Tips Mendesain Taman Hias Rumah Idaman

Tips mendesain taman hias rumah idaman – Salah satu cara untuk menghadirkan keindahan di sekitar rumah adalah dengan menghadirkan sebuah taman. Mendesain taman yang indah itu ternyata tidaklah terlalu sulit, hanya dibutuhkan imajinasi yang sesuai dengan selera serta informasi dan contoh-contoh yang cukup tentang bagaimana tips-tips membuatnya. Namun sebagian orang masih bingung tentang bagaimana membuat sebuah taman yang indah di sekitar rumah. Dalam menghadirkan sebuah taman hias idaman tentunya diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan, Diantaranya luas taman atau ruang taman, tata letak taman, konsep taman, jenis tanaman dan drainase atau saluran air. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

taman mungil minimalis
taman mungil minimalis
tips mendesain taman hias
tips mendesain taman hias
tips desain taman minimalis rumah bagian depan
tips desain taman minimalis rumah bagian depan

Agar lebih jelas berikut di atas kami hadirkan beberapa contoh gambar taman hias idaman.

tips desain taman minimalis rumah bagian depan
tips desain taman minimalis rumah bagian depan
taman mungil minimalis
taman mungil minimalis
tips mendesain taman hias
tips mendesain taman hias
  • Perhitungkan luas area lahan yang anda punya

Luas area merupakan satu hal yang mendasar sebelum membangun taman. Luas area akan sangat berpengaruh pada desain taman dan pemilihan jenis tanaman. Jika anda memiliki area yang cukup luas, maka anda dapat menempatkan banyak tanaman maupun hiasan.

Memiliki ruang taman yang luas dapat memberi beberapa keuntungan diantaranya dapat dijadikan tempat berkumpul-kumpul dengan keluarga ataupun tempat bermain anak-anak yang sangat menyenangkan.

Nah untuk anda yang hanya memiliki area yang sempit, anda tidak perlu khawatir, meskipun lahan yang anda punya sempit, anda tetap dapat membangun taman minimalis. Untuk taman minimalis anda dianjurkan untuk tidak meletakan banyak tanaman pada ruang taman anda, hal tersebut hanya akan membuat kesan semakin sempit pada taman anda. Jadi sebaiknya pilihlah tanaman-tanaman yang berukuran kecil saja .

  • Perhatikan tata letak taman

Tata letak taman sangatlah bergantung pada sisa luas area rumah, jka area lahan yang tersisa di samping maka buatlah taman di samping rumah, jika sisa luas area ada di depan atau belakang rumah, maka buatlah taman di depan atau belakang rumah.

  • Pilih tema taman yang seirama dengan tema rumah

Untuk tema banyak terdapat bermacam-macam tema taman diantaranya tema minimalis modern atau tema minimalis saja, tema klasik, tema tropis, tema tradisional, dll. Pada dasarnya semua tema taman dapat diaplikasikan diarea luas maupun sempit, semuanya tergantung tata letak serta jenis tanaman yang akan ditanam. Dengan memperhatikan dua hal tersebut, maka tema taman yang akan anda buat akan terasa semakin mudah untuk diterapkan pada sekitar rumah anda.

  • Pilihlah tanaman yang bagus

Pemilihan tanaman merupakan hal penting dalam mendesain taman, karena tanaman inilah yang nantinya akan mengisi dan menghiasi taman rumah anda. Janganlah meletakkan banyak tanaman jika area yang anda miliki sempit. Tanaman yang sehat dan bermanfaat merupakan tanaman yang tepat untuk taman anda. Anda dapat mengkombinasikan bunga dan sayuran untuk mengisi taman anda, sehingga anda tidak bosan melihat bunga saja di taman anda, dan sayuran dapat menjadi tampilan yang berbeda dan menarik serta memberikan manfaat bagi anda.

  • Perhatikan drainase (saluran air)

Fungsi drainase adalah untuk mengatur serta menyerap air agar tidak menggenang dan banjir. Jika drainase bagus, maka tanaman pada taman anda akan tumbuh dengan baik dan subur.

Itulah tadi beberapa tips desain serta contoh gambar taman idaman yang dapat kami hadirkan, semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam pembuatan taman idaman rumah minimalis. Terima kasih atas kunjungan anda, sekian dan terima kasih.

 

loading...