Tips Jitu Menata Lemari Pakaian Anak

Tips Jitu Menata Lemari Pakaian Anak – Pakaian anak biasanya berada di lemari yang terpisah  dengan pakaian orang tua.  Jika anak punya kamar sendiri, maka lemari pakaian itu juga berada di kamar tersebut. Anak-anak akan belajar mengambil pakaian mereka sendiri. Tentu itu dilakukan agar mereka bisa mulai mandiri.

isi lemari anak
isi lemari anak
anak ganti baju
anak ganti baju
lemari anak custom dengan label yang unik
lemari anak custom dengan label yang unik

Tapi apakah anak-anak bisa  menjaga agar lemari pakaiannya tetap rapi? Biasanya tidak. Apalagi jika anak laki-laki.  Ketika mereka sudah mulai merengek kesulitan mencari baju sekolah, maka sudah bisa diduga, isi lemari pasti berantakan! Itulah saatnya bagi anda untuk kembali merapikan lemari pakaian anak.

isi lemari anak
isi lemari anak
lemari anak custom dengan label yang unik
lemari anak custom dengan label yang unik
anak ganti baju
anak ganti baju

Agar selalu terjaga kerapiannya, lemari anak sebaiknya ditata secara rutin. Paling tidak setiap minggu harus dicek apakah susunan pakaian yang dilipat masih rapi dan berada pada tumpukan yang sesuai. Ini bukan pekerjaan yang mudah karena seringnya anak-anak memiliki banyak pakaian dan asesoris  yang tersimpan di lemari.

Supaya tidak terlalu pusing dalam menata lemari pakaian  anak, berikut ini tips yang bisa anda lakukan:

Kelompokkan Pakaian Sesuai Dengan Jenis dan Fungsi

Pertama-tama, buatlah pengelompokan pada jenis-jenis benda yang ada di lemari.  Pisahkan pada satu kelompok jenis pakaian untuk ‘atasan’ dan kelompok lain untuk ‘bawahan’. Kelompok ‘atasan’ terdiri atas kemeja, kaos dan jaket. Kelompok ‘bawahan’ terdiri atas jeans, celana pendek, dan legging. Kelompokkan pula benda-benda selain pakaian seperti kaos kaki, topi, sapu tangan dan sepatu.

Kemudian untuk kelompok pakaian, buatlah pemisahan tumpukan pada pakaian berdasarkan fungsi. Misalnya kelompok pakaian untuk bepergian dan untuk bermain atau dipakai sehari-hari. Jika setiap pakaian  sudah berada dalam kelompoknya masing-masing maka anak-anak akan dapat dengan mudah menemukannya.

Pemisahan Posisi Penyimpanan

Buatlah pemisahan pada masing-masing kelompok jenis pakaian. Untuk pakaian bermain, tempatkan saja di  bagian paling bawah sehingga anak dapat menjangkaunya dengan mudah.

Untuk bagian rak yang paling atas bisa ditempati benda-benda yang jarang digunakan seperti sprei, selimut dan jaket tebal. Khusus untuk pakaia dalam, akan lebih baik jika anda menyimpannya di dalam laci yang tertutup.

Pertahankan posisi penyimpanan ini secara baku. Ini agar anak-anak bisa hapal pada tempat dimana dia harus mengambil pakaian yang dibutuhkan.

Buat Lemari Custom Khusus untuk Anak

Jika memungkinkan, akan lebih baik apabila lemari pakaian anak dibuat secara khusus. Ini karena setiap anak kadang memiliki benda-benda khusus yang harus disimpan seperti mainan dan koleksi yang lain.

Sebelum lemari itu dibuat, anda harus membuat daftar semua benda yang akan disimpan di lemari. Jika anak anda ingin menyimpan mainan mereka di lemari maka tempatkan pada posisi yang paling mudah dijangkau.

Ada banyak pilihan model lemari yang bisa anda buat. Anda bisa membuatnya sebagai lemari yang tertutup atau lemari terbuka. Pilihan ini biasanya ditentukan oleh jenis barang yang akan disimpan. Tapi jika anda ingin kamar anak anda selalu terlihat rapi maka lemari tertutup adalah pilihan yang ideal. Paling tidak masih terlihat rapi dari luar meskipun anak anda sudah membuat berantakan kembali isi lemari.

Tambahkan Wewangian di Dalam Lemari

Agar pakaian anak anda selalu harum dan tidak rusak oleh karena semut dan serangga, pasanglah kamper anti serangga didalam lemari. Pilihlah jenis kamper yang aman dan wanginya disuka oleh anak.

Itulah tips menata lemari pakaian anak yang bisa kita terapkan pada rumah kita. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Terima kasih.

loading...