Tips Agar Rumah Menjadi Lebih Fresh, Nyaman dan Tidak Sumpek

Tips Membuat Rumah Menjadi Nyaman ~ Rumah adalah tempat di mana kita tidak sekadar tinggal, tapi juga untuk melakukan banyak hal. Mulai dari tidur, belajar, bekerja, bersantai, berkumpul dengan keluarga, dan masih banyak lagi aktivitas-aktivitas yang kita lakukan di rumah. Pastinya kita menginginkan rumah yang nyaman kan, agar aktivitas-aktivitas kita tadi bisa kita kerjakan dengan baik.

pintu rumah yang cerah
pintu rumah yang cerah
tanaman hidup di dalam ruangan
tanaman hidup di dalam ruangan
Aroma Therapy
Aroma Therapy

Rumah yang nyaman tidak selalu berarti rumah yang megah kok, guys. Rumah yang kecil dan sederhana pun bisa memberikan rasa nyaman dan fresh asalkan kamu memilih dekorasi yang tepat. Mau tau gimana caranya supaya rumahmu terasa lebih segar dan nyaman untuk ditinggali? Ini dia 7 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalahmu.

pintu rumah yang cerah
pintu rumah yang cerah
jendela dan gorden yang menjulang tinggi
jendela dan gorden yang menjulang tinggi
warna interior yang netral
warna interior yang netral

1. WARNA CERAH UNTUK PINTU DEPAN

Pintu depan atau bagian muka rumah merupakan bagian yang pertama kali dilihat sebelum memasuki sebuah rumah. Meskipun ada peribahasa “Don’t judge a book by its cover”, namun bukan berarti kesan pertama jadi tidak penting, kan?

Agar rumah tampak lebih segar, kamu bisa pilih warna-warna yang cerah seperti kuning, orange, atau merah. Warna-warna cerah ini, selain memberikan kesan segar, juga memberikan kesan ramah dan welcome kepada orang yang datang. Seringkali, warna-warna yang cerah dan segar juga mampu mengubah mood seseorang menjadi lebih positif, lho.

2. WARNA NETRAL DAN TERANG UNTUK DINDING RUANGAN

Gunakanlah warna-warna netral, ringan, dan terang untuk dinding ruangan, seperti warna putih atau beage karena warna-warna ini akan memberikan kesan bersih dan nyaman. Selain itu, jika rumahmu tidak terlalu luas, memilih warna putih, beage, atau sejenisnya bisa jadi solusinya, karena warna-warna tersebut juga dapat memberikan kesan luas pada ruangan sehingga tidak terasa sesak. Begitu juga apabila kamu memiliki beberapa kamar yang saling berdekatan atau berimpitan, penggunaan warna yang sama untuk kedua ruangan tersebut akan memberikan kesan kamar atau ruangan yang lebih luas.

Selain pada dinding, gunakan juga warna-warna netral dan ringan ini pada langit-langit ruangan. Karena dengan memberikan warna yang sama pada dinding dan langit-langit, juga akan menimbulkan kesan yang lebih luas dan tidak sesak.

Yang perlu diperhatikan kalau kamu menggunakan jenis warna-warna terang ini adalah rajin-rajinlah membersihkan ruangan, terutama pojok-pojok atas ruangan karena kotoran akan lebih mudah terlihat pada dinding dan langit-langit yang berwarna terang. Adanya kotoran-kotoran ini akan menimbulkan rasa sumpek dan kurang nyaman.

3. TANAMAN INDOOR

Tanaman hijau bisa jadi properti yang bagus lho untuk membuat rumahmu terasa lebih fresh. Kamu bisa gunakan tanaman asli ataupun tanaman palsu (hanya untuk hiasan). Tentunya kalau menggunakan tanaman asli, ruangan tidak hanya terasa segar dipandang, tapi juga segar udaranya. Warna hijau daun akan memberikan kesan segar di dalam ruangan. Selain itu, akan lebih indah jika kamu memilih tanaman-tanaman hias yang memiliki bunga, karena akan semakin mempercantik ruangan.

Kamu bisa letakkan tanaman-tanaman dalam pot kecil di sekitar jendela, sedangkan untuk tanaman-tanaman berdaun besar dan berada di pot besar bisa kamu letakkan di pojok-pojok ruangan. Untuk menambah variasi warna, kamu juga bisa memilih pot-pot dengan warna, corak, atau motif yang cerah.

4. CAHAYA MATAHARI MASUK

Desain rumah yang baik adalah desain rumah yang memberikan celah bagi cahaya matahari untuk masuk. Ini akan memberikan efek tidak sumpek. Selain itu, pada siang hari, ruangan akan terlihat lebih fresh dengan adanya penerangan dari cahaya matahari (mungkin dengan dibantu beberapa lampu yang memang diperlukan, yang kalau tidak dinyalakan malah akan membuat ruangan menjadi gelap) daripada jika menggunakan lampu secara full.

