Mengenal Desain Arsitektur Rumah Adat Toraja

Mengenal Desain Arsitektur Rumah Adat Toraja Salah satu kearifan dan kekayaan yang ada pada Indonesia adalah banyaknya adat istiadat yang ada, salah satu dari kekayaan adat – istiadat ini adalah rumah adatnya. Salah satu rumah adat yang memiliki keindahan arsitektur terbaik di Indonesia adalah rumah adat Toraja. Rumah adat yang satu ini, memiliki keunikan dan juga keindahan tersendiri, dengan salah satu ciri khas menariknya adalah desain atapnya yang menarik. Rumah adat Toraja merupakan salah satu simbol kebudayaan dari suku Toraja.

Arsitektur Rumah Adat Toraja
Arsitektur Rumah Adat Toraja
Desain Rumah Adat Toraja
Desain Rumah Adat Toraja
Arsitektur Rumah Adat Toraja
Arsitektur Rumah Adat Toraja

Bentuk dari rumah adat ini, didesain dengan bentuk yang unik disesuaikan dengan kondisi iklim di tana Toraja yang terkenal berhawa dingin dan sejuk. Maka dari itu, desain jendela dan juga rumah pada rumah adat ini, didesain dengan bentuk yang kecil, dengan berbahan dasar kayu di dinding dan juga lantai yang akan menghangatkan suasana rumah adat ini. untuk atapnya sendiri, didesain dengan desain yang tebal, yang akan menambah keetnikan bangunan rumah adat ini.

Desain Unik Rumah Adat Toraja
Desain Unik Rumah Adat Toraja
Desain Rumah Adat Toraja
Desain Rumah Adat Toraja
Arsitektur Rumah Adat Toraja
Arsitektur Rumah Adat Toraja

Membangun Rumah Dipandu Filosofi Kehidupan

Masyarakat adat Toraja membangun rumah berdasarkan filosofi kehidupan yang mereka anut yaitu “Aluk A’pa Oto’na” yang berarti filosofi ini mencakup 4 buah pilar makna kehidupan yaitu Kemuliaan Tuhan, Kehidupan Manusia, Budaya Adat, serta Sifat Kehidupan Leluhur. Pondasi inilah yang menjadi pilar untuk membentuk rumah dengan konsep tradisional persegi panjang yang dibatasi dengan dinding pemisah.

Ruang Tertutup Dalam Desain Rumah Adat Toraja

Ciri khas dari rumah adat Toraja ini, terletak pada tata letaknya yaitu hanya berorientasi kea rah utara dan selatan. Kedu arah inilah yang dipercaya sebagai arah roh. Sementara untuk arah barat dan timur, diyakini sebagai arah kehidupan serta pemeliharaan. Masyarakat adat Toraja meyakini adanya kekuatan yang disebut sebagai Egoentrum yang mendominasi ruangan pribadi lebih tertutup konsepnya.

Itulah beberapa pengenalan mengenai desain arsitektur rumah adat Toraja yang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk anda. kesimpulannya, untuk desain rumah adat Toraja ini, didesain dengan mengedepankan tiga prinsip dimana tiga prinsip inilah yang menajdi dasar dari arsitektur dari rumah adat Tana Toraja ini.

loading...