Tips Mempermudah Penyimpanan Berbagai Benda di Dapur

Tips Menata Benda di Dapur ~ Apakah anda masih punya mood memasak saat berada di dapur yang kotor? Pasti susah kan? Memasak adalah sebuah kegiatan yang melibatkan perasaan. Jika perasaan anda sudah tidak nyaman akibat dari suasana dapur yang kacau, maka bisa diperkirakan apabila masakan anda juga akan kacau.

gantungan balik pintu rak kitchen set
gantungan balik pintu rak kitchen set
papan penggantung pada dapur minimalis
papan penggantung pada dapur minimalis
ide penyimpanan dapur kecil
ide penyimpanan dapur kecil

Menjaga dapur agar selalu bersih dan rapi memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika perlatan dapur anda sudah begitu banyak dan berdesak-desakan. Belum lagi dengan bahan-bahan masakan dan bumbu dapur yang bertebaran. Jika anda tidak mengatur sistem penyimpanan yang baik, mood memasak anda bisa hilang. Bahkan jika dipaksakan, rasa masakan anda bisa tidak seperti yang diharapkan.

papan penggantung pada dapur minimalis
papan penggantung pada dapur minimalis
ide penyimpanan dapur kecil
ide penyimpanan dapur kecil
gantungan balik pintu rak kitchen set
gantungan balik pintu rak kitchen set

Anda membutuhkan sistem penyimpanan di dapur yang efektif. Peralatan memasak, bahan masakan dan bumbu-bumbu bukan hanya harus tersimpan dengan rapi dan aman tapi juga mudah dijangkau. Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama-sama.

  • Buat Rak Khusus Untuk Peralatan

Buatlah suatu rak yang akan menyimpan benda-benda sejenis sehingga anda mudah dalam mengelompokkannya.  Terkumpulnya benda sejenis dalam satu tempat akan mempermudah anda dalam pencarian saat membutuhkan dan mempermudah peletakannya kembali.

  • Buat Sekat Laci Untuk Meletakkan Peralatan Dapur

Jangan suka menyimpan semua peralatan dapur pada satu tempat saja. Peralatan itu akan bertumpuk satu sama lain sehingga mempersulit anda ketika hendak menggunakannya. Jika anda menyimpan peralatan itu pada sebuah laci besar, buatlah sekat-sekat pada laci tersebut sehingga masing-masing kelompok peralatan dapur dapat dipisahkan.

  • Buat Gantungan Untuk Panci dan Wajan

Panci, wajan dan peralatan dapur lain yang sering dipakai tidak perlu disimpan dalam laci. Buatlah gantungan untuk panci dan wajan. Peralatan yang tergantung akan lebih mudah untuk digunakan dan disimpan kembali. Aktivitas memasak anda tentu akan lebih dimudahkan. Selain itu anda akan lebih menghemat tempat penyimpanan sehingga dapur anda berkesan lebih luas.

  • Manfaatkan Balik Pintu Lemari Dengan Memasang Hook

Jika dapur anda tidak begitu luas, anda harus bisa memanfaatkan setiap bagian untuk tempat penyimpanan. Salah satunya adalah di balik pintu lemari penyimpanan. Pasanglah hook, pengait, atau cantelan untuk menggantung peralatan masak yang kecil seperti saringan, sendok sayur dan yang lainnya.

  • Manfaatkan Kaleng Untuk Peralatan Makan Dan Memasak

Anda bisa memanfaatkan kaleng untuk menyimpan peralatan makan seperti sendok dan garpu pada satu tempat. Tempatkan kaleng penyimpanan itu pada tempat yang mudah dijangkau, sehingga anda dapat mengambil dan mengembalikannya dengan mudah.

  • Buat Rak Ambalan Untuk Menyusun Tempat Bumbu

Meskipun bumbu dan bahan masakan  sudah anda simpan rapi di dalam toples, penempatan toples-toples itu juga harus anda atur dengan baik. Anda bisa membuat rak ambalan pada salah satu bidang dinding dapur yang terbuka.  Manfaatkan papan atau triplek bekas yang tidak terpakai, rapikan, dan pasang di dinding dengan bantuan siku penyangga.

  • Pasang Papan Besar Untuk Menggantung Benda-Benda Di Dapur

Tadi kita sudah membahas gantungan di dinding untuk panci dan wajan. Jika barang yang perlu digantung lebih banyak, anda bisa memasang sebuah papan lebar yang tidak terpakai atau sebuah daun pintu bekas sebagai bidang penggantung. Pasang pengait di papan tersebut sebagai penggantung peralatan. Sistem ini terlihat lebih rapi dan tentu saja menjadi salah satu daya tarik di dapur anda.

Itulah beberapa tips menyimpan benda-benda di Dapur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

Artikel ini tentang:

cara menyimpan peralatan dapur, lemari penyimpanan dapur sederhana, idea tempat penyimpanan kitchen set, buat tempat barang dengan penyangga siku, membuat tempat wajan di dapur, memasang gantungan sendok di kitchen set, gantungan dapur, dekorasi kamar 6×6 besi, cara penyimpanan peralatan dapur, cara nyimpan wajan, cara menyimpan wajan, cara menyimpan peralatan dapur yang benar, Teknik penyimpanan peralatan dapur dari kayu

loading...