Tips Merawat Bak Cuci Piring Agar Tetap Bersih

Tips Merawat Bak Cuci Piring (Kitchen Sink) Agar Tetap Bersih – Tempat apakah yang paling kotor di rumah anda? Banyak orang yang berpikir bahwa toilet adalah tempat terkotor di dalam rumah. Benarkan demikian? Bukan, ternyata pendapat umum itu salah.  Nah ternyata yang menjadi tempat terkotor di dalam rumah adalah bak cuci piring atau kitchen sink.  Pada bak cuci piring terdapat berbagai macam bakteri dan sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan keluarga anda.

keringkan dengan serbet
keringkan dengan serbet
kitchen sink bersih   dapur idaman bersih sehat
kitchen sink bersih dapur idaman bersih sehat
membersihkan sink (bak cuci piring) pada dapur
membersihkan sink (bak cuci piring) pada dapur

Coba anda pikir, dalam sepanjang hari apa yang sudah anda masukkan ke dalam bak cuci piring (kitchen sink)? Setiap hari anda mencuci piring kotor. Tapi bukan hanya itu saja. Ketika memasak anda juga harus mencuci buah dan sayur yang mengandung banyak kotoran dan kuman selama berada di pasar. Belum lagi kotoran dari ikan dan daging sebelum anda olah.

membersihkan sink (bak cuci piring) pada dapur
membersihkan sink (bak cuci piring) pada dapur
kitchen sink bersih   dapur idaman bersih sehat
kitchen sink bersih dapur idaman bersih sehat
keringkan dengan serbet
keringkan dengan serbet

Sebuah penelititan pernah dilakukan di Universitas of Arizona. Dalam penelitian ini, Dr Chuck Gerba telah membuktikan bahwa pada kitchen sink atau bak cuci piring terdapat bakteri dalam jumlah 100.000 per sentimeter persegi.  Didalamnya termasuk bakteri berbahaya yang sering merugikan kesehatan manusia seperti samolnella dan E. Coli. Cukup mengejutkan ketika ditemukan pula bahwa bakteri di toilet hanya 50 per inc persegi. Masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kitchen sink.

Fakta ini perlu menjadi perhatian serius karena kitchen sink adalah bagian penting dari rumah kita. Coba perhatikan anak-anak anda di rumah. Jika mereka sering sakit-sakitan dalam hal pencernaan maka besar kemungkinan  masalah kebersihan kitchen sink adalah penyebabnya. Oleh karena itu kita harus berupaya agar bakteri di tempat tersebut bisa diminimalisir. Dengan demikian keluarga kita bisa aman dari bahaya kesehatan yang mengancam. Bagaimana cara menjaga kebersihan bak cuci piring? Mari kita ulas disini.

Jaga Kebersihkan Sink Setiap Hari

Setelah anda selesai mencuci piring atau menggunakan sink, bersihkanlah bak cuci dengan mengunakan cairan pencuci piring. Setelah itu siramlah dengan air hangat.  Bersihkan permukaan bak cuci dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring. Gunakan kain, sikat penggosok, atau serbet untuk menggosok permukaan sink. Kemudian bilaslah dengan air mengalir dari kran. Jangan lupa mencuci kain atau penggosok sink tadi agar bersih kembali.

Keringkan Sink dengan Serbet

Setelah selesai dibersihkan, keringkanlah permukaan sink dengan serbet. Usahakan agar area sink selalu terjaga dalam keadaan bersih dan kering setelah selesai digunakan.  Hal ini untuk menghambat pertumbuhan kuman penyakit dan bakteri karena mereka lebih mudah tumbuh di tempat yang basah.

Jaga selalu Kebersihan Keran

Bukan hanya sink, keran juga perlu dibersihkan. Kita tentu sering menyentuh keran saat mencuci piring. Besar kemungkinan bakteri juga tumbuh di permukaan keran. Itu bisa kelihatan jika keran pencuci anda sudah terlihat kotor dan berlumut. Untuk menjaganya selalu bersih, gunakanlah air hangat untuk membasuh kran. Bersihkan pula dengan cairan pencuci piring seperti yang anda lakukan pada sink tadi.

Artikel ini tentang:

Gambar nyucian bak piring dan cara memasangnya, westafel cucian piring

loading...