Cara Memilih Handle Pintu Rumah Minimalis

Handle Pintu Rumah Minimalis, Inilah Cara Memilihnya! Ternyata tidak hanya manusia yang terlihat manis jika diberi tambahan aksesori. Benda-benda yang ada dirumah pun akan terlihat lebih indah, jika ada tambahan aksesorinya. Handle pintu rumah adalah salah satunya aksesori untuk pintu yang ada dirumah kita. Asalkan bentuk yang dipilih sesuai dengan jenis pintu, pasti akan terlihat semakin menarik dan indah. Handle pintu rumah tersebut selain sebagai aksesori, juga berfungsi untuk mempermudah kita saat akan membuka pintu.

Handle Pintu Rumah Minimalis Inilah Cara Memilihnya
Handle Pintu Rumah Minimalis Inilah Cara Memilihnya
Handle Pintu Minimalis Sederhana
Handle Pintu Minimalis Sederhana
Handle Pintu Rumah Minimalis
Handle Pintu Rumah Minimalis

Oleh karena itu untuk memilih handle pintu rumah tidak bisa dilakukan dengan asal. Ada beberapa Cara Memilih Handle Pintu Rumah Minimalis yang harus diperhatikan sebelum membeli handle pintu. Pertama, menyangkut pemakaiannya. Akan dipakai di mana handle tersebut? Apakah dipintu utama, pintu kamar, atau kamar mandi?

Handle Pintu Rumah Minimalis Inilah Cara Memilihnya
Handle Pintu Rumah Minimalis Inilah Cara Memilihnya
Handle Pintu Minimalis
Handle Pintu Minimalis
Handle Pintu Rumah Minimalis
Handle Pintu Rumah Minimalis

Kedua, sesuaikan dengan desain pintu Anda. Jangan sampai handle pintu rumah yang Anda beli tidak sesuai dengan desain pintu rumah, jadinya bentrok atau tidak serasi. Terakhir sesuaikan mereknya dengan badan kunci karena dapat berpengaruh pada ukurannya. Sebagai contoh, jika Anda sudah menggunakan merek Italia, teruslah membeli merek Italia, jangan mencampurnya dengan merek Jerman atau merek lainnya. Sebab handle buatan dari Italia, ukuran dari as pegangan sampai dengan ke as lubang kunci 85 mm, sedangkan handle buatan Jerman adalah 72mm. Jika salah ukuran, maka jelas tidak dapat digunakan.

Jenis Handle Pintu Rumah Minimalis

Handle pintu rumah tidak hanya satu macam, tetapi banyak macam dan pilihannya. Jika dilihat dari bentuknya, handle pintu rumah dibagi menjadi 2 macam, yaitu lever handle dan pull handle yang biasa disebut dengan handle set. Handle set ini sisi dalam berbentuk seperti pull handle. Sedangkan, jika dilihat dari mekanismenya, handle pintu rumah dibagi menjadi 3 macam, yaitu tubular, mortis dan silinder.

Lever handle adalah jenis handle pintu rumah yang pegangannya bisa digerak-gerakkan, baik ke atas atau ke bawah, baik dari samping kanan maupun kiri, jenis handle ini pun masih dibagi menjadi beberapa macam. Yang pertama adalah lever handle dengan plat, yang biasa dikenal dengan sebutan lever handle. Yang kedua adalah lever handle without plate. Dan yang terakhir adalah knob handle, bentuknya bulat dan gerakan handlenya tidak ke atas ke bawah, melainkan ke kanan dan ke kiri.

Yang kedua adalah jenis pull handle. Sesuai dari namanya handle ini cara menggunakannya di tarik. Jenis handle yang kedua adalah dilihat dari sistem mekaniknya. Sebenarnya sistem mekanik ini tidak hanya berhubungan dengan handlenya, tapi dengan jenis kunci dan lidahnya. Namun dari semua bagian itu akan mempengaruhi bentuk handlenya secara langsung. Sistem tubular adalah sistem yang terdiri dari 3 bagian, yaitu badan kunci, silinder dan handle itu sendiri. Bentuk handle dengan sistem ini akan mempunyai lubang kunci dan pegangan yang berguna untuk membuka pintu.

Yang termasuk Handle dengan sistem ini adalah lever handle. Yang kedua, sistem mortis, adalah kunci dengan sebuah plat besi di dalamnya berguna untuk menarik lidah kunci. Pergerakan plat ini ditentukan oleh pergerakan handle. Jenis handle yang termasuk dengan sistem mortis adalah knob handle dan handle set.

Sistem yang terakhir adalah sistem silinder, sebetulnya sistem ini hampir sama dengan sistem mortis, namun sistem mekaniknya ditutupi oleh sebuah silinder besi, Jadi tidak dapat dilihat dari luar. Yang bisa membedakan sisitem mortis dengan silinder adalah ragam kegunaan yang dimilikinya. Sistem dari mortis lebih sederhana dibanding silinder. Jenis knob handle tertentu memakai silinder.

Bahan Dasar dan Finishing Handle Pintu Rumah

Selain dari jenisnya bermacam-macam, bahan handle yang digunakan pun juga banyak macamnya yaitu: stainless steel, kuningan, besi dan aluminium. Kalau untuk bahan stainless stell tidak banyak yang menjual, karena harganya yang sangat mahal.

Untuk finishing handle akan diberi lapisan oleh berbagai jenis pelapis, seperti emas, kuningan, nikel hitam dan stainless steel. Sekarang ini model handle yang sedang digemari adalah handle dengan lapisan kuningan dan stainless steel. Sedangkan saat ini handle dengan lapisan nikel hitam sudah tidak populer lagi.

Handle Pintu Rumah Minimalis dan Penggunaannya

Jika dilihat dari sisi desain, sebetulnya tidak ada aturan tertentu dalam penggunaan handle tersebut. Hanya saja jika ingin membeli handle pintu rumah sesuaikan dulu dengan pintunya. Semuanya tergantung dari masing-masing selera Anda.

Namun, jika dilihat dari segi keamanannya, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam memilih dan menempatkan handle tersebut. Handle terbuat dari bahan-bahan yang kuat seperti besi, stainless stell dan kuningan dapat digunakan untuk pintu-pintu yang berhubungan dengan luar rumah. Hal ini dikarenakan handlenya tidak mudah dirusak, jika ada pencuri. Sedangkan untuk handle yang bahannya dari aluminium, saran dari kami sebaiknya letakkan saja untuk ruang-ruang di dalam rumah. Karena handle yang terbuat dari aluminium mudah untuk dibengkokkan.

Selain itu, jika dilihat dari sistem mekaniknya, handle dengan sistem tubular bisa digunakan untuk pintu yang berhubungan dengan luar rumah, dikarenakan sistemnya tidak mudah dirusak. Untuk menjaga keamanan rumah handle moris tidak disarankan dibagian pintu keluar, karena sistemnya sangat sederhana jadi sangat mudah dirusak.

Nah, sekarang Anda sudah tahukan? Cara Memilih Handle Pintu Rumah Minimalis yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan keamanan di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

loading...