Trik Memaksimalkan Ruangan Menjadi Tempat Penyimpanan Barang

Trik Memaksimalkan Ruangan Menjadi Tempat Penyimpanan BarangRumah yang minimalis telah menjadi pilihan banyak masyarakat. Pasalnya, selain tidak membutuhkan tanah yang luas, rumah yang minimalis pun telah menjadi trend dengan berbagai desain yang menarik. Berhubung ukuran ruangannya yang sempit, tempat untuk lemari pun akan terbatas. Banyaknya barang yang dimiliki kadang tak bisa ditampung oleh lemari-lemari tersebut. Bukan hanya untuk rumah minimalis, rumah besar pun bisa saja kehabisan tempat penyimpanan barang. Jangan bingung dan panik dulu, Anda bisa lebih memaksimalkan ruangan yang ada sebagai barang penyimpanan. Simak trik memaksimalkan ruangan menjadi tempat penyimpanan barang berikut ini.

multifungsi furniture tempat tidur lipat dinding
multifungsi furniture tempat tidur lipat dinding
ruangan kosong dibuat rak buku
ruangan kosong dibuat rak buku
multifungsi sofa atau kursi
multifungsi sofa atau kursi
  1. Memanfaatkan Ruang Kosong Menjadi Rak Buku

Apakah Anda suka membaca dan mengoleksi banyak buku? Anda mungkin sudah atau akan memiliki masalah dengan ruang penyimpanan mengingat semakin bertambahnya koleksi Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat rak buku yang langsung bersandar ke dinding. Selain itu, Anda juga bisa membuat rak buku sebagai pemisah ruangan satu dengan yang lainnya. Selain bermanfaat sebagai langkah dalam memaksimalkan ruangan, desain rumah Anda pun akan terlihat lebih unik.

multifungsi sofa atau kursi
multifungsi sofa atau kursi
multifungsi furniture tempat tidur lipat dinding
multifungsi furniture tempat tidur lipat dinding
ruangan kosong dibuat rak buku
ruangan kosong dibuat rak buku
  1. Menggunakan Rak Gantung Sebagai Tempat Penyimpanan Sepatu

Rak atau lemari penyimpanan sepatu tentu memakan spasi pada rumah kita. Terlebih lagi jika memang kita sudah memilikinya namun tidak muat untuk sepatu-sepatu lainnya. Maka, Anda dapat memilih rak gantung yang menempel pad dinding untuk menyimpan sepatu. Rak sepatu gantung ini bisa kalian letakkan di dinding atau di belakang pintu sehingga lebih maksimal.

  1. Menggunakan Ruangan di Bawah Tangga

Pemaksimalan ruangan yang tak kalah efektif lainnya ialah menggunakan ruangan di bawah tangga sebagai ruang penyimpanan barang. Anda bisa memilih sendiri barang apa yang cocok dan kekurangan tempat untuk ditempatkan di bawah tangga ini. Tentu saja ide yang satu ini khusus untuk Anda yang mempunyai rumah bertingkat dua.

  1. Menempatkan Dinding ke Televisi

Lemari TV dengan segala aksesorisnya tentu sangat memakan tempat di rumah minimalis Anda. Lebih baik Anda memanfaatkan dinding sebagai tempat untuk televisi. Ruangan besar pun bisa saja menempatkan TV ini di dinding, karena dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih luas dan rapi.

  1. Memaksimalkan Sudut Sempit

Beberapa rumah bahkan hampir setiap rumah memiliki sudut atau ruangan sempit. Sudut sempit ini umumnya ada di sekitar jendela-jendela rumah. Nah, sudut-sedut sempit ini bisa Anda manfaatkan untuk penyimpanan barang. Misalnya saja Anda bisa menambahkan perabotan multifungsi seperti sofa atau kursi. Pastikan Anda bisa memanfaatkan bagian bawahnya sebagai laci atau pun lemari kecil untuk menimpan barang-barang yang tidak muat lagi di lemari Anda.

  1. Maksimalkan Ruangan Kolong Tempat Tidur

Untuk trik nomor 6 ini, sebenarnya Anda perlu mengganti atau sejak awal, belilah tempat tidur yang dilengkapi dengan laci penyimpanan. Memiliki tempat tidur seperti ini akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan ruangan rumah minimalis Anda untuk penyimpanan barang. Namun jika tempat tidur Anda masih menggunakan ranjang biasa, Anda masih bisa kok menyimpan barang di sana dan menatanya dengan rapi.

  1. Maksimalkan Koridor Rumah Sebagai Ruang Penyimpan Pakaian

Tempat tidur yang kecil kadang tidak lagi cukup untuk lemari baru sebagai tempat pakaian Anda yang semakin banyak. Anda bisa memanfaatkan koridor di dekat kamar sebagai tempat untuk lemari.

  1. Menggunakan Rak Sepeda

Sepeda dan alat transportasi lainnya tentu membutuhkan tempat penyimpanan seperti garasi. Untuk menghemat tempat, Anda bisa memanfaatkan dinding rumah Anda saja sebagai tempat penyimpanan sepeda. Selain hemat tempat, sepeda yang diletakkan di rak ini menambah kesan artistik tersendiri.

  1. Memakai Kursi Multifungsi

Sama halnya dengan tempat tidur yang kita bahas tadi, kursi dan sofa yang sekaligus sebagai tempat penyimpanan pun telah banyak dijual dan dipakai. Kursi atau sofa ini biasanya bisa dibuka pada bagian bantalnya. Anda bisa menyimpan barang sesuai dengan keinginan Anda di sini.

  1. Gunakan Pengait di Bawah Rak Dapur

Bagi Anda yang memiliki dapur sempit, Anda bisa memaksimalkannya dengan mengombinasikan rak dengan pengait di bawahnya. Hal yang terlihat sepele ini ternyata sangat mampu menghemat ruangan Anda.

Demikianlah beberapa trik memaksimalkan ruangan menjadi tempat penyimpanan barang yang paling umum dan patut Anda coba. Pemaksimalan barang ini mencetus berbagai ide menarik yang kemudian membuat ruangan lebih baik dan menjadi trend tersendiri. Selamat mencoba.

loading...