cara membuat rak tv sendiri dengan mudah sederhana
cara membuat rak tv sendiri dengan mudah sederhana

Cara Membuat Rak TV Sendiri Dengan Mudah Dan Sederhana

Posted on

10 Cara Membuat Rak TV Sederhana di Rumah

Cara membuat rak TV sederhana di rumah akan membantu anda menghemat budget untuk rak TV. Selain itu, membuat rak TV bisa menggunakan benda-benda yang sudah tidak terpakai di gudang. Daripada beli rak TV di toko yang jelas akan menghabiskan biaya lebih banyak, style yang kurang menari, serta warna yang tidak sesuai dengan ruang TV di rumah anda, membuatnya sendiri dari benda tak terpakai akan lebih seru dan menarik. Di artikel ini ada 10 ide menarik yang bisa anda ikuti untuk membuat rak TV sederhana di rumah. Beberapa di antaranya memanfaatkan benda yang sudah tak terpakai di rumah.

Contoh Rak Tv Sederhana
Contoh Rak Tv Sederhana

Rak TV Modern

Rak TV modern dengan sedikit sentuhan gaya kontemporer bisa dibuat dari plywood yang biasanya digunakan sebagai material furniture. Rak TV yang satu ini tidak hanya memberikan nuansa modern kontemporer tapi juga unik dan fungsional. Membuatnya tidak membutuhkan budget yang besar, hanya sekitar 500 ribuan saja.

BELI Rak TV Harga Murah di TOKOPEDIA  Hasil gambar untuk beli sekarang png

Plywood yang sudah terkumpul dipotong menjadi  lembaran yang tipis lalu ditumpuk ke atas. Untuk merekatkannya, anda bisa menggunakan lem kayu dan tunggu hingga kering. Untuk kakinya, anda bisa memasang kaki dari besi yang bentuknya seperti hairpin atau bisa juga balok cor-coran agar kaki lebih kuat. Setelah semua jadi, anda memiliki rak TV dengan gaya midcentury di ruang TV anda!

Rak TV Simple Sederhana
Rak TV Simple Sederhana

Rak TV dari Palet Kayu

Saat ini palet kayu nyatanya bisa disulap menjadi furniture dengan kesan rustik yang mempercantik ruangan anda. Dan tentu saja palet kayu bisa menjadi salah satu material cara membuat rak TV sederhana di rumah anda. Untuk membuat rak TV ini menjadi unik dan familiar, anda bisa meletakkan tempered glass di atasnya sebagai alas TV. Tepat di bawah meja kaca, anda bisa meletakkan aksesoris kesayangan sehingga meja TV terlihat lebih berwarna dan menarik.

Jangan lupa untuk mengampas kayu-kayu agar permukaan tetap halus. Selain itu, mengamplas kayu akan memunculkan kesan charming darei material kayu itu sendiri.

Mudah Membuat rak TV
Mudah Membuat rak TV

Rak TV Retro

Meski pun TV bisa jadi adalah salah satu hal yang anda sukai di rumah, kehadirannya di ruang TV belum tentu menjadi sesuatu yang mempercantik ruangan itu sendiri. Maka dari itu, anda perlu membuat rak TV yang juga menjadikan elemen pemercantik ruang. Jika anda memiliki credenza lawas dengan gaya vintage, tentu saja anda bisa menyulapnya menjadi rak TV yang menarik.

BELI Rak TV Harga Murah di TOKOPEDIA  Hasil gambar untuk beli sekarang png

Pertama, anda perlu mengamplas seluruh permukaan hingga rata lalu mengaplikasikan cat baru. Tidak ada salahnya jika anda mengaplikasikan warna yang terang dan berani seperti merah tomat, hijau toska, kuning, dan lain sebagainya tergantung selera anda. Setelahnya, anda sudah memiliki rak TV yang menarik, antik dan unik.

Laci dan lemari penyimpanan dari credenza bisa digunakan untuk menyimpan remote TV, stik PS, kaset video game, dan lain sebagainya. Sangat disarankan untuk membuat lubang kabel di belakang rak TV atau sediakan keranjang agar kabel-kabel tidak terlihat berantakan.

Cara Membuat Rak TV Simple
Cara Membuat Rak TV Simple

Rak TV Rustik

Gaya rustik pada furniture apalagi yang mengenakan kayu akan sangat cocok jika anda ingin memberikan aksen hangat atau agak tradisional ke dalam ruangan. Apalagi jika ruang TV atau keseluruhan rumah anda menggunakan gaya modern yang minimalis, rak TV rustik akan menjadi pemanis yang pas.

Cara membuat rak TV sederhana dengan gaya rustik ini memerlukan beberapa kayu yang sudah dipotong (anda bisa meminta tukang kayu memotongnya sesuai keinginan anda), beberapa hardware seperti paku, baut, dan bor, serta beberapa jam yang didedikasikan untuk membuat rak TV. Selain untuk rak TV, benda ini nantinya bisa difungsikan sebagai rak buku di bagian bawahnya.

Pastikan tinggi rak TV sesuai dan nyaman dengan anatomi tubuh anda, tidak terlalu tinggi atau rendah sehingga leher tidak sakit jika pun anda menonton TV semalaman. Lalu bagian bawah bisa digunakan sebagai rak buku atau tempat memajang figur kesukaan anda.

