Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Agar Lebih Eksklusif

Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Anda Agar Lebih Eksklusif Pemakaian lantai kayu untuk rumah tinggal memang akan menimbulkan kesan tersendiri bagi penghuni rumah. Ruangan terasa lebih hangat, akrab dan lebih berkelas.

Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Anda Agar Lebih Eksklusif
Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Anda Agar Lebih Eksklusif
Lantai Parket
Lantai Parket

Parket lahir dari kata parquetry yang artinya menata bilah-bilah kayu yang tipis atau seni menata/memasang potongan-potongan kayu dengan pola geometris pada sebidang lantai. Parket lebih banyak dipakai di negara-negara dingin seperti Eropa dan Amerika. Karena parket ini selain menjadikan ruangan terasa hangat saat cuaca dingin, juga untuk menambah nilai estetika di rumah.

Lantai Parket
Lantai Parket
Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Anda Agar Lebih Eksklusif
Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Anda Agar Lebih Eksklusif

Di Indonesia sendiri, sekarang juga sudah banyak rumah yang menggunakan Lantai Kayu Parket. Bahkan sekarang lantai parket sedang tren di Indonesia. Ini dapat dilihat dari produsen parket yang semakin hari semakin bertambah pesanannya.

Sebagai penutup lantai, parket mempunyai beberapa kelebihan. Ruangan yang lantainya menggunakan parket bisa memberi kesan elegan dan mewah. Efek yang ditimbulkan dengan lantai parket adalah ruangan terasa hangat, karena parket sendiri bernuansa kayu dan tanah. Dan pada umumnya orang Indonesia menyukai warna-warna yang cerah atau terang.

Namun jika ingin menggunakan parket, Anda juga harus ekstra dalam perawatan. Karena perawatannya sangat rumit dan harus rajin membersihkannya. Hal ini sangat berbeda jika lantainya terbuat dari marmer atau keramik. Untuk mengurangi perawatan yang ekstra, sebaiknya, jangan memasang parket diseluruh ruangan rumah Anda. Pasanglah ditempat atau di ruangan-ruangan yang hanya bertujuan sebagai aksen.

Sebenarnya ada beberapa macam bahan pembentuk lantai parket yang tersedia dipasaran sekarang ini. Yang pertama adalah parket dari kayu solid. Inilah parket yang sudah ada dari jaman dulu. Namun seiring dengan semakin langkanya kayu yang berimbas pada makin mahalnya harga, muncul inovasi baru untuk bahan pembuat lantai parket.

Parket jenis kedua yaitu laminated floor atau three layer. Sesuai namanya bahan ini terbuat dari lembaran-lembaran kayu yang dijadikan satu. Selain itu ada juga multipleks yang dilapisi dengan veneer. Untuk pemasangan antara lapisan satu dengan yang lain menggunakan lem. Lapisan yang paling atas menggunakan kayu yang kualitasnya paling baik, sedangkan untuk lapisan dibawahnya menggunakan kayu kualitas nomor dua. Dengan penggunaan kayu yang dikombinasikan ini, harga laminated floor jelas lebih murah jika dibandingkan dengan parket kayu solid.

Jenis lainnya adalah parket yang terbuat dari HDF (High Density Fiber). HDF adalah serbuk kayu yang dipress, sehingga menjadi lembaran dan kemudian dilapisi veneer kayu. Jika dilihat sekilas, HDF sebenarnya hampir mirip dengan particle board namun HDF lebih padat/kompak dan sudah dilapisi anti air dan anti gores.

Masing masing jenis Lantai Kayu Parket  diatas pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat!

loading...