Cara Mengatasi Rembes Air Pada Dinding Rumah

Dinding Rumah Anda Rembes Air? Ini Cara Mengatasinya! Udara yang setiap hari ada disekitar kita tersusun dari beberapa komponen, salah satunya adalah titik-titik air yang berdiameter sangat kecil. Tetapi dalam suatu kondisi tertentu, udara punya kemampuan untuk menyimpan air. Kemampuan tersebut terpengaruh oleh faktor suhu. Dalam udara mengandung kadar titik-titik air berbanding dengan kemampuan maksimal udara dalam menyimpan air, sering disebut dengan kelembaban relatif udara (RH).

Dinding Rumah Anda Rembes Air Ini Cara Mengatasinya
Dinding Rumah Anda Rembes Air Ini Cara Mengatasinya
Rembesan Air Pada Dinding
Rembesan Air Pada Dinding
Dinding Bocor
Dinding Bocor

Negara Indonesia merupakan negara yang tergolong iklim tropis lembab atau hangat lembab, dengan tingkat RH udara yang sangat tinggi. Akibat dari kadar titik-titik yang sangat tinggi akan berakibat membahayakan bagi kesehatan juga dengan mudah menurunkan kekuatan kontruksi dan dapat merusak dari penampilan bangunan terutama Dinding Rumah.

Rembesan Air Pada Dinding
Rembesan Air Pada Dinding
Dinding Bocor
Dinding Bocor
Dinding Rumah Anda Rembes Air Ini Cara Mengatasinya
Dinding Rumah Anda Rembes Air Ini Cara Mengatasinya

Pada sebuah bangunan, kelembaban yang terjadi secara berlebihan bukan hanya terjadi karena tinggi titik-titik air didalam udara, melainkan juga bisa disebabkan karena daya kapiler (daya rembes) pada air tanah. Ada kemungkinan lain yaitu adanya tempat-tempat yang mengalami kebocoran “mengandung” air, seperti kamar mandi, dapur, tempat penampungan air. Dalam lingkup kondisi tersebut masih ditambah dengan RH yang cukup tinggi jadi jika dihitung secara signifikan akan meningkatkan kelembaban didalam bangunan rumah atau di dinding rumah.

Berbagai macam bakteri dan jamur ada potensial untuk berkembang biak diruangan yang lembab. Maka dari itu, di ruang yang lembab, pada umumnya barang atau alat yang disimpan dengan mudah akan menjamur. Misalnya foto, buku, pakaian, serta peralatan elekronik.

Rembesan air dalam ruangan yang sering ditemui adalah bagian plafon rumah, karena terkena imbas dari atap rumah yang bocor, jika di lantai (karena merembesnya air tanah), dan juga dinding rumah (karena kebocoran dari ruang lain yang menampung air dan merembesnya air tanah).

Berbeda dengan dengan Cara Mengatasi Dinding Rumah Rembes, Rembesan yang ada pada plafon dengan mudah diatasi jika kebocoran di plafon sudah diperbaiki. Namun untuk mengatasi kebocoran pada dinding rumah dan lantai tidak mudah. Kebocoran yang setempat yang biasanya disebabkan oleh kebocoran penampung dan dari saluran air umumnya kebocoran lokal, maka dari itu harus diperbaiki sebelum merambat luas ke banyak tempat.

Kelembaban yang muncul karena rembesan air tanah.

Adanya kontak langsung bagian sub-struktur bangunan (yang berada dalam tanah, seperti pondasi dan sloof) akan mengakibatkan merembesnya air tanah ke dalam kontruksi bangunan seperti dinding rumah. Pada bagian ini umumnya tidak diselesaikan dengan baik.

Jika dilihat secara teori, pada saat mendirikan bangunan, bagian dari sub-struktur ini idealnya  diselesaikan dengan adukan/perekat kedap air (trasraam) yaitu berupa campuran 1 bagian semen dan 2 bagian pasir. Perekat kedap air (trasraam) selain dipergunakan di sub-struktur, umumnya juga digunakan pada susunan dinding setinggi kurang lebih 20cm dari permukaan lantai dan sekitar 100cm untuk dinding kamar mandi.

Jika persyaratan tidak dipenuhi, sedangkan pada area terbangun mempunyai muka air yang sangat dangkal, sangat memungkinkan air tanah akan merembes ke atas. Supaya air tanah tidak merembes ke atas melalui nat ubin, maka pada saat memasang lantai, pakailah alas perekat dari bahan yang kedap air.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Dinding Rumah Rembes. Bila semua sumber rembesan sudah diketahui yang ada di rumah, maka Anda harus mendeteksi/mengenali terlebih dahulu apakah rembesan tersebut sudah masuk ke dalam bangunan dinding rumah agar segera dapat dilakuan langkah-langkah untuk mengatasi.

loading...