Home » Beragam Manfaat Mezzanine Dan Perhatikan Hal Ini Saat Membuatnya

Beragam Manfaat Mezzanine Dan Perhatikan Hal Ini Saat Membuatnya

  • by

Di zaman modern ini, tempat tinggal pun semakin dibuat sepraktis mungkin oleh para penghuninya. Salah satu desain rumah yang populer dan kekinian adalah mezzanine dengan tinggi ideal rumah mezzanine yang harus diperhatikan dengan baik. Mezzanine ini sendiri adalah sebagai solusi untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa harus menambahkan lantai lagi di bangunan tersebut.

Bahkan dengan membuat mezzanine, rumah Anda akan tampak lebih unik, menarik, dan pastinya nyaman. Bahkan hal ini lebih simpel daripada Anda harus menambahkan satu lantai lagi.

Lebih Dekat Dengan Mezzanine

Belum semua orang memahami apa itu mezzanine. Mezzanine lebih mirip seperti balkon yang dibuat di dalam ruangan atau memberikan lantai tambahan di dalam rumah Anda. Untuk ukurannya pun tidak seluas seperti memberikan lantai dua pada rumah.

Mezzanine hanya dibuat sekitar sepertiga dari luas ruangan saja. Mezzanine ini pun bisa difungsikan untuk berbagai hal. Bisa sebagai gudang maupun ruang-ruang tertentu di rumah maupun apartemen.

Manfaat Memiliki Mezzanine

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan bagian langit-langit yang tinggi, maka cocok sekali untuk dibuat mezzanine di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat jika memiliki mezzanine.

  1. Dijadikan Sebagai Kamar Tidur
Dekorasi Mezzanine untuk rumah
Dekorasi Mezzanine untuk rumah minimalis

Untuk memaksimalkan penggunaan ruangan yang terbatas, namun tidak membuat sempit, maka mezzanine inilah solusinya. Anda bisa membuat mezzanine sebagai kamar tidur. Lalu di bagian bawahnya Anda bisa menjadikan sebagai ruang dapur dan meletakkan meja makan. Cara seperti sangat ampuh untuk menghemat ruangan tanpa harus mengurangi kenyamanan.

  1. Dijadikan Sebagai Perpustakaan

Pecinta buku tentu ingin agar tempat tinggalnya memiliki ruang tersendiri yang khusus berisi buku-buku. Lalu, bagaimana jika tempat tinggal Anda tergolong sempit? Jangan khawatir, karena Anda bisa membuat mezzanine dengan ukuran tertentu. Di mezzanine itulah Anda bisa meletakkan beragam koleksi buku sekaligus sebagai tempat asyik untuk me time bersama buku-buku.

READ  Desain Teras Balkon Apartemen Untuk Penghijauan Agar Udara Tetap Sejuk
konsep mezzanine untuk perpustakaan
konsep mezzanine untuk perpustakaan
  1. Dijadikan Sebagai Ruang Kerja

Bagi Anda yang lebih sering bekerja di rumah, seperti sebagai content creator maupun content writing, maka membuat mezzanine akan sangat cocok. Anda bisa memiliki ruang kerja sendiri yang nyaman tanpa harus ribet menambah bangunan lagi.

mezzanine ruang kerja
mezzanine ruang kerja

Hanya perlu memastikan tinggi ideal rumah mezzanine yang tepat, kemudian melakukan proses pembuatan, dan mulai meletakkan beberapa perabotan sesuai kebutuhan pekerjaan Anda.

  1. Dijadikan Sebagai Tempat Bersantai

Memiliki ruang bersantai di rumah sangatlah penting. Apalagi saat weekend tiba dan Anda tergolong sebagai orang yang malas keluar dan memilih untuk beristirahat di rumah saja. Oleh karena itu, membuat mezzanine bisa menjadi keputusan yang tepat.

ruang santai mezzanine
ruang santai mezzanine

Anda hanya perlu menggunakan sebagian ruang di bagian atas kemudian setelah mezzanine selesai, Anda bisa meletakkan tempat duduk yang nyaman seperti sofa dan televisi. Akan semakin sempurna jika di sisi tertentu Anda buat jendela agar tetap bisa mendapatkan udara segar.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Mezzanine

Agar mezzanine Anda memberikan rasa nyaman yang maksimal dan pastinya memiliki kekuatan yang baik, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membangunnya. Apa saja hal tersebut?

  • Luas Ruangan

Untuk membangun mezzanine, maka luas ruangan haruslah diperhatikan dengan baik. Di mana Anda harus memastikan bahwa luas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga nantinya jika mezznine sudah difungsikan, maka Anda tidak merasa terlalu sempit.

