Rumah Minimalis Sederhana Untuk Keluarga Kecil Anda

Pilihan Rumah Minimalis Sederhana ~ Memilih rumah adalah sama seperti memilih jodoh. Kadang gampang, dan kadang susah. Begitupun memilih rumah sebagai tempat peristirahatan keluarga Anda. Kadang gampang menemukan rumah yang cocok, bisa juga susah karena harganya tidak sesuai kantong kita. Apalagi kini, di kota-kota besar seperti Jakarta, membeli rumah yang layak untuk dihuni sudah tidak terkejar lagi harganya bagi sebagian orang yang baru merintis dan membangun keluarganya ini. Maka, praktis pilihan rumah yang layak adalah rumah minimalis sederhana.

contoh desain rumah minimalis sederhana 3 kamar
contoh desain rumah minimalis sederhana 3 kamar
rumah minimalis sederhana pas untuk keluarga kecil anda
rumah minimalis sederhana pas untuk keluarga kecil anda
desain mungil rumah minimalis sederhana 2 kamar tidur
desain mungil rumah minimalis sederhana 2 kamar tidur

Bekerja di kota besar seperti Jakarta, praktis menuntut tempat tinggal yang strategis untuk bisa mencapai kantor. Pilihan strategis mencapai kantor bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, atau dengan melihat sarana transportasi dari rumah mencapai kantor. Memilih tempat tinggal di dekat kantor seperti kos-kosan adalah pilihan yang sangat nyaman bagi anda yang belum berkeluarga. Namun, jika sudah berkeluarga (baru berkeluarga) sangat dianjurkan tinggal di rumah yang agak nyaman untuk keluarga kecil kita. Bisa jadi pilihannya adalah menyewa (kontrak) di rumah kontrakan di dekat kantor Jakarta. Namun, harga sewa kontrakan di Jakarta relatif sudah tinggi dan jika kita hitung, alangkah lebih baiknya uang cicilan tersebut digunakan untuk cicil rumah minimalis sederhana untuk keluarga kecil kita.

bentuk rumah minimalis sederhana tapi mewah
bentuk rumah minimalis sederhana tapi mewah
contoh rumah minimalis sederhana yang elegan
contoh rumah minimalis sederhana yang elegan
rumah minimalis sederhana yang elegan
rumah minimalis sederhana yang elegan

Rumah minimalis sederhana kini sudah susah untuk dijumpai pada kota-kota besar seperti Jakarta. Kalaupun ada, harganya juga terlampau tinggi dengan rumah tipe sejenis di pinggiran kota Jakarta. Maka, alternatif strategi membeli rumah minimalis sederhana dengan harga yang relatif ringan adalah dengan memilih lokasi di pinggiran kota (agak jauh dari) Jakarta. Contoh lokasi yang tepat dari pinggiran kota Jakarta antara lain Depok, Tangerang, dan Bekasi. Namun, kini kota-kota tersebut juga termasuk kota besar dengan padat penduduknya, jadi pilihan yang masih murah dan bagus yaitu di kabupaten-kabupaten atau perbatasan kota tersebut. Contohnya adalah seperti Sawangan, Parung, Cibubur, Cilebut, Bojong, kalau di Tangerang seperti di Ciledug, Pondok Aren, dan lain sebagainya yang merupakan daerah-daerah kecil tetapi (masih) memiliki fasilitas yang bagus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Membeli Rumah Minimalis Sederhana

  • Ukuran Rumah  Minimalis Sederhana

Ukuran rumah harus diperhitungkan dengan jumlah anggota keluarga kita. Sebaik-baiknya rumah minimalis sederhana adalah rumah dengan memiliki setidaknya dua kamar tidur, satu kamar mandi diluar, satu ruang tamu, dan ruang makan (plus dapur). Halaman depan terdiri dari carport, taman hijau minimalis serta teras, di belakang juga ada teras kecil untuk tempat menjemur cucian keluarga. Teras belakang ini nantinya jika keluarga kita berkembang bisa dialihfungsikan menjadi kamar tidur satu lagi. Biasanya rumah minimalis sederhana dengan fasilitas tersebut di atas berukuran 36 x 72, rumah ukuran 45 x 90, atau bisa juga 36 x 100.

  • Desain Rumah Minimalis Sederhana

Pilihlah desain rumah minimalis sederhana dengan sepadan dan berfungsi maksimal pada setiap elemen-elemen rumah kita. Rumah minimalis sederhana tampak depan jika dilihat berukuran panjang 8 meter atau minimal 7 meter. Beberapa rumah ada juga yang berukuran 6 meter (jika luas rumahnya 72) yang terdiri atas 6 x 12 meter.

  • Fasilitas Umum

Dalam memilih rumah, sebaiknya faktor penting yang harus diperhatikan juga salah satunya fasilitas umum di sekitar rumah. Jika ingin mempunyai rumah dengan fasilitas yang cukup memadai, maka pilihannya jatuh kepada perumahan minimalis sederhana. Fasilitas umum komplek dapat kita manfaatkan dengan sebaiknya. Dan satu hal yang tidak kalah penting yaitu sarana transportasi. Mengingat di awal paragraf kita bekerja di Jakarta, maka sebaiknya memilih rumah yang tepat dengan transportasi yang cukup mudah ditempuh dari rumah ke kantor. Pilihan transportasinya antara lain jalur kereta, bus umum, dan kendaraan umum lainnya.

  • Harga Rumah Minimalis Sederhana

Satu faktor terakhir yang penting adalah harga. Harga harus sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Kebanyakan rumah minimalis sederhana harganya berkisar antara 200 juta sampai dengan 400 juta rupiah. Itu semua tergantung dengan lokasi, desain, dan lain-lain dari rumah tersebut. Ada satu trik yang bisa kita pakai untuk mengakali faktor harga ini. Yaitu, carilah tanah di kampung dekat dengan komplek besar dengan cukup fasilitasnya. Lalu bangun rumah minimalis sederhana anda pada tanah tersebut, biaya bangunnya bisa anda kendalikan sesuai dengan kemampuan. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan rumah minimalis sederhana yang cukup bagus dengan fasilitas yang lengkap juga (menikmati fasilitas komplek).

Demikian pembahasan tentang rumah minimalis sederhana untuk keluarga kecil anda. Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan Anda. Jika ada saran dan kritik bisa diajukan pada kolom komentar 🙂 .

loading...