Celah masuk cahaya matahari bisa melalui jendela yang terbuka. Atau, seperti yang banyak diterapkan pada kebanyakan rumah minimalis saat ini, kamu bisa pasang atau gunakan kaca lebar pada salah satu sisi dinding yang menghadap matahari. Penggunaan kaca ini akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas. Selain itu, ini juga bisa digunakan untuk menyegarkan dan merilekskan pikiran kita bisa menikmati pemandangan seperti langit, pohon-pohon, maupun burung-burung dari dalam rumah.

5. LANGIT-LANGIT YANG TINGGI ATAU TIDAK TERLALU RENDAH

Mendesain rumah dengan posisi langit-langit tidak terlalu rendah bisa memberikan efek lega atau luas untuk rumahmu. Desain ruangan seperti ini akan menghilangkan kesan sumpek pada ruangan, sehigga kita ataupun orang lain akan merasa lebih nyaman. Selain memberikan kesan luas, menempatkan langit-langit dengan posisi yang lebih tinggi juga baik untuk sirkulasi udara dalam ruangan, lho. Karena itu, ruangan pun menjadi tidak terasa pengap.

Namun, kamu jangan sampai melupakan ventilasi ya, karena ventilasi ini sangat penting untuk sirkulasi udara. Tanpa adanya ventilasi, ruangan lama-lama akan terasa pengap juga karena tidak ada pertukaran udara dari dalam dan luar ruangan.

6. JENDELA DAN GORDEN YANG TINGGI

Ini adalah salah satu cara untuk menyiasati masalah ruangan yang berlangit-langit rendah. Jendela dengan ukuran yang tinggi (tidak lebar) akan memberikan kesan dinding dan ruangan yang lebih luas. Ini karena langit-langit menjadi terasa lebih tinggi, sehingga ruangan tidak terasa sumpek.

Nah, ukuran jendela seperti ini bisa kamu padankan dengan gorden yang berukuran panjang pula. Menggunakangorden panjang, selain bisa memberikan kesan luas pada ruangan, juga sekaligus bisa menambah kesan elegan pada rumahmu. Pemilihan warna dan motif gorden ini juga perlu kamu perhatikan, guys. Pastikan gorden yang kamu pilih sesuai atau senada dengan tema dan warna ruangan.

Untuk menambah kesan elegan, kamu bisa gunakan warna-warna gorden seperti krem, putih, atau beage. Kalau kamu menginginkan kesan yang lebih fresh, kamu bisa gunakan warna atau motif yang lebih cerah. Apabila kamu memilihgorden yang polos, warna-warna seperti kuning muda, orange muda, hijau muda, atau biru muda bisa jadi pilihan yang cocok. Namun apabila kamu ingin menggunakan gorden yang bermotif, gorden dengan motif bunga-bunga kecil bisa jadi alternatif.

7. PENGHARUM RUANGAN

Satu masalah yang sering menyebabkan rumah terasa kurang nyaman adalah bau yang kurang sedap (misal: bau apek). Bau apek pada ruangan ini tidak cuma muncul saat rumah dalam kondisi kotor saja, lho. Terkadang meskipun rumah telah kita bersihkan bau apek ruangan tetap tercium. Pastinya hal ini akan membuat kita menjadi kurang nyaman untuk berada di ruangan itu.

Nah, untuk mengatasi hal itu, ada baiknya jika kamu menggunakan pengharum ruangan. Pengharum ruangan ini bisa alami maupun sintetis. Untuk yang alami, kamu bisa letakkan bunga-bungaan dalam pot dan diletakkan dalam ruangan, seperti misalnya bunga lavender, melati, plumeria, geranium, dan jenis bunga lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat sendiri pengharum ruangan dari bahan-bahan yang alami. Biasanya bahan yang dipakai adalah buah jeruk, lemon, biji atau bubuk kopi, kayu manis, dan lain-lain, sedangkan untuk caranya kamu bisa browsing dan pilih sesuka hati dari internet.

Kalau kamu tidak mau repot, kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan sintetis yang saat ini banyak diperjual-belikan. Beberapa bentuk pengharum sintetis ini di antaranya ada spray, batang, dan lilin. Kamu bisa dapatkan pegharum sintetis ini dengan mudah karena banyak yang menjual dan harganya sangat bervariasi, mulai dari murah hingga mahal.

Pemilihan dekorasi dan atribut-atribut untuk rumah memang merupakan hal penting. Namun, satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan rumah itu sendiri. Rumah semewah apapun, kalau kebersihannya tidak terjaga, tetap saja menjadi tidak nyaman untuk ditinggali. So, set the decoration well and keep it clean. Happy decorating, guys!

loading...