Poin Penting dalam Rumah Sehat

Hal-hal penting dalam rumah Sehat ~ “Rumahku adalah istanaku”, sudah tidak asing dengan istilah ini bukan? Hampir semua orang menganggap bahwa rumah adalah tempat ternyaman di dunia. Rumah tidak hanya menjadi tempat untuk berteduh, melainkan juga sebagai tempat untuk bertumbuh bagi anak-anak, menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga, dan melewati berbagai suka dan duka.

contoh ruang tamu sehat hijau asri
contoh ruang tamu sehat hijau asri
dapur sehat terbuka dan natural
dapur sehat terbuka dan natural
kamar tidur sehat dengan sirkulasi bagus
kamar tidur sehat dengan sirkulasi bagus

Tidak heran jika orang-orang akan sangat memperhatikan rumah mereka, baik dari segi desain maupun kebersihannya. Rumah yang indah saja tidak cukup, kita perlu memiliki rumah yang nyaman dan sehat untuk dihuni. Berikut merupakan anjuran desain untuk anda yang ingin memiliki rumah yang nyaman dan sehat.

contoh ruang tamu sehat hijau asri
contoh ruang tamu sehat hijau asri
dapur sehat terbuka dan natural
dapur sehat terbuka dan natural
kamar tidur sehat dengan sirkulasi bagus
kamar tidur sehat dengan sirkulasi bagus

  1. Ruang tamu

Ruang tamu merupakan tempat bagi sebagian besar orang-orang yang berkunjung ke rumah kita. Oleh sebab itu ruang tamu biasanya memiliki desain semenarik mungkin yang akan membuat orang-orang mendapatkan kesan yang baik ketika berkunjung. Desain ruang tamu akan berbeda-beda tergantung ukuran ruang tamunya.

Posisi jendela pada ruang tamu perlu diperhatikan, karena hal ini akan berhubungan dengan pencahayaan. Jika anda ingin mengurangi penggunaan listrik di siang hari, anda dapat menggunakan cahaya alami dari matahari sebagai penerang. Caranya dengan menempatkan jendela di sebelah timur, atau dengan menggunakan genteng transparan. Cara lainnya juga dapat dilakukan dengan membuat taman di ruang tamu, dimana bagian atas tidak diberi atap, atau ada bagian pada tembok atas taman yang hanya terdiri dari jeruji besi seperti pagar besi pada umumnya.

Sirkulasi udara juga penting untuk diperhatikan, karena akan membuat ruang tamu anda menjadi tempat yang sehat. Anda perlu membuat ventilasi sebagai tempat masuknya udara juga ventilasi tempat udara keluar, sehingga udara di dalam ruangan anda tetap segar. Keberadaan taman di ruang tamu akan membuat udara di ruang tamu lebih segar, apalagi jika di taman itu ditanamai tanaman hias yang juga berfungsi untuk menyerap racun seperti bunga sansivera.

Selain itu, dekorasi ruangan juga akan mendukung keindahan dan kenyamanan ruang tamu anda. Warna cat dinding di ruang tamu sebaiknya merupakan warna yang cerah seperti putih, kuning atau pink sehingga memberi kesan ruangan yang ‘hidup’ bagi para tamu anda. Perabot-perabot seperti kursi, meja, rak, lemari perlu disesuaikan jumlah dan letakknya sesuai ukuran ruangan agar anda tetap leluasa untuk beraktivitas. Selain perabot, hiasan-hiasan ruang tamu seperti lampu, vas bunga, gorden, keramik dan pigura juga perlu diperhatikan, baik dari pemilihan bahan, warna dan jumlahnya, pilihlah bahan dan warna yang sesuai dengan cat dinding anda, serta rawatlah barang-barang itu agar tidak berdebu.

  1. Ruang Keluarga

Ruang berikutnya yang akan kita bahas adalah ruang keluarga. Ruang keluarga merupakan tempat kita menghabiskan banyak waktu kita dengan keluarga maupun sahabat-sahabat kita. Ruang keluarga harus dirancang sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman, hangat dan sehat.

Seperti ruang tamu, pencahayaan dan sirkulasi udara merupakan bagian yang penting dari suatu ruang keluarga. Jika rumah anda tidak memunginkan untuk memiliki ventilasi, anda dapat menggunakan Air Conditioner untuk menjaga udara dalam ruangan anda tetap bersih. Pada beberapa rumah, kita dapat melihat adanya taman atau kolam kecil di ruang keluarga. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana sejuk, sehingga penghuni rumah akan betah berlama-lama bersama keluargadi ruang ini.

Untuk cat dinding ruang keluarga, sama halnya dengan ruang tamu, anda dapat memilih warna yang cerah, warna yang cerah akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Perabot-perabot yang biasanya diletakkan dalam ruang keluarga adalah sofa, meja, dan lemari atau rak yang biasanya digunakan untuk meletakkan koleksi anggota keluarga seperti piring, souvenir dari beberapa negara,  boneka, piala, dan berbagai hal lain. Untuk sofa, sebaiknya warnanya disesuaikan dengan cat dinding dan gorden ruang.

Barang-barang lain yang juga  di tata di ruangan ini adalah televisi, sehingga keluarga dan sahabat-sahabat dapat menonton bersama-sama. Akan lebih baik jika disediakan juga karpet di depan televisi, sehingga anggota keluarga akan lebih santai ketika duduk di atas karpet dibanding di sofa. Jangan melupakan berbagai foto setiap anggota keluarga, mulai dari momen-momen indah seperti pernikahan, ulangtahun, wisuda, dan juga foto bersama seluruh anggota keluarga.

  1. Ruang makan dan dapur

Salah satu aktivitas yang bukan saja merupakan kebutuhan kita, melainkan juga pemuas selera adalah makan. Oleh sebab itu, pengaturan ruang makan penting untuk dilakukan. Sebaiknya ruang makan terpisah dari dapur, agar ketika dapur masih dalam kondisi berantakan, orang-orang yang makan di ruang makan tidak akan terganggu, baik oleh pemandangannya, maupun oleh baunya.

Seperti halnya ruang-ruang lain, pencahayaan dan sirkulasi udara penting untuk diperhatikan. Pencahayaan yang cukup akan meningkatkan selera makan seseorang, hal ini juga terkait langsung dengan warna cat ruang makan. Oleh karena itu pilihlah warna-warna cerah seperti merah atau orange yang terkenal dapat meningkatkan selera makan. Udara di ruang makan juga harus segar sehingga sirkulasi udara yang baik harus ada. Hindari juga menempatkan tempat sampah di ruang makan, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap, akan lebih baik jika meletakkannya di dapur agar lebih mudah dalam membuang sampah setelah memasak.

Sama halnya dengan dapur, pencahayaan yang baik akan menolong anda ketika menyiapkan menu makanan untuk keluarga. Satu jendela yang dapat membuat anda melihat pemandangan di luar akan membuat anda lebih segar di tengah keseriusan memasak dan mencuci piring. Pencahayaan alami sinar matahari akan membuat ruangan lebih hangat dan mengurangi kuman serta bakteri. Sirkulai udara akan menolong menghilangkan bau-bau tak sedap dari makanan yang gosong atau basi.

Pilihlah Kitcen set yang sesuai, yang dapat anda jangkau tinggi dan jaraknya, serta cukup untuk meletakkan semua barang-barang dapur, sehingga dapur tidak kelihatan sempit atau berantakkan. Sering-seringlah membersihkan dapur, karena bakteri juga menyukai makanan-makanan yang kita makan.

  1. Kamar tidur

Istirahat yang berkualitas akan membuat aktivitas anda berkualitas. Istirahat yang berkualitas sangat didukung oleh kondisi ruang tidur yang tepat, nyaman dan sehat. Secara umum, ruang tidur dibagi menjadi ruang tidur utama, ruang tidur anak dan ruang tidur keluarga.

Secara keseluruhan, pencahayaan yang baik akan sangat menolong anda. Untuk kamar tidur utama dan kamar tidur anak, sebaiknya terletak di arah timur, sehingga ketika matahari terbit anda dapat segera bangun, dan matahari sore tidak akan mengganggu istirahat anda. Sirkulasi udara yang baik juga akan menghindarkan ruangan anda dari kesan pengap dan panas sehingga tidak mengganggu tidur anda.

Untuk kamar anak, anda dapat memakai cat warna cerah seperti pink, biru, ungu cerah, kuning atau hijau cerah. Warna-warna ini akan membawa keceriaan dan semangat yang sesuai dengan usia anak-anak anda. Selain itu, anda dapat memasang wallpaper yang sesuai dengan selera anak agar mereka senang berada dalam kamar mereka. Desain interior bayi akan berbeda dengan anak usia balita maupun usia sekolah, sehingga anda harus menyesuaikan desain ruang anak sesuai usia mereka masing-masing.

Kamar utama memiliki pilihan warna yang lebih banyak, seperti warna terang yang dapat membuat kamar kecil terlihat lebih luas, atau warna hangat seperti krem, cokelat, yang akan membuat anda lebih tenang. Seprai, selimut serta bantal yang nyaman dan tidak panas akan membuat tidur anda lebih berkualitas. Jangan meletakkan alat-alat elektronik di dalam kamar seperti televisi, radio, komputer atau laptor, karena selain dapat mamancarkan medan frekuensi elektromagnetik, juga akan membuat tidur anda terganggu. Sebaiknya sediakan lampu kamar yang agak redup, selain lampu utama, agar ketika anda tiba-tiba terbangun di malam hari, anda tidak perlu menyalakan lampu utama yang terlalu terang sehingga membuat anda akan sulit tidur kembali.

Apakah sekarang anda mendapatkan pandangan baru tentang konsep rumah yang nyaman dan tentu saja sehat? Mari jadikan rumah sebagai istana, tempat kita menciptakan kenangan-kenangan indah bersama orang-orang terkasih. Salam 🙂

Artikel ini tentang:

cat ruang tamu nodrop, korden utk jendela kelas, kombinasi warna ungu untuk ruang tamu untuk rumah di kampung, keramik hijau cocok dengan cat, inspirasi meja kelas, warna cat dinding yang matching dengan, rumah idaman pakai hiasan besi chrome, ruang tv modern besar, perpaduan warna kramik hijau, model rak telur gantung, model hordeng jendela kelas, langkah-langkah desainer kaca, desain ruang ganti pakaian di kamar, desain ruang keluarga trend 2017, hordeng untuk di jendela kelas, keramik dingding dapur warna biru mejanya cocok warna apa, kerajinan tangan dari tali tambang, karpet di bawah meja, warna cat no drop untuk ruang tamu

loading...