  • Fungsi Mezzanine

Jika Anda sudah menentukan seberapa luas mezzanine yang akan dibuat, selanjutnya Anda bisa menentukan fungsi dari ruangan tersebut. Apakah untuk kamar tidur, untuk bersantai, untuk ruang kerja, atau sebagai tempat penyimpanan saja. Jadi, gunakanlah ruang tambahan tersebut dengan semaksimal mungkin.

  • Tentukan Ketinggian Mezzanine
READ  Ide Desain Cat Kamar Anak Terbaru, Untuk Si Kecil yang Mulai Suka Berkhayal

Karena letak mezzanine berada di atas, oleh karena itu Anda perlu menentukan tinggi yang tepat untuk ruang tambahan tersebut. Mezzanine ini lebih cocok jika dibuat di rumah yang langit-langitnya tinggi. Jika Anda memiliki rumah dengan langit-langit pendek, maka pembuatan mezzanine justru akan membuat rumah Anda tampak sempit.

Diketahui bahwa tinggi ideal rumah mezzanine minimal adalah 440 cm. Atau minimal 5 meter. Semakin tinggi jaraknya, maka akan semakin mudah untuk membuat mezzanine. Jika jaraknya terlalu dekat, hal ini juga bisa membahayakan orang yang sedang berjalan.

  • Perhatikan Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara

Letak mezzanine posisinya terpisah dan terhubung dengan ruang utama. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, maka akan lebih baik jika pencahayaan mezzanine disesuaikan dengan fungsinya. Hal ini agar tidak ada saling mengganggu dengan ruangan lain atau ruangan di mezzanine itu sendiri.

Selain itu, di mezzanine Anda juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, disarankan agar Anda tidak meletakkan perabotan yang terlalu banyak. Hal ini akan memunculkan debu-debu yang mampu menghambat sirkulasi udara.

  • Material Yang Digunakan

Untuk membuat mezzanine, Anda bisa memilih berbagai material yang biasanya digunakan. Ada beton, kayu, besi, dan baja. Jika Anda memilih kayu, maka pilihlah kayu dengan ketebalan yang cukup sehingga mampu untuk menahan beban diatasnya dengan kuat.

Anda juga bisa menggunakan beton karena kekuatannya yang tidak perlu diragukan lagi. Atau menggunakan besi dan baja yang semakin mempermudah dalam proses pembuatannya.

Memilih Desain Tangga Mezzanine Sesuai Konsep Interior

rumahcor.com

Tangga menjadi hal yang sangat penting di dalam pembuatan mezzanine. Karen inilh akses utama Anda untuk bisa naik dan turun dengan mudah. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan sentuhan desain tangga yang menarik dan sesuai dengan konsep interior.

READ  Gambar Rumah Minimalis Tiang Batu Alam

Anda perlu memastikan agar ukuran tangga disesuaikan dengan ukuran ruangan di bagian bawah agar tidak terasa sempit. Sehingga perlu untuk memperhitungkan tinggi ideal rumah mezzanine. Penting juga untuk menyesuaikan desain tangga agar seperti menyatu dengan konsep dari interior ruangan utama.

Anda bisa berkreasi dalam menciptakan tangga mezznine ini akan tampil menarik, unik, dan tetap aman. Bahkan Anda juga bisa membuat tangga mezzanine agar lebih multifungsi. Seperti menjadikan samping tangga sebagai rak buku yang berbentuk beberapa kotak atau sebagai tempat penyimpanan sepatu dan meletakkan berbagai hiasan di dalam rumah.

Selain dibuat sebagai rak, Anda juga bisa membuatnya sebagai bentuk laci-laci untuk menyimpan barang. Hal ini tentunya akan sangat memaksimalkan tangga tersebut untuk berbagai fungsi tanpa harus membuatnya di tempat berbeda yang akan menambah ruang.

Jika Anda memiliki anak kecil, maka bisa menambahkan ukuran tinggi pada bagian pegangan tangga serta memberikan pintu buatan di bagian ujung atas dan bawah tangga. Hal ini agar anak tetap aman ketika sedang melewati tangga tersebut.

Jadi, bagi Anda yang semakin tertarik untuk membuat mezzanine di dalam rumah, maka perhatikan beberapa hal di dalam proses pembangunannya yang dimulai dengan konsep serta menentukan tinggi ideal rumah mezzanine. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan mezzanine yang tidak hanya nyaman, tetapi juga aman dan multifungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *