Cara Mengatasi Plafon Rumah Yang Melendut

Tips Mengatasi Plafon yang Melendung ~ Pernah tidak, plafon pada rumah anda tiba-tiba melendut. Plafon yang tadinya datar dan bagus berubah melengkung ke bawah. Karena lendutan atau melendung itu, cat mulai retak, mengelupas bahkan ada yang lepas.  Pemandangan ini tentu kurang menyenangkan karena plafond anda jadi tidak rapi dan berbahaya karena sewaktu-waktu plafon bisa saja roboh.

cara mengatasi plafond yang melendung
cara mengatasi plafond yang melendung
Membetulkan plafond yang rusak
Membetulkan plafond yang rusak
memasang dan mengecat plafond dengan benar
memasang dan mengecat plafond dengan benar

Haruskah anda langsung memanggil tukang untuk mengatasi permasalahan ini? Tentu saja. Tapi tidak ada salahnya apabila anda juga mengerti cara memperbaiki plafon yang melendut.  Hal ini akan bermanfaat karena anda jadi mengerti bahwa plafon anda sudah dikerjakan dengan benar.

Membetulkan plafond yang rusak
Membetulkan plafond yang rusak
memasang dan mengecat plafond dengan benar
memasang dan mengecat plafond dengan benar
cara mengatasi plafond yang melendung
cara mengatasi plafond yang melendung

Lendutan pada plafon disebabkan oleh penurunan rangka plafon. Karena  penurunan tersebut, rangka plafon menjadi tidak simetris. Plafon yang menempel pada rangka akan tertarik sehingga mengalami kerusakan.

Kerapatan yang kurang pada jarak rangka plafon juga bisa mengakibatkan pelendutan. Jarak rangka yang aman untuk rangka plafon adalah 60 – 90 cm. apabila anda membuatnya lebih rapat tentu akan semakin kuat, hanya saja lebih boros.

Jika plafon rumah anda sudah mengalami pelendutan / pelendungan maka anda harus segera ambil tindakan. Jangan sampai kerusakan itu mengancam keselamatan keluarga anda.  Untuk mengatasi masalah plafon, pelajari tips berikut ini:

Kenali Dulu Apa Penyebabnya

Anda harus menyelidiki terlebih dahulu faktor penyebab lendutan plafon. Pastikan apakah disebabkan oleh pemasangan yang keliru atau rangka yang sudah keropos karena dimakan rayap. Beri tanda pada bagian plafon yang hendak dibongkar untuk memudahkan tukang dalam pengerjaannya.

Pembongkaran Plafon

Setelah anda tandai, langkah berikutnya adalah pembongkaran plafon. Bongkar plafon pada bagian yang melendut satu persatu. Setelah plafon terbongkar anda bisa menemukan apa penyebab turunnya rangka plafon. Jika disebabkan oleh rayap maka seluruh rangka harus anda ganti dengan yang baru. Hanya mengganti satu bagian saja tidaklah efektif karena akan diserang kembali oleh rayap pada kemudian hari.

BACA JUGA: Tips Mendekorasi ruang Tamu yang Keren

Tambahkan Kekuatan Dengan Penahan Rangka

Untuk memperkuat rangka sebelumnya, anda perlu memberikan penambahan kekuatan. Sesuaikan material perkuatan dengan material sebelumnya. Tambahkan kekuatan dengan membagi jarak antar rangka. Jika sebelumnya jarak antar rangka adalah 120 cm maka bisa anda memperkecilnya menjadi 60 cm. Agar semakin kuat, tambahkan pula kabel sling yang dikaitkan pada rangka ke kuda-kuda.

Ukurlah Siku Plafon Secara Tepat

Setelah anda memasang penahan rangka, kembali ukur kesikuan rangka plafon dengan mengunakan waterpass. Rangka plafon anda yang baru harus siku sehingga lembaran plafon bisa terpasang dengan rapi.

Penutupan plafon

Langkah terakhir adalah penutupan plafon. Pasang plafon dengn rapi pada rangka yang telah diperbaharui. Lakukan finishing dan pengecatan dengan jenis cat yang sama dengan sebelumnya. Setelah semuanya beres maka plafon anda kembali datar dan rapi seperti semua.

Itulah tips mengatasi plafond yang melendung / melendut. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih atas kunjungan anda.

 

Artikel ini tentang:

cara membuat plafon dari kardus, cara menghias kamar berdinding bambu atau bilik, Desain plapon ruangan bentk L minimalis moderen, Download vidio dekorasi ruangan, hiasan untuk plafon, kreasi plafon dari kain, plafon rumah bentuk

loading...