Langkah Tepat Mewujudkan Rumah Sehat

Cara Mudah Mewujudkan Rumah Sehat ~ Untuk mencapai sebuah kesehatan yang holistic, anda tidak bisa hanya memperhatikan kesehatan tubuh saja. Kesehatan rumah yang anda tingali juga penting. Tubuh anda yang sehat akan terus terjaga kesehatannya apabila tinggal di rumah yang sehat juga.

Ilustrasi Rumah Sehat Bersih   Wanita sedang melihat jendela
Ilustrasi Rumah Sehat Bersih Wanita sedang melihat jendela
Rumah Hijau Sehat   Segar alami
Rumah Hijau Sehat Segar alami
rumah yang sehat
rumah yang sehat

Rumah yang sehat bukan berarti rumah yang mahal. Rumah yang sehat adalah rumah yang terbebas dari kuman penyakit dan gangguan – gangguan eksternal yang mengancam kesehatan. Rumah yang sehat sudah seharusnya mendukung kesehatan anda sekeluarga baik secara fisik maupun psikologis. Untuk mencapai standart kesehatan tersebut anda tidak harus menghamburkan banyak uang. Kebiasaan dalam mewujudkan rumah yang sehat akan menjadi gaya hidup yang menyatu dengan aktifitas keseharian anda. Bagaimanakah cara mewujudkan sebuah rumah yang sehat? Mari kita kupas bersama.

Rumah Hijau Sehat   Segar alami
Rumah Hijau Sehat Segar alami
rumah yang sehat
rumah yang sehat
Ilustrasi Rumah Sehat Bersih   Wanita sedang melihat jendela
Ilustrasi Rumah Sehat Bersih Wanita sedang melihat jendela

Terpenuhinya Udara Alami  Dan Sinar Matahari

Udara alami dan sinar matahari harus bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah. Dengan adanya udara alami, ruangan anda menjadi segar dan tidak pengap. Begitu juga dengan sinar matahari yang memadai, akan membuat ruangan anda menjadi terang pada siang hari, tidak lembab dan tidak mudah berjamur.

Udara alami dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela, ventilasi, pintu atau bukaan-bukaan yang lain. Agar sirkulasi berjalan lancar, perhatikan adanya bukaan masuk dan bukaan keluar sebagai tempat keluar masuknya udara.

Memanfaatkan  Tanaman

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman. Bukan hanya untuk memperindah lingkungan rumah, tetapi tanaman juga bermanfaat untuk menyegarkan udara, menyerap polusi dan mengurangi kebisingan.

Tanaman bisa anda tempatkan di dalam ataupun di luar rumah. Pilihlah jenis tanaman yang mampu menyerap polusi dengan baik  seperti Palem, Aglaonema dan Dracaena.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Mungkin ini akan sulit bagi anda yang suka merokok. Berhenti dari kebiasaan merokok bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika anda terbiasa mencari inspirasi atau ide dalam bekerja dengan merokok. Tapi kita semua pasti tahu bahwa merokok adalah kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan.

Begitu juga dengan rumah anda. Rumah yang anda tinggali tidak lagi menjadi bersih dan sehat jika dipenuhi dengan asap rokok. Belum lagi dengan abu dan puntung rokok yang kadang berserakan. Jika anda belum bisa berhenti merokok, paling tidak usahakan agar tidak merokok di dalam rumah. Hal ini agar rumah anda tetap sehat dan tidak mengganggu penghuni lain yang tidak suka merokok.

Rajin Membersihkan Rumah

Coba anda biarkan rumah anda selama dua hingga tiga hari tanpa dibersihkan.  Saya yakin, meskipun anda tidak membuang sampah sembarangan, rumah anda akan terasa kurang bersih. Debu-debu yang beterbangan akan menempel di rumah anda setiap harinya. Belum lagi dengan serangga dan lalat yang mungkin datang tanpa diundang. Oleh karena itu, agar rumah anda selalu terasa nyaman, rajin-rajinlah membersihkan rumah secara teratur. Buatlah jadwal membersihkan rumah setiap harinya dan lakukan itu secara teratur. Hentikan pula kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti menggantung pakaian kotor karena akan mengundang nyamuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Itulah langkah mudah menerapkan rumah sehat di rumah Anda. Semoga terinspirasi, dan terima kasih atas kunjungan anda.

 

loading...