Ide Pembuatan Kolam Ikan Hias Minimalis Di Halaman Rumah

Membuat Kolam Ikan Hias Di Halaman ~ Mendesain rumah tidak hanya untuk interiornya saja tetapi juga bagian eksteriornya juga harus dipikirkan dengan serius. Untuk memaksimalkan tampilan eksterior rumah perlu dibangun taman yang dilengkapi juga dengan kolam ikan hias, sudah merupakan satu set yang tidak terpisahkan jika adanya taman akan disertai dengan kolam. Meskipun nantinya anda tidak hanya mendapatkan keuntungannya saja namun juga anda harus merawat kolam ikan hias dengan lebih teliti karena berkaitan dengan makhluk hidup. Fokus dalam membangun kolam ikan hias akan lebih mudah dalam perawatannya kelak, mulai dari tata letaknya, fasilitas yang ada hingga jenis ikan yang tahan terhadap cuaca apapun.

kolam ikan koi di halaman rumah
kolam ikan koi di halaman rumah
Kolam Ikan Hias Samping Rumah
Kolam Ikan Hias Samping Rumah
Desain Kolam Ikan Hias Belakang Rumah
Desain Kolam Ikan Hias Belakang Rumah

Mengenai tata letak kolam ikan ini anda bisa menempatkannya pada bagian tengah area halaman baik depan maupun belakang, penataan ini sangat tepat untuk jenis area yang cukup luas karena nanti di bagian pinggirnya bisa diletakkan beberapa tumbuhan yang berukuran cukup besar yang bisa digunakan untuk memayungi kolam ikan secara alami. Sebab meskipun berada di dalam air, ikan juga akan rentan dengan sinar matahari yang terlalu lama dan panas sehingga mereka juga membutuhkan tempat untuk berteduh. Kolam ikan akan mudah menyerap zat-zat yang ada disekitarnya, apabila anda menanam tumbuhan di sekitar kolam maka jangan pernah memberikan pupuk yang berbahan kimia untuk membantu menambah kesuburannya karena dapat mempengaruhi kesehatan ikan hias.

Tanaman Di Kolam Ikan Hias
Tanaman Di Kolam Ikan Hias
Lampu Kolam Ikan Hias Koi
Lampu Kolam Ikan Hias Koi
Dekorasi Taman Kolam Ikan Hias Unik
Dekorasi Taman Kolam Ikan Hias Unik

Anda bisa memilih jenis ikan koi, watonai, sabao dan cornet untuk dijadikan pelengkap kolam ikan hias, sebab ikan-ikan hias tersebut memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga tidak mudah sakit. Air adalah komponen utama dalam pembangunan kolam ikan, untuk menjaga kebersihannya anda bisa memasang filter air yang bisa mengurangi kemungkinan berubahnya kadar pH air sekaligus menghindari bau karena kotoran ikan dan sisa makanan yang berada di dasar kolam. Menguras kolam ikan hias bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan, jika ukuran ikan sudah semakin besar, anda bisa mengurasnya setidaknya satu kali dalam seminggu karena kotoran ikan yang semakin banyak akan membuat kualitas air menjadi buruk jika terlalu lama didiamkan.

Untuk membuat pertumbuhan ikan semakin optimal, anda bisa menambahkan asupan oksigen ke dalam kolam ikan dengan memasang alat yang banyak dijual di toko aquarium ataupun pencinta ikan hias. Alternatif lainnya anda bisa memasang pancuran air yang bisa bermanfaat untuk memperindah tampilan kolam ikan serta memberikan asupan oksigen alami melalui gelembung air yang muncul akibat percikan air mancur. Menerapkan konsep Kolam ikan hias minimalis bisa diletakkan pada area interior maupun eksterior rumah. semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

loading...