5 Tips Membuat Rumah Minimalis Tampak Lebih Luas!

Tips Membuat Rumah Minimalis Tampak Luas ~ Rumah yang kita miliki adalah bagaikan istana untuk kita. Karena disitulah kita menghabiskan waktu luang kita, tempat kita berkumpul dengan keluarga dan tempat kita untuk beristirahat. Sehingga bagaimanapun juga pasti kamu mau dong membuat rumahmu selalu nyaman untuk ditinggali.

Perabotan multifungsi untuk rumah minimalis
Perabotan multifungsi untuk rumah minimalis
Jendela yang besar agar cahaya masuk
Jendela yang besar agar cahaya masuk
Furniture yang minimalis simple untuk mengehemat ruang
Furniture yang minimalis simple untuk mengehemat ruang

Tetapi yang menjadi masalah saat ini adalah lahan utamanya di daerah perkotaan sudah semakin sempit dan mahal. Sehingga tidak semua orang mampu untuk membeli atau membuat rumah yang luas. Rumah minimalis yang sempit pun yang sering menjadi pilihan.

Perabotan multifungsi untuk rumah minimalis
Perabotan multifungsi untuk rumah minimalis
Penggunaan cermin besar agar ruangan terlihat besar
Penggunaan cermin besar agar ruangan terlihat besar
cat tembok warna terang cerah
cat tembok warna terang cerah

Rumah yang sempit ini menimbulkan masalah ketika rumah ini tidak menjadi nyaman. Suasana sumpek di rumah bisa membuat kita tidak betah berlama-lama tinggal di rumah kan ? Tapi tenang, berikut ini ada tips-tips yang dapat kamu coba untuk bisa membuat rumahmu terasa lebih luas.

1. Cat Tembok Dengan Warna Terang dan Bermotif Kecil

Untuk rumah yang minimalis ini pemilihan warna cat tembok yang cocok adalah warna-warna terang. Warna terang tersebut dapat membuat rumah terasa menjadi lebih luas. Karena jika kamu menggunakan mengecat tembok rumahmu dengan warna-warna gelap hal tersebut mampu membuat kesan gelap dan sumpek.

Jika kamu menggunakan wallpaper, gunakan walpaper terang dengan motif kecil. Motif kecil tersebut membuat ruangan menjadi lebih luas karena sisi-sisi tembok tidak terasa penuh sesak. Sebaliknya jika kamu menggunakan motif yang besar akan membuat sisi tembokmu terasa penuh dan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Walaupun warna terang sangat disarankan, tapi hindari warna putih polos. Karena warna putih polos membuat rumahmu terkesan kosong. Terlebih lagi warna putih tersebut mampu memantulkan bayangan-bayangan furnitur yang ada. Sehingga bisa membuat rumahmu nampak penuh dan sempit.

Warna-warna terang yang disarankan adalah warna ­biru muda, coklat muda, hijau muda atau warna-warna pastel. Tetapi jika kau tetap menginginkan warna agak gelap ada di tembok rumahmu kamu bisa meberikanya pada motif kecil yang ada pada wallpaper yang kamu pilih.

2. Berikan Jendela yang Cukup Besar Agar Cahaya yang Masuk Banyak

Cahaya merupakan faktor penting di dalam rumah. Karena rumah yang tidak mendapat cahaya dengan baik akan menjadi rumah yang gelap dan tidak nyaman. Kesan gelap pun juga bisa membuat rumah tampak lebih sempit.

Jika kamu mengandalkan cahaya hanya dari lampus listrik saja tentunya hal tersebut akan membuat tagihan listrik kita boros setiap bulannyya. Sehingga akan lebih baik kan jika kita memanfaatkan cahaya alami matahari untuk penerangan rumah kita disiang hari.

Agar dapat mendapat cahaya yang cukup maka kita memerlukan cukup fentilasi dan jendela. Utamanya untuk rumah yang minimalis, usahakan untuk menambahan beberapa jendela besar agar cahaya yang masuk menjadi lebih optimal. Jendela yang besar ini juga mampu memberi kesan luas dan lenggang lho.

Selain dari segi cahaya jendela ini juga mampu membuat jalan keluar masuk udara di dalam rumahmu menjadi lebih lancar. Karena kamu pasti beranggapan rumah yang minimalis akan cepat sekali terasa panas dan gerah. Maka jendela ini lah yang juga mampu untuk membantu membuat rumahmu terasa lebih segar.

3. Pilihlah Furniture yang Simpel dan Kecil

Furniture atau perabot rumah yang kita pilih tentu saja harus sesuai dengan tipe rumah yang kita miliki. Jika rumah yang kita miliki bertipe klasik tetapi kita memasukkan perabot-perabot yang modern tentu saja akan mengurangi keklasikan rumah kita.

Begitu pula dengan rumah minimalis. Rumah minimalis ini sangat disarankan untuk mengguunakan perabot yang simpel dengan ukuran kecil. Furniture dengan gaya terlalu rumit apalagi dengan ukuran besar akan membuat rumah minimalis yang kamu miliki akan terasa semakin sempit.

Tujuan dari penambahan furniture di setiap ruangan adalah untuk memperindah ruangan tersebut. Tetapi apabila furniturmu ini berukuran besar sedangkan ruangan yang kamu miliki kecil ini akan sangat tidak sesuai. Karena akan membuat ruanganmu menjadi sempit dan sumpek.

4. Tambahkan Cermin Pada Sisi Ruangan

Cermin yang identik dengan benda wajib yang harus ada di kamar terutama untuk perempuan. Tetapi selain fungsinya untuk bercermin, cermin ini memiliki fungsi lain lho. Karena cermin ini mampu memantulkan cahaya dan bayangan maka apabila cermin ini diletakkan ditempat-tempat yang sesuai mampu meberikan kesan ruangan menjadi lebih luas.

Letakkan cermin dengan ukuran yang cukup besar pada ruangan yang cukup luas dan tidak terlalu banyak furnitur. Sehingga yang terpantulkan adalah tembok tembok kosong. Sehingga dapat membuat ruangan tersebut nampak lebih luas.

Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan letakkan banyak cermin sekaligus di dalam satu ruangan. Karena bukan memberi kesan luas tetapi akan memberi kesan menyilakukan. Karena pantulan sinar dan bayangan akan memantul dari satu cermin ke cermin yang lain secara terus menerus.

5. Manfaatkan Ruangan yang Ada Dengan Baik ( Multi Fungsi Ruangan )

Rumah minimalis biasanya tidak terlalu memiliki banyak ruangan. Tetapi ada pula rumah minimalis yang memaksakan untuk bisa terbagi menjadi banyak ruangan. Yaitu dengan cara menyekat antara ruangan yang satu dengan yang lainnya.

Tetapi hal tersebut ternyata malah tidak baik lho untuk rumah minimalis. Karena semakin banyak sekat, rumah tersebut akan semakin sempit. Tentu saja hal tersebut akan memberi kesan tidak nyaman dong yaa.

Cara yang paling cocok untuk rumah minimalis adalah sediakan ruang yang cukup luas dari rumah tersebut, kemudian jadikanlah ruangan multi fungsi. Maksudnya adalah kamu dapat menggunaka ruangan tersebut untuk segala keperluan. Misalahnya ruang makan sekaligus ruang keluarga untuk menonton TV.

Kamu juga harus pandai-pandai untuk memanfaatkan sela-sela dari ruanganmu. Misalnya saja ada ruang kecil di bawah tangga dapat kamu beri rak kemudian dapt digunakan sebagai tempat untuk meletakkan sepatu. Walaupun cara ini terkesan menyelip-nyelipkan barang di ruang-ruang kosong tetapi jika dilakukan dengan benar dan rapi maka hal ini mampu efektif menghemat penggunaan ruangang lho.

Nah itu tadi tips-tips yang bisa kamu coba untuk merekayasa rumahmu agar tampak lebih luas. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan rumah minimalismu. Bisa jadi walaupun rumahmu minimaslis tetapi kenyamanannya bisa saja setara dengan rumah-rumah yang ukuranya jauh lebih besar.

Yang tidak kalah pentinya selain uttuk membuat rumahmu agar nampak lebih luas yaitu selalu perhatikan kenyamanan dan kebersihan. Karena pada dasarnya kamu juga tidak akan merasa nyaman walupun rumahmu luas tetapi tidak bersih kan.

Disinilah nilai plus juga untuk rumah minimalis. Karena kamu mampu lebih mudah untuk membersihkan setiap ruangan yang ada. Berbeda dengan rumah yang cukup besar yang memerlukan tenaga ekstra untuk dapat membersihkannya.

Jadi sekarang sudah tidak khawatir kan akan merasa sempit di rumah minimalismu? 😉

Artikel ini tentang:

cara membuat aquarium lantai, kerajinan untuk interior di trans tv

loading...