Cara Memilih Cat yang Tepat Untuk Rumah Minimalismu

Memilih cat yang cocok untuk rumah minimalismu ~ Sebuah rumah tidak bisa jauh dari cat dinding, apalagi rumah minimalis. Cat selain berfungsi sebagai bagian dari kecantikan rumah, ternyata cat amat penting untuk melindungi dinding dari kerusakan baik dari dalam maupun luar. Saat ini terdapat berbagai macam atau jenis cat yang bisa ditemui di toko-toko. Karena itu, kita tidak boleh membeli cat sembarangan tidak tahu jenis dan fungsinya. Apalagi kualitas cat yang jelek mampu membuat kesan rumah tidak enak dipandang, lalu kita bisa boros karenanya untuk membeli ulang cat untuk cat yang sudah terlanjur digunakan pada tembok tersebut.

cat interior
cat interior
tips memilih cat yang tepat
tips memilih cat yang tepat

Maka, ada beberapa poin yang mesti diperhatikan dalam memilih cat yang tepat untuk rumah minimalis Anda. Pilih cat dengan bahan yang berkualitas agar tembok mudah dibersihkan, tahan lama dan aman bagi kesehatan

tips memilih cat yang tepat
tips memilih cat yang tepat
cat interior
cat interior
  • Kandungan Bahan Ramah Lingkungan.

Kesehatan dan keselamatan penghuni rumah adalah nomor satu. Jadi, poin ini harus diutamakan agar tercipta rumah yang sehat, aman, dan nyaman (keindahan). Wajib pilih cat yang berbahan ramah lingkungan. Seperti apa itu cat ramah lingkungan? cat ramah lingkungan yaitu yang tidak mengandung bahan kimia timah hitam serta logam merkuri. Pilihlah cat yang berlabel free lead, low volatile organic compound. Ciri khusus cat ramah lingkungan juga tidak beraroma.

  • Bedakan Cat Untuk Eksterior dan Cat Interior

Untuk membeli cat kita tentukan dulu dimana lokasi tembok yang ingin dicat. Apakah di luar atau di dalam. Jika ingin mengecat tembok luar, pilihlah cat yang tahan terhadap panas matahari dan kedap air hujan. Biasanya cat seperti ini tidak mudah pudar dan warnanya awet pekat. Cat ini mampu mengatasi retak-retak tembok dan menghaluskannya kembali. Cat ini dinamakan cat weatherproof (cat tahan cuaca). 

Sedangkan untuk cat interior, pilih yang kualitasnya bagus, tahan lama dan mudah dibersihkan jika terkena noda atau kotoran.

  • Lapisan anti jamur

Jika rumah kita sering terkena banjir atau berada di daerah banjir, maka gunakan cat dengan lapisan anti jamur. Hal ini untuk mencegah jamur tumbuh akibat tembok yang direndam air banjir dan juga untuk mencegah penyakit yang timbul akibat jamur itu sendiri. Jamur pada cat merusak lapisan cat yang mengakibatkan tembok lama kelamaan lembab dan mudah rembes. Maka hal ini perlu diperhatikan.

  • Mudah dibersihkan

Baik cat exterior maupun interior, pilih yang mudah dibersihkan. Hal ini untuk menghemat juga karena setiap ada kotoran atau noda pada cat bisa kita bersihkan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya renovasi cat ulang lagi. Cat ini juga ada beberapa yang mengkilap (waterproof). Namun cat yang mudah dibersihkan ini wajib digunakan pada kamar mandi karena kamar mandi tempat banyak air dan cipratan yang mampu mengurangi lapisan cat dan cat jadi pudar.

Artikel ini tentang:

aquarium dikursi ruang tamu, cat yang cocok untuk panci

loading...