Cara Mudah Mengatasi Dinding yang Lembab

Langkah mudah mengatasi dinding yang lembab ~ Kita akan menemui banyak dinding yang lembab pada saat musim penghujan (musim hujan). Dinding yang lembab ini akan menyebabkan warna cat dinding rumah tak lagi indah dan cerah karena munculnya ”pulau-pulau” noda yang merusak warna. Belum lagi jika kemudian dinding mulai menjamur kehitaman karena lembab yang berkepanjangan. Jika jamur itu sudah terlalu parah, mau anda lapisi dengan cat yang baru pun belum tentu bisa hilang.

mengatasi dinding lembab
mengatasi dinding lembab
dinding lembab yang sudah parah hingga berjamur
dinding lembab yang sudah parah hingga berjamur
tembok belum diplester jadi bocor
tembok belum diplester jadi bocor

Dinding lembab ketika musim penghujan disebabkan oleh pengerjaan dinding yang tidak sempurna. Biasanya dinding lembab terjadi pada dinding bagian tepi yang sisi luarnya tidak diplester atau masih berupa pasangan bata. Karena tidak mengalami finishing dengan sempurna, permukaan dinding tersebut masih berongga atau berpori-pori sehingga bisa menyerap air hujan dengan mudah. Penyerapan air yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan dinding menjadi basah dan lembab.

tembok belum diplester jadi bocor
tembok belum diplester jadi bocor
dinding lembab yang sudah parah hingga berjamur
dinding lembab yang sudah parah hingga berjamur
mengatasi dinding lembab
mengatasi dinding lembab

Penyebab yang lain bisa juga karena talang yang bocor sehingga air merembes dan terserap ke dalam dinding.

Agar dinding anda tidak lembab kembali pada saat musim hujan, coba ikuti langkah-langkah ini:

Temukan Penyebab Dinding Lembab

Untuk bisa mendapatkan solusinya, anda harus mengerti dulu apa yang jadi penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bagian sisi dinding luar yang masih berupa pasangan bata merah maka anda harus menyempurnakannya. Panggil tukang berpengalaman untuk memasang plesteran dan acian pada dinding tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, berikan lapisan cat khusus exterior yang tahan cuaca atau lapisan waterproofing.

Jika penyebabnya adalah kebocoran pada talang sehingga air hujan merembes ke dinding maka talang harus segera diperbaiki. Memberikan lapisan waterproofing pada talang juga merupakan tindakan yang prefentif.

Perbaiki Lapisan Dinding Lembab

Jika penyebab dari kebocoran sudah diketahui dan diperbaiki, selanjutnya kita akan memperbaiki bidang dinding yang lembab.

Keriklah lapisan dinding yang lembab hingga ke permukaan dasar dinding. Bersihkan permukaan dinding itu dan pastikan tidak ada bekas cat lama yang menempel. Setelah benar-benar bersih dan kering, berikan lapisan cat dasar.

Lakukan pengecatan ulang

Tunggu hingga cat dasar mengering, setelah itu berikan lapisan cat yang pertama. Setelah semua dilapisi cat pertama, tambahkan lapisan berikutnya hingga permukaan dinding tertutup dengan warna cat secara sempurna.

BACA JUGA: Cara mengatasi kebocoran pada dinding

Kualitas cat yang anda gunakan turut berpengaruh pada kualitas hasil yang didapatkan. Untuk hasil terbaik, anda memang harus memilih cat dengan kualitas yang baik. Harganya mungkin lebih mahal, tetapi untuk jangka panjang anda lebih diuntungkan. Cat yang berkualitas tentu tidak mudah pudar dan tahan lama.

Artikel ini tentang:

gantungan helm di dinding, cara membuat letter art di dinding, warna cat tembok pernak pernik kayu, spanduk dinding kamar, pernak pernik dinding menyala namanya, kreasi led untuk plafon rumah, kreasi dari bekas cat no drop, hiasan tempel dinding dari gypsum, gambar dinding segi enam, cat kamar dinding kayu, warna untuk dinding rumah yg cocok untuk bawahan keramik abu2

loading...