Tips dan Trik Cara Mengecat Dinding Rumah

Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar, Ini Triknya! Kondisi cat rumah yang sudah berumur panjang memang kerap kali menimbulkan masalah baru. Sebagai contoh kerap kita temui cat yang mengelupas, bercak- bercak dan warna yang kusam. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan mengecat ulang. Apakah Anda ingin menghabiskan akhir pekan dengan mengecat ulang dinding rumah? Jika iya, agar hasil catnya baik dan maksimal, simak dahulu teknik atau Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar berikut ini:

tips membuat pola cat dinding
tips membuat pola cat dinding
cara mengecat tembok
cara mengecat tembok
Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar
Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar

Cara Mengecat Dinding Rumah Baru

Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar
Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar
tips membuat pola cat dinding
tips membuat pola cat dinding
cara mengecat tembok
cara mengecat tembok

Apabila yang ingin Anda cat merupakan dinding yang masih baru, hal utama sebelum mengecat adalah memastikan plesteran dinding sudah benar-benar kering. Biasanya butuh waktu 28-30 hari tanpa hujan. Kriteria dinding plesteran sudah kering biasanya berwarna abu-abu muda.

Plesteran dinding yang telah kering harus terlebih dahulu dilapisi cat dasar atau primer khusus dinding yang biasanya berwarna putih. Biarkan selama 2 jam setelah memolesnya.

Tahap terakhir yaitu pengecatan dengan warna favorit Anda. Mengecatlah hingga 2-3 lapis dengan lapisan pertama lebih encer dibanding lapis kedua. Jangan lupa beri jarak 2 jam khusus cat berbasis air dan 6 jam khusus cat berbasis minyak dari pengecatan pertama hingga kedua.

Cara Mengecat Dinding Rumah Lama

Sebenarnya metode pengecatan dinding lama dan baru tidak jauh berbeda. Hal yang membedakan adalah kita terlebih dulu harus memeriksa kondisi dinding lama sebelum pengecatan.

Ujilah dengan mengusapkan telapak tangan pada dinding, jika hasil usapan ditangan masih bersih itu berarti dinding masih dalam kondisi baik. Sebelum dicat bersihkan dengan lap yang masih basah.

Namun, jika tangan Anda menemukan minyak pada dinding, Anda perlu membersihkannya dengan campuran deterjen dan air terlebih dahulu. Jika banyak bubuk putih menempel ditangan Anda, dinding mengalami pengapuran dan tidak layak dicat ulang. Dengan kondisi ini, Anda perlu mengeroknya dengan amplas dan membersihkan dengan air yang dilanjutkan dengan pengecatan.

Ukuran Kebutuhan dalam Mengecat Dinding Rumah

Agar tidak boros, ada baiknya sebelum mengecat Anda menghitung dulu berapa cat yang dibutuhkan. Perhatikan juga label yang tercantum dikaleng tentang daya sebar catnya. Umumnya daya sebar cat 12m persegi, artinya 1 liter cat cukup untuk 12 meter persegi dalam satu kali sapuan atau lapis. Kemudian ukurlah luas dinding yang akan dicat. Jangan lupa kurangi dengan luas pintu dan jendela.

Contoh Kondisi Ruang Dinding Rumah :

Ruang berukuran 4 m x 4 m dan tinggi 3 m

Satu pintu 1 m x 2 m

Satu jendela 1 m x 1 m

Luas yang harus dicat :

4 dinding (4 x [4m x 3m] = 48m persegi) +1 plafon (4mx 4m = 16m persegi) –1 pintu dan 1 jendela((1m x 2m + 1m x 1m = 3m persegi) = 61 m persegi

Bagi luas total dengan daya sebar: 61m persegi : 12 m persegi = kurang lebih 5 liter untuk satu kali oles atau sapuan. Pengecatannya bisa dilakukan 2 lapis agar hasilnya menjadi bagus, sehingga cat yang dibutuhkan kurang lebih 10 liter. Mudah bukan? Demikianlah tadi tips Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Benar, Selamat mencoba!.

 

loading...