Desain Perpustakaan di dalam Rumah

Perpustakaan Kecil di dalam Rumah ~ Punya perpustakaan pribadi tentu menyenangkan, khususnya bagi anda yang punya hobi membaca. Dengan perpustakaan pribadi  maka semua koleksi buku anda bisa disimpan secara sistematis. Anda bisa menyimpannya secara teratur dan membacanya kapan saja. Dengan perpustakaan pribadi  kita juga bisa melatih kebiasaan membaca pada anak. Jika hobi membaca sudah ditanamkan sejak kecil maka wawasan kita akan semakin bertambah dari hari ke hari.

perpustakaan di kamar
perpustakaan di kamar
perpustakaan di rumah kecil
perpustakaan di rumah kecil

Tapi jika anda tinggal di rumah kecil, apakah impian itu masih bisa diwujudkan? Tentu saja.  Hobi membaca anda harus tersalurkan dengan baik. Buku-buku koleksi anda harus bisa didokumentasikan dengan teratur.  Rumah kecil tidak boleh menjadi halangan untuk mewujudkan sebuah perpustakaan. Jika rumahnya kecil, bikin saja perpustakan mini.

perpustakaan di kamar
perpustakaan di kamar
perpustakaan di rumah kecil
perpustakaan di rumah kecil

Sebuah perpustakaan mini tidak harus berada dalam  ruangannya sendiri. Fungsi ini bisa kita gabungkan dengan fungsi ruang yang lain. Lalu ruang-ruang apa saja yang bisa disisipkan fungsi tambahan sebagai perpustakaan kecil? Mari kita ulas disini.

  • MEMBUAT PERPUSTAKAAN PADA RUANG KELUARGA

Anda harus bisa menemukan celah ruang yang tidak berfungsi optimal pada ruang keluarga. Salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan adalah ruang di belakang sofa. Buatlah sebuah rak gantung di belakang sofa. Posisi ini cukup menguntungkan karena anda bisa dengan mudah menjangkau buku-buku dan bersantai di sofa ruang keluarga. Selain sebagai penyimpan buku, rak ini bisa juga bermanfaat sebagai elemen penghias dinding ruang keluarga.

  • BUAT PERPUSTAKAAN PADA RUANG MAKAN

Selain ruang keluarga, anda juga bisa memanfaatkan ruang makan. Temukan sisi dinding ruang makan yang belum ditempati perabot lain. Sah-sah saja apabila anda membaca novel favorit di meja makan. Ditemani kopi dan camilan pasti makin menyenangkan.

Tapi meja makan anda harus langsung dibersihkan setelah kegiatan makan selesai. Pasti tidak nyaman apabila anda hendak melajutkan baca novel tapi meja makan masih dipenuhi oleh piring kotor dan bekas makanan. Jadi bersihkan dulu meja makan hingga tuntas, lalu anda bisa baca novel sambil ngemil dan ngopi di situ.

  • BUAT PERPUSTAKAAN PADA KAMAR TIDUR

Satu lagi tempat favorit yang bisa anda manfaatkan sebagai perpustakaan mini : Kamar Tidur.

Selama ini mungkin anda sudah sering baca-baca novel sambil bersantai di tempat tidur. Jika memang itu kebiasaaan anda yang menyenangkan, ya sudah, bikin saja sebuah perpustakaan mini di kamar tidur.  Jika memungkinkan, tempatkan rak buku perpustakaan anda di kamar sebelah tempat tidur.  Anda bisa menjangkau buku anda dengan mudah tanpa harus bergeser dari tempat tidur. Asyik bukan? Tapi harus diingat bahwa keberadaan perpustakaan ini tidak boleh mengusik kenyamanan tidur anda. Jangan sampai anda terganggu dengan tumpukan buku-buku dan tentu saja kerapian dalam penataan buku harus selalu anda jaga.

Artikel ini tentang:

karpet sbg hiasan dinding kayu, desain 2D besi siku

loading...