Membuat Tempat Penyimpanan yang Tepat Untuk Kamar Anak

Tips Membuat Tempat Penyimpanan Untuk Kamar Anak ~ Anak-anak paling suka bermain. Salah satu tempat favorit bermain mereka adalah Kamar Tidur. Akibatnya kita akan sering menemukan banyak mainan berceceran di lantai kamar tidur.

tempat penyimpanan terbuka
tempat penyimpanan terbuka
sesuai ukuran anak
sesuai ukuran anak
box mainan 1
box mainan 1

Tentu membosankan apabila kita haus selalu merapikan mainan anak sehabis mereka bermain. Sudah saatnya mereka belajar menyimpan mainan sendiri. Mulailah mengajari mereka. Buatlah sebuah tempat penyimpanan mainan khusus untuk anak-anak. Dengan begitu mereka akan belajar menyimpan mainan mereka sendiri setelah selesai bermain.

sesuai ukuran anak
sesuai ukuran anak
tempat penyimpanan terbuka
tempat penyimpanan terbuka
box mainan 1
box mainan 1

Jika kebiasaan ini berhasil dibangun maka kita akan mendapatkan dua keuntungan, pertama kamar anak menjadi rapi, kedua mereka mulai belajar mandiri.

Lalu seperti apakah tempat penyimpanan yang tepat untuk kamar anak? Mari kita bahas disini.

BUAT UKURAN SESUAI KEBUTUHAN ANAK

Aturan pertama yang harus ada perhatikan adalah: anak-anak harus bisa menjangkaunya dengan mudah. Tidak akan efektif apabila kita mengisi kamar anak dengan tempat penyimpanan yang biasa dipakai orang tua seperti rak dan lemari berlaci.  Anak harus dapat dengan mudah mengambil mainan di tempat penyimpanan itu dan merapikannya kembali.

Jika anda membuatnya dalam bentuk boks, buatlah ukuran tempat penyimpanan yang sesuai dengan standart ukuran tubuh anak. Jangan terlalu tinggi supaya anak bisa  menjangkaunya dan jangan terlalu rendah supaya bisa menyimpan mainan dengan cukup banyak.

Jika menggunakan lemari atau rak terbuka, pastikan bahwa ketinggiannya tidak melebihi tinggi badan anak. Usahakan agar mereka masih bisa menjangkau dengan mudah bagian teratas dari rak penyimpanan.

MENYATU DENGAN RANJANG

Anda juga bisa membuat tempat pengimpanan yang menyatu dengan ranjang tidur anak.Tambahkan laci peyimpanan di bawah ranjang. Pastikan bahwa laci tersebut mudah ditarik dan disorongkan kembali. Anak-anak harus bisa melakukan sendiri proses pengambilan dan penyimpanan mainan mereka.

Memanfaatkan area bawah ranjang adalah solusi yang efektif dalam memanfaatkan hiden space pada kamar tidur anak. Bagian-bagian lain dalam ruang yang berupa celah atau lekukan juga bisa dimanfaatkan. Yang penting area tersebut mudah dijangkau dan aman untuk anak-anak.

TEMPAT PENYIMPANAN TERBUKA

Untuk lebih memudahkan anak dalam menyimpan mainannya, anda bisa membuat tempat penyimpanan terbuka. Model seperti ini  lebih mudah digunakan oleh anak karena mereka tidak harus membuka tutup laci.

Anda bisa memanfaatkan keranjang kontainer atau peti tanpa tutup sebagai tempat penyimpanan terbuka.  Saat ini ada berbagai macam jenis desain dan ukuran kontainer penyimpanan yang bisa anda beli di toko.  Selain bermanfaat sebagai tempat penyimpanan, kontainer itu juga bisa menjadi elemen dekoratif ruang yang menarik.

Boks dari kayu, kardus atau plastik yang simpel juga merupakan pilihan yang bagus dan praktis. Tempat penyimpanan ini bisa diisi dengan mainan-minan yang paling sering digunakan setiap harinya. Untuk mainan yang jarang digunakan, anda bisa menyimpannya di laci atau lemari tertutup.

pencarian tentang: bentuk bentuk hiasan vocab

Artikel ini tentang:

cara membuat rak dari keramik, Cara buwat rak almunium, perpaduan tv dg aquarium

loading...