Macam-macam Bahan Gorden Terbaru

Macam-macam bahan gordenSalah satu benda yang sangat penting untuk diperhatikan ialah gorden. Hal utama yang dijadikan sebagai acuan dalam pemilihan gorden ini biasanya hanyalah sebagai hiasan rumah. Ya, memang benar, kita tentu menginginkan gorden yang cantik serta match (cocok) dengan ruangan kita. Namun, selain itu, Anda juga tidak boleh mengenyampingkan faktor kegunaanya dan kecocokannya dengan konsep ruangan Anda. Untuk mengetahui semua itu, Anda terlebih dahulu harus mengetahu jenis-jenis bahan gorden di bawah ini.

Macam macam Gorden Terbaru
Macam macam Gorden Terbaru
  1. Dim Out

Mari kita mulai dari jenis bahan gorden yang satu ini yakni dim out. Dim out merupakan jenis kain yang mampu menahan sinar matahari sampai 90%. Dengan begini, sinar matahari benar-benar tidak akan masuk ke dalam ruangan. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat jenis gorden roller blinds yang bisa digulung ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan. Desain gorden ini sangat cocok untuk rumah yang minimalis.

Macam macam Gorden Terbaru
Macam macam Gorden Terbaru

BACA JUGA: Jenis Gorden Paling Digemari Saat Ini

  1. Blackout

Seperti namanya, jenis bahan gorden yang satu ini mampu menghalangi seluruh cahaya matahari yang masuk. Saking ampuhnya dalam menangkal sinar matahari, gorden jenis ini pun dijuluki dengan nama anti-ultaviolet. Luar biasa ya. Gorden dengan bahan ini cocok digunakan di kamar atau di ruang tamu. Modelnya pun beragam mulai dari yang lipit-lipit, minimalis, hingga motif tertentu.

  1. Semi Blackout

Bisa dilihat pula dari namanya yaitu ‘semi’, maka gorden dengan bahan ini hanya mampu menahan cahaya matahari sekitar 80% saja. Hal ini berarti sinar matahari dapat masuk walau hanya 20%-nya saja. Bahan gorden ini lebih cocok digunakan di ruangan kerja, ruang baca dan ruang keluarga. Ruang-ruang itu tentu tidak nyaman jika terlalu gelap di siang hari. Gorden semi blackout kebanyakannya polos namun ada juga yang tersedia dalam beberapa pola.

  1. Bahan Lokal

Bahan lokal pun tidak kalah laku di pasaran. Kain lokal yang biasanya dibuat menjadi gorden adalah kain satin yang halus yang akan terlihat mengkilap jika dilihat dari kejauhan. Kain satin ini menambah kesan mewah dan gaya Eropa untuk sebuah rumah. Kain lokal lainnya seperti lace juga kerap digunakan untuk membuat gorden. Kain jenis ini biasanya tidak terlalu rapat pada penyusunannya.

Nah, setelah mengetahui berbagai macam bahan gorden, Anda tentu dapat memilihnya  dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Artikel ini tentang:

nama bahan gorden

loading...