Home » 7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas

7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas

  • by
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas3

Membangun sebuah hunian bergaya Jepang, sangatlah pas diterapkan di Indonesia, mengapa demikian? Rumah jepang merupakan rumah yang memiliki sifat luas, seimbang, bersih dan rapih, itu semua terlihat dari pengunaan barang-barang yang tidak berlebihan, fungsionalis dan mengindahkan kenyamanan.

7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas3
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas3

Ciri khas yang terlihat dari rumah Jepang ini adalah atapnya yang lebar berbentuk jajar genjang. Rumah ini tampak dari luar menimbulkan efek misterius karena seluruh bangunan tertutup. Meski demikian, jika masuk kebagian dalam kita bisa melihat area rumah yang sudah sangat luas karena pengaturan tata letak yang sangat diperhatikan dan tidak lupa akan area taman kecil yang selalu hadir dalam rumah khas Jepang.

READ  Menata Interior Ruang Tamu Bergaya Jepang Yang Menawan
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas1
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas1

Berikut ini merupakan keseluruhan Desain Rumah Jepang modern:

  • Setelah kita masuk kedalam rumah sesuai adat Jepang, kita diwajibkan melepas sepatu di sebuah tempat yang disebut dengan tatami dan bagian lantai rumah agak sedikit lebih tinggi dari tempat kita melepas sepatu.
  • Sistem pintu yang digunakan adalah digeser kesamping, bukan seperti rumah kebanyakan di Indonesia yang memakan banyak tempat dengan cara ditarik atau didorong.
  • Rumah ini juga menggunakan marmer/keramik dan menambahkan lantai yang terbuat dari kayu yang dihaluskan untuk menimbulkan kesan tradisionalnya.
  • Dalam mengatur tata letak ruangan, Desain Rumah Jepang sangat mengoptimalkan sudut ruangan yang terbuka agar cahaya dan udara bisa mengalir bebas di rumah.
  • Didalam rumah juga banyak terdapat karya seni, misalnya seperti bunga yang dirangkai dan diawetkan dalam bahasa Jepang disebut Ikebana. Rumah di Jepang juga biasanya memiliki semacam foyer di Jepang disebut genkan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti ikebana tadi.
  • Pengunaan furnitur lebih kompleks dan sudah mulai terbuat dari besi seperti kebanyakan rumah modern lainnya.
  • Yang paling penting dari rumah Jepang ini karena adanya area terbuka hijau sebagai penyejuk rumah, biasanya disini juga terdapat balkon yang dapat digunakan keluarga untuk bersantai
READ  3 Tips Mencegah Rumah Kebanjiran
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas2
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas2

Desain Rumah Jepang modern sangat diminati oleh masyarakat yang ingin tempat tinggalnya yang nyaman dan ingin berlama-lama berada dirumah setelah melepas penat seharian beraktivitas diluar rumah, karena adat Jepang yang menjunjung tinggi akan nilai kebersihannya.

7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas5
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas5

Menariknya pada saat malam hari rumah akan semakin nyaman karena pencahayaan yang diatur sedemikian baik sehingga meimbulkan efek menyenangkan dan karena tata letak ruangan yang diatur agar menciptakan kondisi rumah yang luas maka udara akan mengalir dengan baik. Area terbuka hijau yang berada di dalam rumah juga sangat perlu diperhatikan letaknya agar dapat dimaksimalkan oleh penghuni.

7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas4
7 Hal Dibalik Desain Rumah Jepang Yang Khas4

Kebersihan, keseimbangan dan kenyaman yang diberikan dari Desain Rumah Jepang ini sangat identik dengan keinginan masyarakat Indonesia yang meninginkan mempunyai rumah seperti demikian. Maka dari itu pilihan barang-barang, tata letak dan area terbuka haruslah sesuai agar rumah nyaman ditinggali.

READ  Dekorasi Dapur Kombinasi Warna Abu dan Coklat
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *