Home » Cara Memasang Kaca Pada Kolam Ikan

Cara Memasang Kaca Pada Kolam Ikan

  • by
Kolam Ikan Beton Ikan Koi

Tips Mudah Membuat Kolam Beton Terlihat Indah

Terdapat berbagai cara yang bisa membuat kolam beton atau kolam ikan di rumah terlihat indah dan tidak perlu membayar mahal untuk hal tersebut. Banyak orang gemar memelihara ikan, selain karena hobi, memelihara ikan juga dapat menjadi salah satu sarana untuk menghilangkan stress. Terlebih jika keberadaan kolam ikan juga dapat menghadirkan suasana lebih asri dan bisa mempercantik dekorasi rumah anda. Ada banyak cara atau trik yang dapat membuat kolam bisa dibuat sendiri di rumah. Kali ini, anda mungkin penasaran dengan bagaimana cara memasang kaca di kolam beton. Anda juga bisa mendapatkan tips lengkapnya disini.

Kolam Ikan Beton Ikan Koi
Kolam Ikan Beton Ikan Koi

Nikmati keindahan kolam ikan dengan memasang kaca kolam

Seperti yang anda tahu bahwa banyak sekali jenis ikan yang bisa menghiasi kolam, salah satunya adalah ikan koi. Biasanya ikan jenis ini banyak menempati kolam taman luas. Namun anda juga mengisi kolam dengan jenis ikan lainnya. Untuk membantu anda menikmati keindahan ikan di dalam kolam, persiapkan kolam yang memang cocok dengan keperluan ikan anda sendiri.

Kolam ikan akan memberikan pengaruh visual, keberlangsungan hidup ikan, dan keindahan ikan sendiri. Keindahan ikan peliharaan anda seharusnya menjadi pusat utama dari keseluruhan komposisi. Kolam ikan yang baik harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti warna dinding kolam, lokasi kolam, kedalaman kolam, dan masih banyak lainnya.

Agar anda bisa menampilkan keindahan kolam dan makhluk hidup di dalamnya, gunakan warna gelap dan jangan lupa tambahkan batuan untuk memberikan kesan alami. Selain itu juga bisa mengurangi berkembangnya lumut dikarenakan lumut lebih sulit tumbuh di tempat berwarna hitam, jika tumbuh pun tidak akan terlalu terlihat jelas. Keindahan warna ikan juga tak hanya dinikmati pada bagian atas, anda juga bisa menikmatinya pada bagian samping dengan memasang kaca pada kolam.

Kolam Ikan Nuansa Alami
Kolam Ikan Nuansa Alami

Anda tidak perlu memasang semua bagian kolam menggunakan kaca, cukup pasang kaca pada bagian bibir kolam untuk alternative lebih murah. Namun anda harus bisa perhatingan bagaimana cara pemasangan yang benar dan sempurna. Dilihat dari segi estetika, pemasangan kaca pada kolam juga mempunyai banyak fungsi. Anda bisa cepat mendeteksi jika ikan tidak sehat, sehingga lebih cepat untuk diisolasi untuk mencegah penularan penyakit di dalam kolam.

Pastikan anda juga melakukan beberapa perawatan rutin, misal membersihkan lumut supaya tidak mengganggu pandangan. Pastikan jika anda bisa melakukan pengecatan pada dinding kolam agar terhindar kontak langsung antara semen dan air kolam, hal tersebut penting dikarenakan semen bisa membuat pH air menjadi lebih tinggi.

See also  Cara Buat Meja Tv Sendiri

Tips membuat kolam ikan beton

Seperti yang sudah sering anda lihat ada banyak rumah yang sudah dilengkapi kolam ikan pada bagian taman atau pekarangannya. Adanya kolam ikan dapat menciptakan suasana lebih nyaman dan asri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kolam ikan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melepas stress dengan cara melihat ikan atau member makan ikan.

Supaya anda bisa membuat kolam ikan yang sesuai dengan apa yang anda inginkan, maka dibutuhkan beberapa bahan seperti semen, beton, dan vibrator beton. Vibrator ini tersebut digunakan jika anda ingin memecah beton menjadi potongan lebih kecil untuk menyusun kolam ikan. Selain itu, anda juga membutuhkan semen penguat agar kolam nantinya tidak bocor dan rusak. Ada beberapa hal yang harus anda selalu perhatikan dalam membuat kolam ikan beton.

