Tips Menata Ulang Interior Apartemen Dengan Budget Terbatas

Tips Re-Design Interior Apartment ~ Apa saja yang harus diprioritaskan dalam menata ulang desain interior apartemen dengan budget terbatas? Gaya hidup modern yang serba praktis membuat tinggal di apartemen kini sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi yang memiliki pekerjaan dan aktivitas di tengah kota. Untuk mendukung kenyamanan saat berhuni di apartemen tentu dibutuhkan tatanan interior yang bagus.

desain apartemen dengan budget terbatas
desain apartemen dengan budget terbatas
tips menata apartemen dengan budget terbatas
tips menata apartemen dengan budget terbatas

Seringkali yang menjadi kendala dalam menghadirkan tatanan interior apartemen adalah masalah budget. Memang tidak mudah dan tidak murah untuk mendandani interior apartemen mengingat keterbatasan ruang yang ada namun harus bisa mengakomodir banyak fungsi. Sebelum mendandani interior apartemen, sebaiknya kita juga memikirkan aspek jangka panjangnya. Apakah unit apartemen ini nantinya akan ditinggali sendiri atau akan disewakan? Jika ditinggali sendiri, anda bebas menata dan mendekorasi interior sesuai dengan selera pribadi, namun jika sebaliknya, sebaiknya kita memilih desain yang bersifat “aman” dan laku untuk disewakan atau dijual. Kuncinya, pilih desain ruangan yang simpel dan praktis, jauh dari kesan ruwet.

tips menata apartemen dengan budget terbatas
tips menata apartemen dengan budget terbatas
desain apartemen dengan budget terbatas
desain apartemen dengan budget terbatas

Saat serah terima unit, biasanya kondisi interior belum siap huni. Agar nyaman untuk ditinggali, memang dibutuhkan penataan dan dekorasi khusus. Berbeda dengan rumah biasa, interior apartemen biasanya didominasi furnitur yang di-customized yang menyesuaikan dengan besarnya ruangan. Unsur estetika juga lebih diutamakan, misalnya pemakaian wallpaper dan cermin, pencahayaan tambahan, hingga penggunaan lantai yang berbeda.

Namun, semuanya tentu kembali ke budget yang tersedia. Jika memang budget terbatas, ada baiknya kita menata interior apartemen secara bertahap.

Menata interior apartemen bisa dilakukan dalam beberapa cara. Jika keuangan terbatas, fokuskan hanya pada ruang-ruang tertentu saja. Kuncinya adalah prioritaskan hal-hal yang paling penting dan dibutuhkan.

  • Plafond
    Tentukan dari awal, apakah plafon yang sudah ada akan direnovasi, misalnya dengan drop ceiling dan hidden lighting? Pekerjaan renovasi plafon cukup memakan waktu dan tentunya membuat ruangan kotor. Jadi sebaiknya dilakukan sebelum unit ditempati
  • Lantai
    Jika kurang puas dengan material lantai yang sudah ada, anda bisa membongkarnya sejak awal
  • Pekerjaan AC
    Beberapa apartemen menempatkan AC di tempat yang kurang strategis. Pastikan anda mengeceknya dahulu dan apabila memang sirkulasi AC tidak menjangkau seluruh ruangan, segeralah merombaknya kembali
  • Kitchen Set
    Apabila anda atau pasangan anda orang yang senang memasak, utamakan furnished di area dapur, mengingat fungsinya sebagai area memasak dan penyimpanan lebih banyak dibutuhkan
  • Panel, wall treatment
    Keberadaan panel dinding memang akan mengisi ruang dan membuatnya menjadi cantik. Mesi bukan yang utama, namum proses pemasangan panel secara menyeluruh pada unit apartemen tentu akan membuat penghuni merasa kurang nyaman. Jadi sejak awal bisa diputuskan, apakah interior apartemen anda akan dihiasi panel atau tidak. Jika pilihannya adalah wallpaper, proses pemasangan bisa dilakukan belakangan, karena tidak terlalu membuat ruangan kotor.

BACA JUGA: Desain Interior Efisien Untuk Apartemen Kecil

  • Loose furniture
    Sambil menunggu budget terkumpul, anda bisa menggunakan koleksi barang-barang anda yang lama untuk ruang-ruang yang lain. Manfaatkan loose furniture seperti ranjang, meja makan, stool, dan side table. Jika budget sudah terkumpul, anda bisa mencicil untuk perabotan di ruang-ruang yang lainnya.

Artikel ini tentang:

cara membuat kamar dari tripleks kecil dan unik, cara membuat meja belajar

loading...