Tips Menata Kamar Kos-kosan Agar Nyaman

Tips Menata Kamar Kos ~ Kamu baru pertama kali tinggal sendirian di sebuah kost? Atau baru pindah lagi dari kost lama ke kost yang baru? Mungkin kamu salah satu orang yang sering pindah-pindah kost karena merasa tidak nyaman dengan kondisi kamarnya. Padahal bisa jadi lingkungan yang kamu pilih sudah bagus, strategis dan nyaman tapi kamu justru nggak betah dengan kondisi kamarnya. Hal itu terjadi karena kamarmu nggak bisa bikin kamu nyaman dan betah seperti saat di rumah. Bisa jadi itu karena kamu kurang memaksimalkan dalam mendekorasi kamar kostmu agar bisa membuat kamu senyaman mungkin. Ada baiknya kamu melihat lagi bentuk kamar kostmu untuk menata ulang agar terasa nyaman seperti ketika berada di rumah. Kamu bisa melihat beberapa tips berikut sebelum menata ulang kamar kostmu.

Kreasi Dinding Kamar Kos Agar Tidak Kosong
Kreasi Dinding Kamar Kos Agar Tidak Kosong
Perabotan yang sederhana untuk Kamar Kos
Perabotan yang sederhana untuk Kamar Kos
Mendekorasi dinding kamar kosan dengan wall stiker
Mendekorasi dinding kamar kosan dengan wall stiker

1. GUNAKAN PERABOTAN SESEDERHANA MUNGKIN

Namanya juga kost-kostan pasti ukuran kamarnya akan jauh lebih kecil dari kamarmu di rumah. Jadi, jangan menggunakan perabotan dengan ukuran besar seperti kasur atau spring bed, lemari baju yang besar, atau bahkan memasukan TV ukuran besar. Memasukkan perabotan dengan ukuran besar otomatis akan membuat kamarmu terasa sempit karena penuh, sehingga kamu akan merasa sesak dan pusing karena nggak ada ruang longgar untuk bergerak.

Kreasi Dinding Kamar Kos Agar Tidak Kosong
Kreasi Dinding Kamar Kos Agar Tidak Kosong
Perabotan yang sederhana untuk Kamar Kos
Perabotan yang sederhana untuk Kamar Kos
Mendekorasi dinding kamar kosan dengan wall stiker
Mendekorasi dinding kamar kosan dengan wall stiker

Ganti kasur atau spring bed mu dengan ukuran single. Pakailah perabotan dengan ukuran kecil atau setidaknya yang tidak terlalu memakan tempat kamar kostmu. Sehingga jika teman-temanmu main ke kostmu tidak akan merasa sumpek ketika berada di kamarmu.

2. DEKORASI DINDING KAMARMU DENGANWALLSTIKER ATAU WALLPAPER DINDING

Kamu nggak suka dengan warna cat tembok yang ada di kamarmu. Mau mengecat tapi rasanya malas untuk cari tukang cat, untuk mengecat sendiri pun kamu nggak sanggup. Kamu tak perlu bingung lagi, karena sekarang sudah banyak toko yang menjual wallsticker aneka motif.

Kamu bisa menggunakan wallpaper sebagai alternatif lain kalau kamu nggak suka dengan corak wallsticker.

Menggunakan wallpaper akan memudahkan mu untuk mengganti ketika bosan dengan wallpaper pilihanmu, sehingga kamu tidak perlu capek-capek untuk mengecat ulang tembok kamarmu.

3. KREASIKAN DINDING KAMARMU YANG KOSONG

Kamu bisa memanfaatkan spot yang kosong di dinding kamarmu dengan kreasi-kreasi seperti list note atau koleksi-koleksi foto-foto dari orang-orang yang terkasih. Kamu bisa menggunakan karton atau sterofoam sebagai bahan dasar untuk membuat list note pilihanmu. Dengan menggunakan list note akan membantumu mengingat semua jadwal atau tugas-tugas yang harus kamu kerjakan.

4. TIDAK MEMASUKAN TUMPUKAN KOLEKSI SEPATU KE DALAM KAMAR

Buat kamu para cewek biasanya mempunyai banyak koleksi sepatu. Ada baiknya jangan menyimpan tumpukan koleksi sepatu ke dalam kamar. Sekarang sudah banyak rak plastik serbaguna yang bisa digantungkan untuk menyimpan koleksi sepatumu. Simpan di luar dekat dengan pintu supaya kamu juga nggak kerepotan kalau mau pergi.

Beberapa tips tadi mungkin bisa menjadi pencerahan buatmu yang baru pindah kost. Hal paling penting adalah sesuaikan isi barang dengan luas kamarmu. Kalau kamu memindahkan semua barang yang ada di kamar rumahmu ke kostmu pastilah terasa sempit.

Sebagai anak kost pastinya kamu secara otomatis akan menyadari bahwa tidak semua barang-barang yang selama ini selalu ada di kamarmu bisa kamu pindahkan ke kamar kostmu, karena tidak semua barang bisa kamu gunakan selama tinggal di kost-kostan. Tapi saat di kost ada beberapa barang yang dibutuhkan selama kamu menjadi anak kost. Berikut ini barang-barang yang kamu perlukan selama kamu menjadi anak kost.

1. RICE COOKER

Kamu sebagai anak kost tentu sudah tahu kegunaan dari rice cooker. Sebagai anak kost biasanya uang bulanan atau mingguan cepat habis kalau untuk urusan makan. Menanak nasi sendiri tentu lebih menghemat uang bulanan yang kamu punya, kamu tinggal membeli sayur dan lauknya sesuai keinginanmu.

2. DISPENSER MULTIFUNGSI

Dispenser merupakan barang yang perlu kamu punya jika kamu membutuhkan air panas atau dingin sesuai keinginanmu. Untuk lebih menghemat ruang dan biaya listrik pilihlah model dispenser yang menggunakan kulkas sebagai fitur tambahan. Sekarang sudah banyak model dispenser dengan modifikasi yang seperti itu.

3. SENTER ATAU LAMPU BATRAI

Senter atau lampu batrai akan menjadi penyelamatmu jika tiba-tiba listrik di kostmu sedang mati karena cuaca buruk atau hal lainnya. Dua-duanya sekarang sudah semakin mudah digunakan, kamu tinggal charge batrai senternya sehingga itu akan menjadi lampu darurat untuk situasi yang tidak diinginkan. Jadi, jangan lupa untuk melengkapi barang yang satu ini di kamar kostmu.

4. KIPAS ANGIN

Kalau kamar kostmu belum ada fasilitas AC-nya, ada baiknya kamu menggunakan kipas angin sebagai gantinya. Apalagi cuaca di Indonesia sekarang semakin nggak tentu musimnya, kadang musim hujan tapi kadang panas terik. Dengan menggunakan kipas angin sudah bisa menyelamatkanmu dari cuaca panas yang tak tertahankan, apalagi kalau kamu baru pulang kuliah atau kerja terkena paparan sinar matahari. Duh, pasti gerah sekali ya!

5. P3K

Sebagai anak kost yang jauh dari orang tua atau mungkin juga tak ada saudara dekat di perantauan, ada baiknya kamu menyimpan cadangan obat sebagai P3K. Biasanya anak kost kalau sudah keasyikan main atau sibuk beraktivitas sampai lupa kesehatan akhirnya kecapekan kemudian sakit. Gak mungkin kan ketika kamu sakit harus nunggu mama kamu datang dulu buat merawatmu. Jadi, sediakan obat-obat seperti sakit kepala, demam, flu, maag dan juga cadangan obat luka jika sewaktu-waktu kamu terluka.

6. ALAT KEBERSIHAN

Barang yang nggak boleh kamu lupakan buat kamu yang baru pertama kali menjadi anak kost adalah alat kebersihan. Sebelum menjadi anak kost mungkin kamu belum biasa merapikan atau membersihkan k,amarmu sendiri sehingga kamu masih suka dibantu mama atau ART. Setelah menjadi anak kost, otomatis kamu harus bisa merapikan dan membersihkan kamarmu sendiri tanpa bantuan mereka lagi. Alat kebersihan yang perlu kamu punya adalah sapu, kain pel, pembersih lantai untuk kamar mandi, dan juga tempat sampah.

7. PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA DAN ALAT MAKAN

Perlengkapan rumah tangga yang dimaksud disini seperti gunting, lem, isolasi, paku payung, pisau, gunting kuku. Alat-alat itu mungkin terdengar remeh, tapi kamu wajib menyediakannya di kostmu. Selain itu, yang gak boleh terlupa adalah alat makan. Gak mungkin dong kamu nggak menyimpan alat-alat makan di kostmu. Kamu akan kesusahan untuk makan jika tak punya alat-alat makan tersebut.

8. PAYUNG

Kenapa payung menjadi salah satu barang yang juga nggak boleh dilupakan? Karena jika sewaktu-waktu kamu harus keluar mencari makan, fotocopy atau hal lainnya yang mengharuskan kamu jalan kaki sementara cuaca sedang hujan mau nggak mau kamu tetap membutuhkan payung. Menunggu cuaca cerah itu bukan solusi jitu, karena kamu bukan peramal cuaca yang akan tahu kapan hujan datang dan berhenti. So, sudah siap menjadi anak kost yang mandiri dan membuat kamarmu menjadi lebih nyaman lagi? Semoga beberapa tips tadi dapat membantumu.

loading...