Cara Mengatasi Kebocoran Pada Kitchen Sink

Segala kegiatan mencuci pada dapur dilakukan di kitchen sink. Dari mencuci sayur, daging, ikan dan bahan makanan lain yang hendak dimasak, hingga mencuci peralatan dapur dan makan seperti panci, wajan, piring dan sendok juga dilakukan di kitchen sink. Karena seringnya penggunaan kitchen sink dalam setiap harinya maka lama-kelamaan akan mengalami perembesan pada pipa pembuangan.

Kitchen Sink yang Tersumbat
Kitchen Sink yang Tersumbat
Ilustrasi gambar bak cuci piring atau kitchen sink
Ilustrasi gambar bak cuci piring atau kitchen sink
Agar Kitchen Sink tidak Bocor
Agar Kitchen Sink tidak Bocor

Perembesan ini bermula pada tetesan-tetesan kecil. Mungkin anda tidak terlalu menghiraukannya karena akan kering sendiri ketika kitchen sink sedang tidak digunakan. Tapi ketika rembesan menjadi semakin besar maka dapat merusak kitchen set, menjadikan lantai kotor, lembab dan berjamur. Kondisi semacam ini tentu membuat dapur anda tercemar dan tidak nyaman.

Ilustrasi gambar bak cuci piring atau kitchen sink
Ilustrasi gambar bak cuci piring atau kitchen sink
Kitchen Sink yang Tersumbat
Kitchen Sink yang Tersumbat
Membetulkan Kitchen sink yang mampet
Membetulkan Kitchen sink yang mampet

Untuk mengatasi rembesan ini, kita perlu mempelajari jenis bak cuci yang anda pakai di rumah. Kemudian temukan penyebab kebocoran sehingga anda bisa memberikan solusi yang tepat.

Kebocoran Pada Bak Cuci Beton

Jika anda mengalami kebocoran pada kitchen sink yang berbahan beton maka inilah yang harus anda lakukan. Kebocoran biasanya disebabkan oleh tidak sempurnanya pemasangan keramik sehingga air bisa meresap diantara sambungan keramik. Biasanya ditandai dengan nut antar keramik yang retak atau sudah terkikis oleh air. Hanya menutupi dengan semen nut yang baru tidaklah cukup. Agar hasilnya sempurna, anda harus membongkar keramik di bagian yang bocor. Setelah keramik dilepas, oleskan bagian beton dengan waterproofing atau pelapis anti bocor sebanyak 2-4 kali. Setelah kering pasang kembali keramik yang baru dengan rapi dan nut yang rapat.

Kebocoran Pada Sambungan Antara Kitchen Sink Dan Meja Beton

Kitchen sink yang berbahan stainless steel memiliki sifat material yang berbeda dengan meja beton. Jika sambungan antara dua material itu tidak kuat maka akan terjadi keretakan. Bagian dari keretakan inilah yang akan dilewati oleh air sehingga mengalami kebocoran. Untuk mengatasinya, gunakanlah sealant untuk menutupi keretakan pada sambungan tersebut. Tunggu hingga sealant kering lalu cobalah. Jika masih mengalami kebocoran maka tambahkan sealant lagi dengan campuran semen.

Kebocoran Karena Posisi Sink Yang Tidak Tepat

Penyebab utama kebocoran kitchen sink pada meja beton adalah karena posisi pemasangannya yang tidak tepat terhadap lubang meja beton. Agar hal ini tidak terjadi maka pada proses pengerjaan awal harus dilakukan dengan benar dan teliti. Pastikan bahwa kitchen sink yang anda beli sudah sesuai dengan ukuran lubang meja beton.

Artikel ini tentang:

Sealant cuci piring, wastafel cuci piring bocor, cara pasang keramik wastafel, ukuran pipa kitchen sink, pipa saluran air di tempat cuci piring bocor, nambal bak cuci piring bocor rembes, kebocoran wastafel apa itu, Cara pasang westapel stainlis agar tidak rembes, cara menambal tempat cuci piring, cara memperbaiki wastafel bocor, bocor pada wastafel cuci piring

loading...