Home » Gambar Tata Ruang Kantor Terbuka Efektif dan Efisien

Gambar Tata Ruang Kantor Terbuka Efektif dan Efisien

  • by
Desain Ruang Kantor Terbuka Modern

Sejak salah satu perusahaan startup terkemuka memperkenalkan konsep ruang kantor terbuka yang mereka gunakan, konsep ini kini menjadi tren dan digunakan oleh banyak perusahaan. Jika dahulu, ruang kantor cenderung menggunakan konsep tertutup dengan adanya pembagian ruangan-ruangan tertentu. Kini Anda akan menemukan kantor yang hanya memiliki satu ruangan luas dengan banyak karyawan di dalamnya. Terbayang betapa sibuknya hiruk pikuk dalam satu ruangan tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai gambar tata ruang kantor terbuka.

Desain Ruang Kantor Terbuka Modern
Desain Ruang Kantor Terbuka Modern

Desain tata ruang kantor terbuka

Desain dan tata letak kantor dapat mendorong produktivitas karyawan. Salah satu tren tata ruang kantor yang banyak digunakan saat ini adalah tata ruang kantor terbuka (open office layout). Dalam gambar tata ruang kantor terbuka, tidak ada partisi atau tembok yang menjadi batas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Dibutuhkan sebuah ruangan yang cukup besar untuk menerapkan desain ini. Konsep yang digunakan ialah meminimalisir adanya ruang privat yang sering kali membuat pekerja menjadi tidak produktif. gambar tata ruang kantor terbuka merupakan salah satu resolusi baru dalam dunia desain.

READ  Ide Desain Gorden Model Window Blind
ruang kerja perusahaan startup
ruang kerja perusahaan startup

Jenis furniture yang banyak digunakan ialah kursi dan beberapa meja panjang. Dengan konsepnya yang ‘terbuka’, Anda tidak akan memerlukan adanya cubicle sebagai pemisah antara satu meja dengan meja lainnya. Dibanding dengan konsep ruangan tertutup, tidak banyak jenis furniture yang dibutuhkan untuk membangun sebuah ruang kantor terbuka. Letak variasi ruangan terletak pada jenis furniture yang digunakan untuk tiap divisi. Seperti misalnya, untuk divisi kreatif Anda menggunakan meja berbentuk bundar dan meja panjang untuk divisi finance.

konsep desain ruang kerja kantor modern keren
konsep desain ruang kerja kantor modern keren

Akan lebih banyak space kosong yang dimiliki. Anda bisa menggunakan space tersebut untuk meletakkan sofa dan sebuah meja kecil sebagai tempat bersantai atau beristirahat sejenak. Untuk semakin membuat suasana kantor semakin menyenangkan, Anda bisa menambahkan ornamen tertentu di bagian dinding. Beberapa perusahaan berskala internasional bahkan menambahkan space hiburan di dalam ruang kantor terbuka sebagai bagian dari fasilitas kerja. Tujuan utamanya adalah untuk membuat karyawan semakin berpikir kreatif dan meyumbangkan ide-ide terbaiknya untuk perusahaan.

READ  Ruang Area Duduk-duduk Santai Keluarga di Rumah

Keuntungan menggunakan open office layout

Salah satu keuntungan yang akan didapat menggunakan konsep open office layout adalah Anda dapat memaksimalkan keterbatasan ruang yang dimiliki. Selain itu, biaya pembangunan kantor juga akan semakin ekonomis. Tidak ada cubicle yang dibutuhkan untuk memisahkan satu meja dengan meja lainnya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli partisi karena tidak ada ruang yang perlu diberi sekat. Ruang terbatas yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membuat sebuah ruang kerja yang menyenangkan.

ide desain ruang kantor kerja terbuka
ide desain ruang kantor kerja terbuka

Jika melihat gambar tata ruang kantor terbuka, Anda akan menyadari jika tidak ada sekat sama sekali antara satu meja dengan meja lainnya. Setiap karyawan bisa berkomunikasi dengan karyawan lainnya tanpa adanya batasan. Komunikasi di dalam kantor pun akan berjalan dengan sangat baik karena tidak adanya batas yang membuat timbulnya rasa canggung. Tentunya hal ini juga tidak bisa disalah gunakan begitu saja oleh karyawan untuk membahas hal-hal lain di luar pekerjaan karena mudahnya melakukan pengawasan di ruang kantor terbuka. Supervisor maupun manager tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar berkeliling dan mendapatkan feedback karena seluruh karyawan sudah berkumpul dalam satu ruangan.

READ  Ide Desain Cat Kamar Anak Terbaru, Untuk Si Kecil yang Mulai Suka Berkhayal
ruang santai kantor terbuka
ruang santai kantor terbuka

Dalam gambar tata ruang kantor terbuka, Anda hanya akan melihat beberapa mesin pendingin udara yang terpasang. Bahkan jika ruang kantor tidak terlalu luas, cukup dengan memasang 2 mesin pendingin udara (AC) pada titik sentral maka seluruh ruangan akan menjadi dingin. Hal ini memberikan dampak pada semakin minimnya biaya operasional kantor yang dikeluarkan. Sangat berbeda jauh dengan konsep ruang tertutup yang di setiap ruangannya membutuhkan pendingin udara dan membuat biaya operasional kantor menjadi lebih besar.

Perusahaan yang bergerak di bidang kreatif biasanya lebih memilih menggunakan desain ruang kantor terbuka dengan berbagai alasan. Mudahnya ruang untuk berkomunikasi dan berdiskusi, tidak terlalu banyak ruang yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kantor dan berbagai alasannya yang berujung pada efektifitas dan efisiensi penggunaan ruang kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *