sikap positif di dalam rumah
sikap positif di dalam rumah

10 Tips Tingkatkan Pikiran Positif di Dalam Rumah

Posted on

Pikiran Positif itu merupakan hal penting yang mesti dilatih dan didapatkan seseorang di semua lingkungan termasuk di dalam rumah. Dengan memiliki pikiran positif, kita mampu berpikir jernih dalam setiap tindakan dan sikap yang akan kita lakukan.

sikap positif di dalam rumah
sikap positif di dalam rumah

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk meningkatkan pikiran positif

  1. Bersyukur
    Bersyukur merupakan aspek penting kita dalam mensikapi setiap kondisi kita termasuk di dalam kehidupan di dalam rumah. Setiap anggota keluarga harus selalu bersyukur atas apa yang dimiliki dan diberikan oleh masing-masing anggota keluarga. Dengan hal ini kita dapat memiliki sikap positif.
  2. Memilih Teman yang Baik (Supportif) tidak Negatif Thinking
    Memilih pergaulan teman akan berdampak pada pikiran dan tindakan kita termasuk di dalam bersosial di rumah. Dampak pergaulan di luar dapat mempengaruhi juga terhadap kehidupan di dalam rumah. Maka, sebaiknya kita harus selektif dalam memilih teman yang dekat. Bukan berarti kita membatasi pertemanan, namun kita harus pintar memilih mana yang dijadikan teman dekat yang mampu mengubah sikap kita menjadi orang yang lebih positif maupun mana teman yang biasa saja.
  3. Hilangkan Drama
    Sering menonton film drama jangan mempengaruhi juga drama dalam kehidupan kita termasuk kehidupan di dalam rumah. Hal ini sangat tidak bermanfaat berlarut dalam drama di dalam mensikapi masalah yang ada. Berpikir positif lah dana jangan berlebay dan berdrama.
  4. Ambil Tanggung Jawab
    Salah satu poin dalam menumbuhkan sikap positif, adalah tanggung jawab. Maka di dalam rumah, setiap anggota hendaknya memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing yang sudah ditetapkan maupun dimusyawarahkan.
  5. Usahakan BISA dengan Mencoba Lebih Kera
    Biasanya kita selalu terpatri dalam kondisi tertentu bahwa hal tersebut mustahil dan gak mungkin padahal belum kita coba. Nah hapuslah Sikap tersebut dan cobalah dengan lebih keras. Hasil akhirnya sukses maupun gagal adalah tidak masalah.
  6. Berbuat Baik
    Perbuatan baik mampu menumbuhkan sikap positif kita dalam setiap keadaan. Maka itu, berbuat baiklah kepada siapapun termasuk di dalam anggota rumah.
  7. Ambil sisi baiknya
    Di dalam setiap orang memiliki sisi baik dan buruknya. Namun, bukan berarti kita membenci orang tersebut karena sisi buruknya. Kita harus berpikir positif dengan orang tersebut dengan melihat sisi baik orang tersebut, jangan-jangan terdapat banyak sisi baiknya dibandingkan sisi buruknya. Begitu juga hal ini dapat diterapkan di dalam kehidupan rumah tangga. Sikap terhadap pasangan maupun anak.
  8. Istirahat
    Istirahat sangat penting kita ambil jika sudah jenuh dengan keadaan.
  9. Tentukan Tujuan
    Tujuan mesti diprioritaskan di dalam segala aspek kehidupan, termasuk di dalam rumah tangga.
  10. Tersenyum/Tertawa.