Melakukan pembangunan pondasi

Pondasi merupakan salah satu struktur penting dari konstruksi kolam dan harus dipersiapkan dengan matang. Fondasi akan menahan beban pada kolam, dan membantu anda bisa mencegah terjadinya kebocoran pada kolam. Pondasi harus dibuat dengan kokoh dan menggunakan takaran bahan material yang sesuai. Pondasi yang kuat akan menurunkan risiko kebocoran kolam, terlebih jika pondasi kolam menggunakan material beton, pasti dijamin lebih awet.

Proses Pembangunan Kolam Ikan Beton
Proses Pembangunan Kolam Ikan Beton

Membangun dinding kolam

Anda juga bisa menggunakan beton dalam membangun dinding kolam. Pastikan jika anda memilih beton berkualitas. Sebelum membuatnya akan lebih baik jika beton dipecah terlebih dahulu menggunakan vibrator dan tempelkan potongan beton tersebut dengan adonan semen sebagai perekatnya.

Mulai padatkan tanah

Untuk membuat kolam dengan kualitas sempurna, akan lebih baik jika anda tidak membuat plat lantai yang digunakan sebagai dasar kolam. Anda bisa gunakan tanah yang sudah dipadatkan. Setelah itu, anda perlu mendiamkan terlebih dahulu selama 3 sampai 5 hari. Lakukan pengulangan proses pemadatan tanah supaya hasil akhir lebih sempurna.

Membuat lantai kolam

Anda bisa gunakan adukan beton yang sudah dicampur dengan semen sesuai kebutuhan. Lalu tambahkan air untuk mengencerkan adonan tersebut. Tunggu sekitar 20 menit hingga mongering. Pastikan dasar kolam kering terlebih dahulu sebelum mengisinya dengan air.

Lakukan pembersihan kolam

Anda tidak bisa langsung mengisi kolam dengan air dan ikan setelah semua proses tersebut selesai. Hal tersebut bisa memicu ikan mati keracunan. Pastikan anda melakukan pembersihan kolam terlebih dahulu guna menghilangkan bau dan sisa semen. Sikat dan gosok semua permukaan kolam secara merata. Setelah kolam bersih anda bisa mengisinya, dan masukkan ikan perlahan.

See also  Perbedaan Tangga Konstruksi Besi Kayu dan Tangga dari Cor

Perhatikan tips berikut sebelum membuat kolam beton

  • Tetapkan lokasi yang sesuai

Pilihan lokasi kolam di rumah biasanya berada di halaman belakang ataupun halaman depan rumah, namun anda juga bisa membangun kolam di dalam rumah. Di manapun lokasi kolam, pastikan keberadaan kolam tidak menghalangi beragam aktivitas anda dan penghuni rumah lainnya. Jika anda menginginkan kolam digunakan sebagai dekoratif, maka lokas kolam  haruslah berada di titik yang dapat diakses semua orang, termasuk tamu.

  • Ukuran dan desain yang sesuai

Tentunya kolam ikan juga harus bisa menyesuaikan dengan lahan yang tersedia di dalam rumah anda. Sementara itu, anda bisa memilih desain sesuai selera, seperti desain persegi, bulat, panjang, dan desain lainnya. Anda juga bisa menambahkan water features lainnya seperti air terjun buatan untuk membuat tampilan kolam lebih cantik.

Akan lebih baik jika dasar kolam sedikit miring. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan anda dalam proses penggantian air dan saat melakukan pembersihan. Dasar kolam miring bisa membuat kotoran menumpuk di satu titik, sehingga membantu anda selama proses pembersihan. Dasar kolam juga harusnya dibuat dengan aman, baik bagi ikan peliharaan ataupun anda sendiri. Hal tersebut menghindari anda terluka pada saat melakukan pembersihan.

  • Sistem pengairan kolam

Sistem pengairan merupakan hal penting dikarenakan aliran air yang baik dan benar membantu ikan anda hidup dengan nyaman di dalam kolam. Saluran air bisa dibuat dari material pipa yang terhubung dengan pengisi air. Gunakan pompa air untuk menyedot air yang akan di filter, lalu memasukkan air ke dalam bak. Akan lebih baik jika menggunakan bak yang didalamnya menggunakan filter. Anda juga melihat ragam referensi cara memasang kaca di kolam beton.

