6 Gaya Desain Interior Ini Tetap Bisa Membuat Rumah Kecilmu Tampak Manis dan Menarik!

Gaya Desain Interior Untuk Rumah Kecil ~ Pernah dengar peribahasa Rumahku, Istanaku? Pastinya pernah ya guys. Yups, karena rumah adalah istana, maka kamu wajib menjadikan istanamu itu indah dan nyaman untuk kamu tinggali. Rumah merupakan kebutuhan dasar setiap orang dan tidak bisa dianggap remeh. Karena selain harus menentukan luas, panjang dan lebar tanah, kamu juga harus menentukan tata letak bentuk dan fungsinya. Sehingga, penting untuk kamu yang baru atau yang akan punya rumah untuk memikirkan ini.

Gaya Desain Interior Keren
Gaya Desain Interior Keren
6 Gaya Desain Interior Rumah Kecil
6 Gaya Desain Interior Rumah Kecil
Gaya Desain Interior Yahud
Gaya Desain Interior Yahud

Meskipun demikian, pengaturan desain interior dan tata letak properti ruangan juga bisa berlaku untuk kamu yang tinggal di apartemen kok. Meski apartemen memiliki ruang yang lebih terbatas dari rumah, tapi jika kamu memilih warna dan perabot yang sesuai dengan kondisi ruangan dan memiliki fungsi yang baik, maka tidak akan ada barang yang sia-sia di rumah atau apartemen kamu. Untuk itulah kamu perlu jeli dalam menentukan gaya desain interior yang ada di rumah atau apartemenmu. Mulai dari warna cat dan perabot yang akan kamu pasang, sehingga ketika kamu gunakan bisa berfungsi baik untuk aktivitas harianmu dan juga akan membuatmu merasa nyaman.

Gaya Desain Interior Keren
Gaya Desain Interior Keren
Desain Interior Rumah Sempit
Desain Interior Rumah Sempit
Desain Interior Dengan Gaya Khas
Desain Interior Dengan Gaya Khas

1. Desain Interior Modern Minimalis

Simple, nyaman dan praktis. Yups, itulah gambaran dari desain interior minimalis yang menjadi trend untuk desain rumah di perkotaan. Buat kamu yang tinggal di perkotaan dan memiliki rumah yang ruangannya terbatas, tapi ingin tetap tampak menarik, maka gaya modern minimalis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Desain modern minimalis mencoba untuk memanfaatkan setiap sudut ruangan semaksimal mungkin, namun tetap menjangkau segala kebutuhan.

Gaya desain interior ini juga menekankan pada nilai fungsi benda karena keterbatasan ruangan. Sehingga dengan mengaplikasikan gaya desain ini, semuanya akan tampak praktis. Meskipun demikian, gaya modern minimalis ini tetap memililki sisi artistik yang kuat kokguys. Tentunya jika kamu menata perabotan rumahmu pada sudut yang tepat. Sehingga sebelum kamu meletakkan perabotan rumah kamu, tentukan terlebih dahulu fungsi dari setiap sudut ruangan terutama jika ada sudut yang lengkung. Usahakan setiap ruangan memiliki arti dan tidak kosong, supaya sisi artistik, praktis minimalis dan modern tetap eksis ya.

2. Desain Interior Bergaya Tahun 80an

Kamu suka dengan gaya rumah yang sedikit konservatif? Hmm.. sepertinya gaya retro 80-an cocok untuk kamu nih guys. Meski secara peletakan dan tata ruang ada kesamaan dengan gaya modern minimalis, tapi gaya 80-an atau gaya retro menekankan pada tampilan ruangan dalam pewarnaan. Gaya retro ini didominasi dengan warna cat cerah dan juga warna properti yang cerah, sehingga mampu membuat tampilan ruangan rumah kamu menjadi atraktif.

Penggunaan warna cerah yang juga dipadukan dengan warna yang sedikit redup dapat  memberikan kesan hangat dalam ruangan. Desain bergaya retro ini biasanya juga dilengkapi dengan properti berbentuk lingkaran, kotak, dan tidak banyak menggunakan lekukan. Gaya desain ini mulanya menggunakan materi kayu yang dipadu dengan warna hijau, kuning gading dan beige.

Wah, warna-warna tua semua yah? Ya iya lah, kan desainnya modern retro. Hehehee… Untuk segi artistik, kamu tidak perlu khawatir guys. Karena kesan retro itulah yang merupakan kunci dari segi artistik gaya ini. Properti yang menggunakan gaya lama akan memperkuat kesan retro yang artistik bila dipadukan dengan warna yang tepat. Kalau kamu ingin memperkuat kesan retro, kamu bisa menggunakan warna kayu untuk mendominasi ruangan dengan dibantu pencahayaan dari bohlam berwarna kuning.

3. Desain Interior Bergaya Stylish 

Ingin rumahmu tampil gaya, up to date, namun tetap santai? Desain interior dengan gaya stylish sepertinya cocok buat kamu nih guys. Gaya interior yang satu ini selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi permintaan pasar dalam menentukan penataan ruangan dan diikuti juga dengan perubahan jenis-jenis properti yang paling banyak diminati masyarakat. Sehingga secara ringkasnya, gaya interior ini berubah-ubah mengikuti apa yang sedang menjadi trend saat ini.

Gaya stylish ini cukup fleksibel dan cocok bila diterapkan untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan yang padat. Meskipun demikian, gaya stylish yang berubah karena harus mengikuti trend yang ada di pasar tetap bisa dinikmati kok. Selain itu, dari gaya  stylish ini masih bisa menampakkan kesan alami yaitu dari sisi pencahayaan.

Gaya stylish menekankan pada pencahayaan alami dari matahari untuk ruangannya yah guys. Jika didukung dengan warna putih, maka pencahayaan alami akan memberikan kesan luas pada rumah kamu. Kesan stylish juga akan semakin kuat kalau kamu menggunakan perabotan yang bergaya simple.

4. Desain Interior Bergaya Industri

Ingin punya rumah yang bergaya maskulin, sedikit retro, tapi keren? Desain interior bergaya industri ini sepertinya bisa kamu terapkan nih guys. Desain interior dengan gaya industri bisa dikatakan sebagai desain interior yang maskulin. Hal ini dikarenakan lebih didominasi dengan warna gelap seperti shade hitam, abu-abu, dan coklat kayu. Perabotan yang ada di dalam desain interior ini juga memiliki kesan maskulin nih, seperti suitcase yang memiliki fungsi seperti laci.

Lalu, adanya dual fungsi pada properti juga menjadi bagian dari kesan maskulin ini ya guys. Ketika kamu menggunakan meja bar sebagai meja makan, maka kamu tidak hanya memangkas ruangan, tapi juga memanfaatkan benda yang sekiranya memiliki fungsi yang sama.

Untuk kamu yang mau menerapkan gaya industrial ini di rumah atau apartemenmu, maka kamu harus tahu dulu 4 komponen penting yang akan kamu gunakan.

  • Pertama,  kayu lapuk.Bisa kamu gunakan untuk dinding panel, bingkai jendela, pintu, headboard ataupun meja
  • Kedua, ada bata ekspos yang bisa kamu gunakan sebagai dinding utama
  • Ketiga, ini menyangkut sistem bangunanyang memiliki dua fungsi seperti menyambungkan pipa-pipa untuk dijadikan rak buku atau mainan.
  • Selanjutnya  Akan lebih baik kalau kamu menggunakan lampu gantung yang ada kisi-kisi aluminium dan bohlam kuning di dalamnya
  • Dan Yang terakhir, gunakan lah furniture daur ulang untuk memperkuat kesan maskulin dan industri.

5. Desain Interior Bergaya Klasik Modern

Siapa bilang gaya klasik hanya bisa diterapkan untuk rumah yang besar? Untuk rumah yang minimalis juga bisa kok, asalkan kamu tau caranya ya guys. Oke, untuk kamu yang ingin memiliki desain interior klasik tapi ragu karena rumahmu kecil, maka tenang dulu guys. Kamu tetap bisa menerapkan kaya klasik meski rumahmu kecil. Mau tau caranya? Begini nih guys, kamu cukup dengan memadukan gaya klasik dengan gaya modern, sehingga memberi pemandangan yang berbeda.

Dengan memadukan kedua gaya ini, kamu tidak perlu khawatir kalau akan memakan banyak ruang. Tampilan ruangan yang klasik modern juga akan tetap menampilkan kesan cantik dan mewah kok. Rumah atau apartemenmu juga tidak akan tampak begitu berat bila menggunakan motif parta yang banyak. Untuk warna dalam gaya klasik-modern, kamu  juga bisa gunakan warna kontras gelap dan pastel.

Sebagai tambahan nih guys, kamu jangan ragu jika ingin memberi lampu gantung kuning untuk daerah ruang tamu atau mendominasi ruangan rumahmu dengan warna natural linen yah. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengandalkan wallpaper untuk menambahkan kesan klasik standar pada rumahmu dengan memadukan properti modern dengan warna yang sedana atau kontras.

6. Desain Interior Bergaya Artistik

Rumah seorang seniman seharusnya juga mencerminkan sebuah seni, bukan? Nah, untuk kamu yang memiliki jiwa seni, maka desain interior dengan gaya artistik cocok untuk kamu terapkan di rumah kamu. Karya artistik  pada rumahmu akan menekankan kesan unik dan eksentrik bila dipadukan dengan properti lain, seperti aksesoris dan sketsa wajah yang tampilannya diperbesar lalu dibingkai dan dipajang pada dinding berwarna gelap atau putih.

Selain itu dalam gaya artistik, kamu bisa memasang aksesoris untuk karya seni berbagai bentuk rupa dan warna yang setara. Sehingga secara  otomatis bisa memberikan warna tersendiri pada ruangan. Untuk mengimbanginya, kamu juga  bisa menggunakan warna calm, white, dan neutral.

Aksesoris dari karya seni ini akan membuat rumah kamu tampak lebih hidup dan pastinya tidak menghilangkan kesan modern dikarenakan keunikan dan warna-warni yang terpancar dari interior bergaya artistik ini. Dijamin deh, siapa saja yang datang ke rumahmu, pasti akan betah untuk memandangi karya seni yang menghiasi rumahmu.

Oke guys, 6 gaya desain interior ini bisa kamu coba untuk mengapliksikannya di rumah maupun apartemenmu. Jadi, untuk kamu yang memiliki rumah atau apartemen dengan ruang yang terbatas, sekarang harus percaya diri kalau kamu bisa “menyulap” rumah atau apartemenmu menjadi menakjubkan dengan gaya-gaya desain interior ini. So guys, apakah kamu siap untuk melakuakan make over pada rumahmu?

loading...