan berilah celah paling kecil 7 cm dari dinding. Hal ini bertujuan agar media tanam tidak cepat langsung menempel pada tembok yang dapat membuat dinding tembok menjadi berlumut.

Untuk langkah selanjutnya kamu bisa siapkan 2 lapis media tanam dapat menggunakan velt  sabut kelapa atau dengan geotextile. Buatlah lubang untuk menanam dengan jarak 12 cm kebawah dan kesamping.

Untuk langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan tanaman yang sudah berakar, kemudian kamu tanam tanaman tersebut  yang akan dijadikan hiasan pada lubang yang sudah kamu buat.

Baca >> Tips Merawat Taman Vertikal di Rumah Anda <<

Pada langkah pengairan, kamu bisa memilih untuk menggunakan tehnik sistem irigasi. Hal ini bertujuan agar tidak menyita banyak waktu. Untuk sistem irigasinya, jarak pipa untuk pengairan sebaiknya berjarak 3 meter. hal yang perlu kamu perhatikan adalah seting waktu penyiraman misalnay saja 3-5 kali sehari.

Pada setiap enam bulan sekali cobalah untuk melakukan pemangkasan, kamu bisa membuang daun dan dahan  yang memang sudah terlalu panjang dan mulai layu. Tahap yang satu ini sangat diperlukan jika taman vertikal di rumah memiliki pola tertentu.

 

loading...