Warna yang Tepat untuk Interior Rumah Anda

Memilih Warna Cat Untuk Interior Rumah – Ketika anda sedang membangun rumah dan tiba saatnya untuk pengecatan, anda akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan: Kira-kira biar bagus mau dikasih warna apa ya?

samakan dengan warna pakaian
samakan dengan warna pakaian
tips memilih warna interior   bingung mau diwarna apa
tips memilih warna interior bingung mau diwarna apa
tips memilih warna interior   ekspresikan gaya warnamu
tips memilih warna interior ekspresikan gaya warnamu

Kemudian mungkin anda sudah punya gambaran, mau di cat warna apa. Tapi ketika sudah sampai di toko cat anda kembali bingung karena disajikan segepok (baca: banyak) katalog warna yang sepertinya bagus-bagus. Wah jadi bingung lagi deh…

tips memilih warna interior   ekspresikan gaya warnamu
tips memilih warna interior ekspresikan gaya warnamu
tips memilih warna interior   bingung mau diwarna apa
tips memilih warna interior bingung mau diwarna apa
samakan dengan warna pakaian
samakan dengan warna pakaian

Menentukan warna kadang memang gampang-gampang susah. Keinginannya bisa berekspresi dengan banyak warna yang bagus-bagus seperti di katalog, tapi kemudian ragu, bagaimana jika nanti terlalu ramai? Bagaimana jika nanti tidak cocok dengan perabotnya? Ujung-ujungnya banyak orang yang memilih warna aman saja. Putih atau krem. Tidak salah sih. Tapi kalau saja anda sudah mengerti rahasia dalam memilih warna, pasti hasilnya akan lebih optimal.

Adalah Mark McCauley , seorang desainer yang cukup ternama menulis sebuah buku berjudul : Color Therapy at Home: Real Life Solutions for Adding Color to Your Life. Pada buku ini anda akan mendapatkan saran yang cukup menarik dalam memilih warna yang tepat untuk interior rumah. Berikut ini tipsnya untuk memilih warna yang tepat interior rumah.

Pergantian Warna Dari Gelap Menuju Terang Secara Vertikal

Prinsip pemilihan warna ini menggunakan ide yang diambil dari alam sekitar kita dengan memberikan warna gelap pada lantai,  medium pada dinding dan terang pada langit-langit. McCauley menyebutkan bahwa cara ini  akan menghasilkan tampilan warna yang menarik namun tidak beresiko karena bersumber dari alam sendiri.  Warna yang gelap di bawah diidentikkan dengan bumi, warna medium merupakan kiasan dari warna sekitar seperti pepohonan sedang warna yang paling terang adalah kiasan dari langit.

Jadikan Warna Pakaian Anda Sebagai Patokan

Jika anda hendak membeli pakaian tentu ingin yang terbaik. Anda akan memilih pakaian dengan warna yang sesuai dengan selera anda. Begitu pula saat memilih warna untuk interior rumah. Anda harus menggunakan “feeling” anda seperti saat memilih warna untuk pakaian. Misalnya anda tidak suka dengan baju yang berwarna kuning, maka jangan membeli sofa yang berwarna kuning. Permasalahan warna itu nantinya akan membuat anda merasa tidak yaman.

Gunakan Rumus 60-30-10 Dalam Memadu Warna

Ada sebuah rumus praktis yang  diajarkan oleh Mark McCauley dalam menyusun komposisi warna. Gunakan rumus 60% pada warna dominan, 30% pada warna sekunder dan sisanya 10% pada warna aksen.  Ini tentu menjadi rumus menarik ketika hendak memilih warna pada sebuah ruang atau tampilan fasad rumah.

Pada warna ruang secara umum yang melibatkan komponen perabot didalamnya , prinsip ini juga bisa diterapkan untuk mencapai harmonisasi.  Dinding merupakan bagian terbanyak dengan warna primer, furnitur menjadi elemen berwarna sekunder, sedangkan asesoris dan pajangan yang lain menjadi elemen berwarna aksen.

Ekspresikan Gaya Personal Anda

Inilah gaya pewarnaan yang menunjukkan eksistensi anda. Anda tidak harus mengikuti gaya orang lain dan orang lain juga tidak harus mengikuti gaya anda. Warna apapun yang anda sukai dan membuat anda nyaman, sah-sah saya untuk diterapkan. Ketika warna itu telah menjadi favorit, maka akan tetap membuat nyaman dan menarik bagi anda.

 

Artikel ini tentang:

membuat meja di kamar dari pipa paralon yang keren, dinding warna hijau lalu jam dinding warna apa, spidol khusus tembok

loading...