Home » Contoh Konsep Dapur Minimalis Ukuran 1×1 dan Tipsnya

Contoh Konsep Dapur Minimalis Ukuran 1×1 dan Tipsnya

  • by

Dapur merupakan salah satu ruangan yang ada pada dalam rumah dan memiliki peran yang sangat penting bagi penghuninya. Misalnya untuk menunjang berbagai aktivitas seperti memasak makanan dan membuat cemilan lainnya. Tapi tahukah Anda, dapur yang nyaman tentu dilengkapi dengan dekorasi dan perabotan pendukung sehingga para penghuni dapat menggunakannya dengan aman.

dapur kecil sempit
dapur kecil sempit

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki dapur minimalis ukuran 1×1 maka Anda tidak perlu pusing, karena selain melihat konsep maka Anda juga harus melihat tipsnya. Berikut simak ulasannya:

Tips Mendesain Dapur Kecil 1×1 Agar Terlihat Luas

Seperti yang Anda lihat bahwa kini memang ada banyak rumah-rumah minimalis yang memiliki ukuran dapur yang kecil seperti 1×1. Meskipun memang memiliki luas ruangan dapur yang terbatas atau kecil, namun Anda bisa mengakalinya dengan baik.

Dapur Minimalis 1x1
Dapur Minimalis 1×1

Oleh karena itu, sebelum melihat apa saja contoh desain dan konsep dapur minimalis ukuran 1×1 maka Anda bisa melihat terlebih dahulu tipsnya.

  1. Pilihlah Perabotan Dapur yang Ramping dan Kokoh

Agar nantinya dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas maka Anda bisa memilih perabotan atau furniture yang berukuran lebih kecil, akan tetapi tetap memilih yang tahan lama dan kokoh. Kemudian Anda dapat memilih pula perabotan dengan model yang kecil dan sederhana, namun terlihat modern.

  1. Gunakan Kitchen Set Pada Dapur Anda
See also  Desain Rak Buah Cantik Minimalis

Berikutnya Anda bisa menggunakan kitchen set dan ini merupakan cara yang paling mudah untuk mendesain dapur minimalis Anda. Untuk memilih kitchen set pastikan dapat sesuai dengan ukuran dan juga kebutuhan pada dapur Anda sehingga dapur tampak tetap terasa lebih luas.

  1. Manfaatkan Dinding Sebagai Ruang Penyimpanan

Nah, apabila dapur Anda masih memiliki area dinding yang kosong maka jangan ragu untuk memanfaatkan dinding sebagai ruang penyimpanan peralatan dapur. Disini Anda dapat membuat rak gantung untuk meletakkan beberapa dekorasi atau bumbu-bumbu masak sehingga terlihat lebih rapi.

dapur kecil istimewa
dapur kecil istimewa ukuran minimalis 1×1

Selain itu, Anda juga bisa menggantung peralatan masak seperti panci, wajah dan lainnya pada dinding dapur agar terlihat lebih hemat ruang. 

Contoh Konsep Dapur Minimalis 1×1

Meski rumah Anda memiliki ruangan dapur yang terbatas, yang mana dengan mendesain dapur minimalis dengan tepat tentu dapat terlihat menarik. Untuk itu, demi mewujudkan desain atau konsep dapur impian Anda maka berikut ini bisa Anda lihat apa saja konsep untuk dapur minimalis 1×1:

  1. Dapur Minimalis 1×1 Gaya Vintage
See also  Cara Mudah Membersihkan Meja Makan Kayu

Gaya vintage merupakan sebuah konsep yang paling populer dan banyak yang menyukainya terutama para pecinta interior. Desain atau konsep vintage tersebut memang tak terlepas dengan gayanya yang jadul, akan tetapi sangat menarik dan modern apabila menerapkan pada dapur Anda. Oleh karena itu, memang tak ada salahnya jika Anda menerapkan konsep vintage tersebut dan membuat desain dapur seperti ini akan tampak lebih unik.

vintage dapur
vintage dapur

Untuk pemilihan furniture atau perabotan gaya vintage dapat sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilihan warna yang sering digunakan seperti pastel, krem, pink dan hijau telur asin. Selain itu, untuk kabinet pada perabotan terbuat dari kayu dan juga memiliki pintu kaca sehingga dapat terlihat dari luar.

  1. Dapur Minimalis Berwarna Putih

Jika dapur berwarna putih memang terkenal cepat kotor, akan tetapi tak ada salahnya jika Anda menerapkan konsep yang satu ini. Pada dapur minimalis ukuran 1×1 ini nantinya dapat Anda terapkan dengan beberapa furniture seperti kitchen set dengan dua pintu.  Kemudian Anda juga bisa membuat rak gantung bertingkat dengan ukuran kecil untuk meletakkan beberapa dekorasi. Setelah itu, pada bagian bawah kitchen set yang berukuran kecil tadi bisa Anda sebutkan beberapa gantungan untuk menggantung peralatan masak.

See also  Model Lemari Kitchen Set Dapur Rumah Terbaru 2021

Nah, untuk mendukung gaya atau konsep minimalis maka Anda juga bisa memilih peralatan seperti kompor, kulkas dan lainnya dengan warna putih. Jangan lupa, setelah melakukan kegiatan memasak pastikan untuk selalu bersih-bersih dan mengelapnya sehingga dapur tidak kotor.

  1. Dapur Minimalis Dengan Bentuk Ukuran L

Yang terakhir ada pula ide dan konsep dapur minimalis dengan bentuk ukuran L. Dapur seperti ini juga dapat menjadikan inspirasi untuk dapur kecil. Bentuknya seperti L tentu bermanfaat sekali untuk memaksimal ruangan dapur yang tersedia, meskipun hanya memiliki luas 1×1. Sebagai tambahan dekorasi dan perabotan maka Anda bisa memanfaatkan kitchen set berbentuk L juga sehingga peralatan dapur dapat tersimpan dengan rapi.

Jadi, itulah ada beberapa informasi yang dapat Anda lihat mengenai konsep dapur minimalis ukuran 1×1 yang nantinya bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *