Cara Praktis Membuat Taman Yang Hemat Biaya

Langkah Praktis Membuat Taman yang Hemat Biaya ~ Memiliki lahan hijau di rumah adalah impian banyak orang. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari keberadaan sebuah taman. Setelah seharian lelah dengan segala kesibukan bekerja misalnya tentu anda akan mengharapkan adanya suasana yang tenang dan nyaman di rumah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa saat melihat bunga di taman maka tubuh kita akan merasa rileks.

membuat taman indah untuk rumah dengan mudah dan hemat
membuat taman indah untuk rumah dengan mudah dan hemat
berkebun di taman belakang rumah
berkebun di taman belakang rumah
membuat taman untuk kesegaran rumah
membuat taman untuk kesegaran rumah

Dengan memiliki taman di rumah maka anda juga akan memiliki sebuah kegiatan yang menyenangkan. Memang bagi anda yang selalu disibukkan dengan pekerjaan, aktivitas tambahan sepertinya hanya akan menjadikan beban. Tetapi saat anda sudah mulai berinteraksi dengan tanaman yang tumbuh segar di taman, rasa lelah dan penat yang anda bawa dari kantor akan sirna dan tergantikan dengan keceriaan dan kebahagiaan.

membuat taman untuk kesegaran rumah
membuat taman untuk kesegaran rumah
berkebun di taman belakang rumah
berkebun di taman belakang rumah
membuat taman indah untuk rumah dengan mudah dan hemat
membuat taman indah untuk rumah dengan mudah dan hemat

Selain bisa menikmati keindahan tanaman dan bunga, ada keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari memiliki sebuah taman di halaman belakang. Anda bisa memanfaatkan juga sebagai area menjemur pakaian. Ruang terbuka di belakang juga bagus untuk tempat bermain si kecil. Keberadaanya yang terpisah dari area jalan umum menjadikan taman belakang lebih privat bagi anda sekeluarga untuk beraktifitas.

BACA JUGA: Ide Area Terbuka di Kolam Renang yang Unik 

Tapi membuat taman yang bagus membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika taman tersebut diisi dengan jenis bunga dan hiasan taman yang mahal. Tapi itu tidak masalah karena untuk mendapatkan taman yang indah dan nyaman anda masih bisa mengisinya dengan tanaman yang harganya terjangkau. Dengan demikian biaya yang dikerluarkan tidak terlalu banyak. Jika anda ingin membuat tanaman  yang relatif lebih murah, berikut ini tipsnya.

Tentukan Budget Untuk Membuat Taman

Ada baiknya jika anda menentukan terlebih dahulu budget yang anda sediakan untuk pembuatan taman tersebut. Bagi masing-masing pos untuk membeli tanaman, pupuk, material dan kebutuhan taman lainnya. Dengan adanya catatan ini, belanja anda akan lebih terkontrol sehingga proyek pembuatan taman anda berjalan sesuai rencana.

Tentukan Batasan Untuk Taman

Berikan batas yang jelas untuk taman anda. Agar lebih terfokus, anda tidak harus memenuhi seluruh area halaman belakang dengan taman. Tentukan satu tempat untuk taman. Bisa di sudut atau ditengah, tergantung pada bagaimana anda membagi ruangnya untuk keperluan yang lain. Buatlah pagar pada batas tersebut untuk mempertegas area taman. Untuk pagar anda bisa menggunakan pasangan dinding bata, kayu, atau pagar dari tanaman teh-tehan.

Pilih Tiga Jenis Tanaman Saja

Meskipun ada banyak sekali jenis tanaman hias yang menarik hati, anda tidak harus memilih semuanya. Pilihlah tiga jenis tanaman saja yang sesuai dengan selera dan budget anda. Seberapa banyak yang anda beli nanti tergantung pada luasan taman anda.

Variasi Media Tanam

Agar taman anda terlihat lebih unik dan variatif, anda tidak harus menanam semua tanaman anda di tanah. Gunakan juga pot sebagai tempat media tanam. Anda bisa menempatkan pot itu di bawah atau menggantungnya pada dinding-dinding taman.

Tambahkan Aksen Air Yang Mengalir

Taman anda akan semakin terlihat indah dengan adanya aksen air yang mengalir. Air yang mengalir itu akan ditampung pada kolam yang bisa anda lengkapi dengan ikan hias. Keberadaan air akan semakin menyejukkan taman anda dan bunyi aliran airnya akan menjadikannya semakin alami.

Itulah beberapa tips mudah untuk membuat taman praktis dengan hemat biaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel ini tentang:

cara buat banner hiasan rumah, melihat rumah yg palingbagus

loading...