Home » Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai

  • by
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai1

Bagi siapa saja yang sampai saat ini masih saja penasaran untuk mengenal dan mengukur berapa besar biaya yang harus dibutuhkan dalam sekali proses pembangunan sebuah rumah, maka terlebih dahulu harus menentukan berapa banyak jumlah lantai rumah yang nantinya akan dibangun dan dipijak oleh seluruh anggota keluarga.

Lantas bagaimana dengan Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai? Kita akan mengulasnya pada kesempatan kali ini.

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai1
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai1

Bahkan, saat ini rumah 3 lantai sudah banyak dimiliki oleh beberapa orang tertentu saja, dimana pengeluaran untuk sekali pembangunannya juga terbilang cukup besar sehingga rumah ini hanya dimiliki oleh beberapa masyarakat menengah keatas. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir ini juga beredar kabar jika proses pembangunan hingga penyelesaian akhir dari rumah yang menggunakan desain rumah 3 lantai membutuhkan biaya lebih besar, bahkan menginjak angka Rp.300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) untuk sekali proses pembangunannya. Mengapa? Alhasil, hal ini memberkan banyak pertanyaan bagi semua masyarakat luas.

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai2
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai2

Cara mudah untuk mengakumulasi biaya tersebut antara lain :

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengukur luas bangunan dari lt. 1 hingga lt. 3 yang mana nantinya akan dibangun secara keseluruhan dengan menggunakan desain rumah 3 lantai tersebut. Contoh, lantai pertama tentunya lebih digunakan untuk beberapa keperluan umum bagi seluruh anggota keluarga, mulai dari ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, taman dan berbagai macam aspek lainnya.

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai3
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai3

Jadi, jangan heran jika lantai awal dari sebuah bangunan rumah sangat diwajibkan memiliki luas yang paling besar. Tentunya, kamu dan siapapun itu bisa menghitung biaya tersebut dengan menghitung jumlah permeternya terlebih dahulu. Jika bangunan untuk lantai pertama seluas 35 m2 dan harga setiap meternya berada dalam kisaran Rp.5.000.000, maka jumlahkan secara keseluruhan yakni 35 x Rp.5.000.000 = Rp.175.000.000 (seratus tujuh puluh lima juta rupiah) dan kuantitas sebesar itu hanya untuk lantai pertama saja.

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai4
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai4

Lalu, lantai kedua tentunya lebih dikenal sebagai kawasan yang mana didalamnya berisikan kamar pribadi dari seluruh anggota keluarga dan ruang tamu dengan ukuran lebih kecil. Maka dari itu, jika mengambil contohnya seluas 30 m2 maka secara otomatis harus mengalikannya dengan jumlah luas permeternya, yakni 30 x Rp.5.000.000 = Rp.150.000.000 dan dimana biaya sebesar itu hanya untuk luas dari lantai kedua.

Terakhir, jika akumulasi untuk lantai pertama dan kedua sudah selesai maka calon pemilik rumah dari rumah 3 lantai diharuskan untuk mengukur luas terakhir dari lantai ketiga, dimana lantai paling atas dari bangunan tersebut biasanya akan diisi oleh sejumlah ruangan tertentu, mulai dari gudang, halaman untuk menjemur pakaian dll dan dimana masing-masing luas secara keseluruhan tersebut kemungkinan besar memiliki angka yang hampir sama, yakni sekitar 28 m2.

Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai5
Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai5

Semua pemilik rumah tersebut bisa menghitungnya dengan cara menggunakan angka 28 dari luas tersebut dan kalikan dengan harga dari luas permeternya, yakni Rp.5,000.000, maka jumlahnya adalah Rp.140.000.000. Jadi, kamu yang nantinya akan memiliki rumah 3 lantai akan mengeluarkan biaya sebesar Rp.175.000.000 + Rp.150.000.000 + Rp.140.000.000 = Rp.465.000.000 (empat ratus enam puluh lima juta rupiah), yang mana nantinya uang sebesar itu akan digunakan untuk membangun sebuah rumah dengan luasnya sekitar 3 lantai.

READ  Aneka Desain Ruang Tamu Minimalis Pilihan

Demikianlah tadi sedikit gambaran mengenai Desain Dan Estimasi Biaya Pembuatan Rumah 3 Lantai. Jangan heran, jika kondisi rumah seperti ini hanya bisa dimiliki oleh mereka yang memiliki penghasilan yang cukup jauh diatas rata-rata dan berlokasi disekitar kawasan perkotaan tertentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *