Ide Dekorasi Ruang Tamu Warna Ungu

Dekorasi Ruang Tamu Dengan Warna Ungu Walaupun sering dianggap sebagai warna janda, warna ungu tetap banyak diminati. Terkadang, orang sering ragu-ragu menerapkan warna ini khususnya untuk ruang tamu, karena khawatir membuat ruangan terkesan gelap dan sempit. Padahal penerapan warna ungu pada ruang tamu, tidak berarti harus menyapukan warna ini ke seluruh bagian pada ruang tamu. Untuk itu artikel kali ini, akan mengulas bagaimana warna ungu bisa diterapkan dalam dekorasi ruang tamu sebagai aksen dari sebuah ruang duduk yang memiliki nuansa putih tulang.

Ruang Tamu Minimalis Warna Ungu
Ruang Tamu Minimalis Warna Ungu
Dekorasi Ruang Tamu Warna Ungu
Dekorasi Ruang Tamu Warna Ungu
desain ruang tamu ungu keren
desain ruang tamu ungu keren

Sejatinya warna ungu melambangkan kekayaan atau kemuliaan. Jika kita menelusuri sejarah mediterania kuno, kita akan menemukan bahwa warna ungu, khususnya untuk pewarna kain, diperoleh dari ekstrasi sejenis kerang laut. Ini adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu sangat lama dan biaya yang mahal, sehingga hanya orang yang berada saja yang bisa membeli kain warna ungu.

Dekorasi Ruang Tamu Dengan Warna Ungu
Dekorasi Ruang Tamu Dengan Warna Ungu
Inspirasi Ruang Tamu Warna Ungu
Inspirasi Ruang Tamu Warna Ungu
Dekorasi Ruang Tamu Warna Ungu
Dekorasi Ruang Tamu Warna Ungu

Beralih ke jaman Romawi. Pada masa kaisar Roma menggunakan kain berwarna ungu tua, karena mereka percaya bahwa melambangkan jupiter, rajanya para dewa. Sedangkan para anggota keluarga kerajaan menggunakan kain dengan gradasi warna ungu yang lebih muda. Sedemikian tingginya arti kain ungu ini, sehingga bila terjadi kepemilikan kain yang tidak sah atau ilegal, pelakunya akan menerima hukuman yang berat.

Ilustrasi Dekorasi Warna Ruang Tamu

Warna ungu adalah warna yang tercipta dari pencampuran warna merah dan biru. Dalam lingkaran warna (color wheel), merah adalah tergolong dalam keluarga warna hangat, sedangkan biru adalah kelompok warna dingin. Karena itu, sebagai perpaduan warna dari kelompok warna yang berbeda, warna ungu dapat memberikan kesan yang hangat maupun dingin. Ungu dengan komposisi warna merah yang lebih banyak, misalnya warna ungu buah plum atau ungunya kol merah, memberikan efek menghangatkan pada sebuah ruangan.

Ada kata-kata bijak yang mengatakan, bahwa alam adalah contoh terbaik untuk menciptakan keseimbangan dan keindahan dalam desain. Hal ini berlaku juga berlaku dalam menata interior sebuah ruangan dengan menggunakan tema warna. Terlebih, karena warna yang dipilih, yakni warna ungu, tergolong warna yang “kuat” sehingga agar tercipta yang harmoni, Anda harus ekstra hati-hati untuk menerapkannya dalam dekorasi ruang tamu.

Untuk menemukan kombinasi yang baik dan serasi, cobalah mencari inspirasi dalam sekitar. Carilah benda atau obyek yang warnanya ungu tepat atau mendekati warna ungu yang ingin Anda terapkan pada interior ruangan. Cobalah amati bunga anggrek, Anda akan menemukan kombinasi warna yang sangat indah dari warna ungu gelap, putih, kuning terang. Bisa juga menggunakan kombinasi putih gading, hijau keabu-abuan dan ungu gelap yang bisa Anda lihat pada terong.

Untuk penataan dekorasi ruang tamu ini, kombinasi warna yang digunakan adalah berbagai jenis ungu dengan putih tulang sebagai latar belakang. Aksen yang dipilih adalah warna kuning terang, merah keunguan, dan pink.

Berbagai jenis ungu dengan warna putih tulang ini dipilih untuk memberikan kesan tenang, lega, dan romanis pada ruang duduk. Selain itu, untuk menampilkan kesan simpel dan elegan, pilihlah model furnitur dan pernak-pernik yang garisnya sederhana dan tidak ramai.

Semoga artikel tentang Dekorasi Ruang Tamu Dengan Warna Ungu ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda, Selamat Mencoba.

loading...