Tips Mendesain Pencahayaan Yang Tepat Untuk Kamar Anak

Tips Desain Pencahayaan Kamar Anak ~ Meskipun anak bisa bermain dimana saja, kamar tidur tetap menjadi salah satu tempat favorit. Anak biasa melakukan aktivitas indoor didalam kamar seperti belajar, main game, bermain musik atau membaca buku.  Oleh karena itu kita harus mendesain pencahayaan yang tepat untuk mewadahi semua aktivitas anak di kamar tidur.

lampu karakter monyet
lampu karakter monyet
lampu karakter hello kitty
lampu karakter hello kitty
bermain di dalam kamar
bermain di dalam kamar

Pencahayaan untuk kamar tidur anak tentu berbeda dengan orang tua. Biasanya orang tua menggunakan tempat tidur sebagai tempat beristirahat, bukan tempat bekerja. Berbeda dengan anak-anak yang ativitasnya  masih tetap seru baik di luar maupun di dalam kamar. Kamar orang tua membutuhkan pencahayaan yang lembut dan rileks, sedangkan kamar anak membutuhkan cahaya yang terang karena anak-anak selalu aktif.  Tapi di sisi lain mereka juga membutuhkan pencahayaan yang lebut juga ketika sedang tidur.

penerangan saat bermain di dalam kamar
penerangan saat bermain di dalam kamar
bermain di dalam kamar
bermain di dalam kamar
lampu karakter hello kitty
lampu karakter hello kitty

Lantas seperti apakah desain pencahayaan yang tepatuntuk kamar anak? Kita akan membahasnya disini.

Lampu Di Plafond

Lampu di plafond merupakan general lighting yang akan menerangi seluruh ruangan secara merata. Lampu ini harus cukup terang untuk menunjang kegiatan anak yang aktif selama berada di kamar. Namun meskipun begitu, lampu tersebut jangan teralu terang sehingga membuat anak menjadi silau.

Lampu Meja Dan Night Light

Pada meja belajar anak biasanya disediakan lampu khusus. Lampu ini akan digunakan mereka saat sedang belajar atau membaca buku di meja belajar. Pada lampu belajar biasanya ada tombol pengatur intensitas cahaya. Anak anda bisa mengatur sendiri seberapa terang cahaya yang dibutuhkan saat membaca. Sebaiknya pilih jenis lampu yang berwarna putih atau netral sehingga tidak berpengaruh pada kualitas warna pada gambar atau buku yang sedang dibaca.

Selain itu anda bisa juga memasang night light  sebagai sumber penerang tambahan di kamar anak. Lampu  ini akan dinyalakan pada malam hari ketika semua lampu yang sudah dimatikan. Cahaya yang dipancarkan bernuansa lembut sehingga anak-anak akan merasa nyaman dan tidur dengan nyenyak. Ketika terjaga dari tidurnya di tengah malam untuk ke kamar mandi, mereka masih bisa melihat sekeliling kamar dengan jelas.

Sentuhan Desain Pada Lampu

Sesuai dengan karakter anak, lampu di kamar anak harus bisa membangkitkan suasana yang ceria. Suasana yang ceria ini akan membangkitkan semangat yang positif dalam bermain, belajar maupun beristirahat. Meskipun sebuah kamar tidur anak telah didesain dengan ceria, jika pencahayaannya berkesan suram akan berpengaruh negatif pada semangat beraktifitas anak.

Oleh karena itu, penting juga bagi kita untuk memberi sentuhan desain pada lampu. Pilihlah lampu dengan dengan desain yang unik sehingga kamar tidur anak anda terlihat cantik. Ada banyak pilihan desain lampu yang bisa anda temukan di toko elektronik.  Untuk kamar tidur anak, pilihkan desain lampu yang unik, cerah, dan ceria seperti yang berbentuk bintang, pesawat, hewan favorit atau tata surya. Lampu dengan dengan desain warna-arni yang cerah juga akan menghidupkan suasana kamar anak.

Artikel ini tentang:

cara membuat tempat mandi bola sendiri dengan paralon, cara buat kotak mandi bola dari paralon, cara pasang keramik saka pilar, disaen gambar kamar anak pramuka, gambar funiture kaca rias yang unik, meja rias dari bahan triplek, model gambar kotak untuk dinding kamar, warna cat kamar ala cafe

loading...