Beberapa gambar yang berelasi cara memasang kaca pada kolam ikan

Proses Pembuatan Kolam Ikan Kaca Depan Minimalis & Tips Ikan Sehat ( Pake Pelapah Pisang )

Sekilas tentang pembuatan Kolam Ikan Kaca Pinggir, dan cara supaya kolam sehat sebelum di masukan ikan. Spesifikasi : Bata : 50 pcs Semen : 2 Sak ( Masih lebih ) Kaca : 50 cm x 40 cm ( Tebal 12mm. Cara Merakit Akuarium berikutnya, apabila kaca dasar di pasang yang terakhir maka, panjangnya akan sama dengan kaca sisi depan dan belakang, tetapi lebarnya sama dengan lebar kerangka di kurangi tebal besi kerangka akuarium, di kurangi tebal kaca depan, tebal kaca belakang dan tebal dempul, sehingga ukuran kaca dasar tersebut. Dan tingkat tersulit pada pembuatan kolam renang kaca itu terletak pada pemasangan dinding kaca kolam renang, termasuk proses pengeleman dan banyak lagi hal yang perlu diperhatikan” ujarnya yang kini makin dipercaya menangani projek pembuatan kolam renang kaca dari berbagai developer ternama serta perumahan pribadi. Kemudian tinggal memasang terpal dan kolam ikan pun siap digunakan.. Contohnya model kolam ikan pada gambar di atas dimana kolam dibuat dengan bentuk persegi berukuran cukup kecil. Dinding kolam bagian depan dibuat dengan kaca tembus pandang sehingga memudahkan kita menikmati keindahan ikan hingga ke dasar kolam. Secara konstruksi, cara membuat kolam ikan dibawah lantai ruang tamu ini hampir sama seperti membuat pelat lantai atas pada bangunan dua lantai. Namun, bagian pelat lantai diganti materialnya dengan kaca laminated tempered yang diletakkan pada media yang supportnya harus benar-benar dalam keadaan rata, seperti struktur beton atau rangka baja. Pada video kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara memasang kaca yang benar untuk air mancur kolam. Pagi teman teman semua dalam video diatas saya sedikit memberikan tips singkat tentang cara pemasangan dinding kaca untuk kolam ikan dan kolam renang karena selama ini banyak sekali terjadi kaca.

See also  Cara Membuat Plafon Balon

Bagaimana cara memasang kaca pada daun jendela? Rumah yang baik membutuhkan jendela sebagai jalur keluar masuk udara. Rumah yang tidak dilengkapi dengan jendela akan terasa pengap. Jendela juga sekaligus berfungsi sebagai jalur masuknya cahaya matahari. Itulah kenapa, lumrahnya jendela dibuat menggunakan kaca. Cara membuat kolam ikan kaca. Search the worlds information including webpages images videos and more. Super green plus g2 cara alami mengobati penyakit seputar kulit.. Nikmati Keindahan Ikan Koi Lewat Pemasangan Kaca Pada Kolam 21 Desain Kolam Ikan Minimalis Terbaru 2018 Yuk Lihat Riuh Imaji Kolam Ikan Minimalis Sangat Sederhana Youtube Kolam kaca koi sederhana di teras rumah indoor.. Cara membuat kolam ikan kaca – Duration: 6:17. Petani Harapan Bangsa 16,043 views. 6:17. Proses Pembuatan Kolam Ikan Kaca Tahap 2.

Desain Rumah Unik. Pada Artikel mungkin berisi banyak informasi tentang cara memasang kaca pada kolam ikan. Jikalau Anda mencari tentang cara memasang kaca pada kolam ikanAnda sudah benar berada di sini. Kami memiliki 1 image tentang cara memasang kaca pada kolam ikan termasuk banyak foto, wallpapers, images, pictures, dan lainnya yang didapatkan dari internet. Dalam artikel ini, juga berisi variasi macam file foto yang tersedia. Yang terdiri atas jpg, gif, animasi, transparan, hitam putih dan selainnya.

Sumber : Youtube AFNA Channel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *