3 Benda yang Akan Membuat Kamarmu Kian Menarik Dipandang Mata!

Hiasan Menarik Untuk Kamar ~ Jika kamu merasa rumahmu mulai terasa monoton dan membosankan, inilah saatnya mengoleksi barang baru. Tapi ini tanggal tua ya? Aduh, gimana doooong? Jangan biarkan kantongmu semakin bolong karena memaksakan diri membeli barang-barang pemanis untuk ruanganmu.

Wall Art Bentuk Love
Wall Art Bentuk Love
Rak Gantung Dinding Tali
Rak Gantung Dinding Tali
Wall Art Warna Warni
Wall Art Warna Warni

Dengan tangan cantik dan sedikit imajinasi, kamu bisa memberikan sentuhan menawan pada setiap inci rumahmu. Coba perhatikan dinding ruangan pribadimu dan carilah kekurangannya. Apakah kurang warna? Atau ruangan terasa terlalu dingin dan kosong?

Rak Gantung Dinding Tali
Rak Gantung Dinding Tali
Membuat Jam Dinding Unik
Membuat Jam Dinding Unik
Dinding Berhias Wall Art
Dinding Berhias Wall Art

Kalau ruanganmu terlalu kosong ada baiknya kamu bersiap menyingsingkan lengan untuk membuat beberapa hiasan. Nah, disini ada tiga tips dan cara membuat barang pajangan yang cantik dan fungsional. Siapkan dirimu dan kerjakan yah, jangan cuma diliat doang.. hihi

1. Buat Jam Dinding Unik untuk Mempercantik Dindingmu

Jam pada contoh di atas dibuat dari kayu berbentuk lingkaran. Tapi kalau tidak ada kayu kamu bisa menggantinya dengan benda lain, misalnya styrofoam atau lapisan kardus yang kuat dan cukup tebal. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah kayu berbentuk lingkaran, cat akrilik, selotip, kuas, penggaris, mesin jam disertai jarum jamnya. Siapkan pula gunting dan pensil untuk membuat pola di atas jam modern kamu.

  • Buat dulu 12 titik yang menunjukkan waktu. Kamu bisa gunakan busur derajat agar perhitunganmu lebih tepat. Jika tidak ada busur derajat, gunakanlah pengukur kain untuk mengukur keliling jam dan bagi menjadi 12. Misal keliling lingkaran 36 cm, berarti jarak antar titik adalah 3 cm.
  • Lubangi titik pusat jam untuk tempat jarum jam nanti (kamu bisa gunakan bor jika menggunakan kayu).
  • Hubungkan semua titik menjadi garis dengan pensil.
  • Nah, sekarang saatnya berkreasi. Tempelkan selotip ke tempat yang tidak ingin kamu warnai. Sebagai contoh, kamu akan membuat jam dengan motif vertikal dan polkadot.
  • Sapukan cat secara merata dan biarkan kering dalam waktu 20 menit.
  • Setelah kering kamu bisa memasang mesin dan jarum jam. Jangan sampai salah urutan ya, jarum pendek dipasang lebih dahulu, kemudian jarum menit, terakhir jarum detik.

Selesai deh jam dinding cantik karya sendiri. Kamu bisa memasang jam ini di ruang tamu atau ruang kamarmu.

2. Buat Wall Art Benang yang Akan Mengingatkanmu pada Semangat dan Cinta

Wall art alias pajangan seni di dinding adalah salah satu cara efektif membuat ruangan jadi lebih berwarna. Kamu bisa memilih untuk memajang lukisan, tempelan foto atau yang lainnya. Wall art ini membutuhkan sebuah papan berbentuk persegi panjang. Kamu bisa pakai tripleks atau papan berbahan lain yang kuat untuk menahan beban. Selain itu, kamu juga memerlukan paku kecil, benang warna-warni, lem tembak, serta cat putih (jika kamu ingin warna papan putih).

Langkah pertama adalah mengecat papan dengan warna yang kamu inginkan. Bisa satu warna atau lebih. Jika kamu menggunakan benang dengan banyak warna, lebih baik kamu menggunakan papan satu warna yang akan menghidupkan warna benang-benang yang kamu gunakan nanti. Kalau papan sudah warna warni, maka hasil wall art akan terlalu ramai dan kurang sedap dipandang.

Langkah selanjutnya yaitu cetak tulisan yang akan kamu buat dengan komputer. Buat dengan ukuran yang pas ya. Jika kamu menggunakan papan yang besar, maka cetaklah setiap huruf dengan kertas yang berbeda. Gunting kata atau kalimat yang akan kamu buat, lalu letakkan di papan.

Selanjutnya, kamu bisa mulai memasang paku di sekeliling huruf. Bentuk paku dengan teliti ya, supaya bentuk huruf jelas dan hasilnya maksimal. Jika tripleks atau kayu terlalu tebal, gunakanlah palu namun pukullah dengan hati-hati agar tidak merusak papan.

Oiya, pakulah tepat dipinggir huruf. Tidak masalah jika kamu merusak kertas cetakan karena setelah selesai memasang paku, kamu harus melepaskan kertas tersebut. Setelah selesai memaku lihatlah detail huruf dengan teliti, kemudian lepaskan kertas cetakan.

Mulailah memasang benang dengan pola silang. Pada awal pemasangan, kamu perlu mengikat ujung benang ke paku dengan kuat, setelah itu silangkan dan kaitkan benang ke paku lain secara terus menerus. Jika kamu ingin berganti warna, kaitkan benang pengganti di atas benang sebelumnya agar tidak terkesan ada tempat kosong. Nah, selesailah mahakarya wall art mu sendiri. Untuk memasangkan wall art ini ke dinding, kamu bisa menggunakan pengait yang tersedia di toko bangunan kemudian menggantungkan dengan paku di dinding.

3. Letakkan Buku dan Vas di Rak Gantung Buatan Sendiri

Kalau kamu adalah pembaca buku yang fanatik dan punya sangat banyak koleksi buku, kamu pasti pernah merasakan betapa bosannya penampilan rak yang biasa dijual 50 ribu-an di pinggir jalan. Tapi daripada membuang terlalu banyak uang, kamu bisa kok memodifikasi rak buku yang biasa dan menyulapnya menjadi keren tapi tetap fungsional. Nah, yang kamu butuhkan untuk membuat rak tersebut adalah papan kayu dan bor (atau paku yang besar dengan palu untuk melubangi papan). Penyangga rak harus dibuat dari bahan yang kuat. Kamu bisa memakai kawat yang agak tebal, namun kamu bisa mengganti kawat dengan tali, seperti tali tambang atau tali pramuka.

Langkah pertama dalam pembuatan rak ini adalah membentuk papan kayu. Jika kamu ingin membuat persis seperti di gambar, potonglah papan dalam 3 ukuran yang berbeda. Potong juga papan berbentuk tabung atau persegi sebagai tumpuan gantungan yang di paku ke tembok.

Langkah berikutnya adalah membuat 4 lubang pada setiap papan sebagai tempat tali untuk digantung nantinya. Jika lubang sudah terbentuk, masukkan tali ke dalam lubang, kemudian buat simpul yang kuat. Untuk menepiskan keraguanmu atas kegagalan bentuk simpul, kamu bisa menambahkan bantalan dari karet atau bekas sandal sebagai pengunci simpul. Fungsinya sama seperti bantalan logam berbentuk lingkaran yang dipasang sebelum baut berulir dimasukkan.

Setelah semua tali dipasang, tata tali tersebut pada papan tumpuan yang berbentung tabung. Langkah terakhir, pasang rak gantungmu di dinding dengan menggunakan paku. Nah, sekarang kamu bisa menyusun buku-buku favoritmu di rak gantung tersebut.

Sebagai saran nih, meski kamu merasa rak gantung ini kuat, jangan memberikan beban terlalu berat ya. Lebih baik berhati-hati daripada menyesal nantinya. Kecuali kamu benar-benar menghitung kemampuan rak gantung ini dengan teliti.

Tiga benda diatas bisa kamu kreasikan sendiri loh, pola bisa diganti dengan garis zigzag atau kotak-kotak. Kamu juga bebas mengganti warna benang dan kata-kata di dalam string wall art di atas. Yang paling penting dari membuat kreasi adalah mengembangkan kreativitas manusia.

Semakin sering kita berkreasi, maka otak kita akan semakin terbiasa berpikir out of the box. Misalnya, jika tidak ada kawat, kamu bisa memutar otak dan mencari penggantinya dengan tali  atau benda lain yang cukup kuat. Semakin kamu berusaha, maka hasil yang kamu dapatkan akan lebih maksimal. Ayo mulai berkreasi dan ciptakan senimu sendiri!

Artikel ini tentang:

contoh desain jam dinding menggunakan barang bekas, model cat tembok kamar perpaduan warna ungu dan putih garis2 dan blok ungu

loading...