Rak TV dari Daun Pintu Bekas

Menggunakan daun pintu bekas memang bukan sesuatu yang umum dan konvensional untuk membuat rak TV baru. Tapi hasilnya akan membuat anda kaget. Daun pintu bekas bisa ditemui di rumah anda sendiri jika anda mengikuti obral di toko hardware atau perumahan.

BELI Rak TV Harga Murah di TOKOPEDIA  Hasil gambar untuk beli sekarang png

Setelah anda menemukan daun pintu yang akan dijadikan rak TV, anda bisa mulai mengamplasnya hingga halus lalu potong hingga lebar meja TV sesuai dengan keinginan anda. Dan gunakan kayu lain untuk menentukan tinggi rak TV. Anda bisa mengaplikasikan cat lagi ke permukaan kayu atau pelitur atau membiarkannya seperti itu saja setelah diamplas.

Sentuhan akhir, tambahkan roda pada kaki rak sehingga rak TV bisa dipindah ke mana saja. Rak TV portable tentunya merupakan daya tarik tersendiri yang selain fungsional juga menjadi elemen pemanis ruang. Cara membuat rak TV sederhana seperti ini memberikan kesan industrial yang cantik di ruang TV di rumah anda.

Rak TV Klasik

Pada dasarnya anda bisa langsung membeli rak TV yang terbuat dari kayu dengan asesoris menarik. Namun itu akan memakan banyak biaya. Padahal anda bisa membuatnya sendiri dengan budget yang lebih murah serta warna dan style yang disesuaikan dengan keinginan anda sendiri.

 Anda akan memerlukan beberapa potong kayu yang panjang dan lebarnya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Lalu dedikasikan 25cm di bawah kayu yang menjadi alas TV untuk laci. Sedangkan sisa di bawahnya biarkan kosong, untuk meletakkan hiasan atau koran hari ini. Ruang untuk laci bisa dibuat lebih menarik dengan memberi tanda huruf di masing-masing permukaan laci. Laci juga bisa menjadi storage yang cantik sebagai pelengkap meja TV ini.

Membelinya langsung di mebel akan membuat anda membelanjakan lebih banyak uang. Sedangkan membuat sendiri akan menghemat banyak anggaran, meski pun anda perlu waktu agak lama untuk membuatnya.

Membuat Rak TV sederhana
Membuat Rak TV sederhana

Rak TV dari Kayu dan Pipa

Ini merupakan rak TV paling simpel dan sederhana yang bisa anda buat. Bahkan material utama dari rak TV ini hanya beberapa potong kayu dan beberapa pipa serta sedikit baut dan bor.

BELI Rak TV Harga Murah di TOKOPEDIA  Hasil gambar untuk beli sekarang png

Pertama, anda perlu mengamplas potongan kayu dan pasang potongan-potongan itu menjadi meja dengan tinggi sekitar 30cm. Biarkan ada ruang kosong atau lubang di antara alas TV dan kayu bagian bawah. Nantinya anda bisa menjadikan ruang kosong itu sebagai tempat meletakkan remote TV dan benda lainnya. Setelah itu, pasang pipa-pipa yang anda beli di toko hardware atau depo bangunan sebagai kakinya. Pastikan bahwa pipa itu cukup kuat dan bisa menopang TV.

Setelahnya, anda sudah memiliki rak TV dengan gaya industrial di rumah. Dan ini akhir dari cara membuat rak TV sederhana.

 



DIY Membuat Rak TV Sederhana dengan Mudah ~ Video ini akan memperlihatkan cara membuat rak tv dengan mudah dan sederhana. David dan temannya akan membuat kreasi rak meja tv dari daur ulang kayu Jarrah dan Ironbark.

Desainnya cukup sederhana namun kombinasi dari kayu Jarrah dan Ironbark terlihat menjadi brilian. Rak Unit TV ini juga bisa menjadi meja kopi, jadi furniture ini merupakan furniture yang multifungsi.

Konsep ini sederhana dan hanya ada 8 komponen.

Jadi mari kita lihat berapa lama kita dan cara sederhana itu benar-benar. Berikut ini di bawah beberapa video cara membuat rak tv sendiri yang keren. Desain sangat bagus, simple dan hasilnya luar biasa.

Membuat Rak TV Sendiri Dengan Desain Keren

Rak TV Sederhana Simpel Dari Kayu Palet

Source: Youtube

Artikel ini tentang:

cara membuat rak tv, cara membuat rak tv minimalis, cara membuat rak tv sendiri, cara buat meja tv sendiri, cara membuat meja tv, cara membuat lemari tv dari triplek, cara membuat meja tv dari papan, cara membuat meja tv dari multiplek, Cara membuat lemari tv, cara membuat meja tv sederhana, cara membuat meja tv dari kayu papan cor, cara buat rak tv sendiri, https://rumahcor com/cara-membuat-rak-tv-sendiri, cara mudah membuat meja tv, membuat lemari tv sendiri, cara membuat rak tv dari kayu palet, cara membuat meja tv yng bagus, cara bikin meja tv, cara membuat lemari tivi yg cantik, Cara membuat lemari tivi dari bahan kayu, cara membuat furniture dari triplek, cara buat lemari tv, Cara buat backdrop tv, Cara bu meja tv minimalis, seketsa backdrop tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *