Home » Jangan Asal Pilih Penyekat Ruangan dari Gypsum, Berikut Tipsnya

Jangan Asal Pilih Penyekat Ruangan dari Gypsum, Berikut Tipsnya

  • by

Penyekat ruangan atau partisi memang menjadi salah satu bagian yang cukup penting untuk memisahkan ruangan satu dengan yang lainnya. Saat ini terdapat berbagai macam jenis bahan yang dapat digunakan sebagai penyekat. Salah satunya adalah penyekat ruangan dari gypsum dimana dapat anda pilih.

penyekat ruangan dari gypsum
Partisi ruangan dari gypsum

Gypsum sendiri memang sudah dikenal sebagai salah satu material bangunan sebagai pengganti material dinding kayu maupun batu bata, Gypsum sebagai partisi sendiri sudah hadir dengan desain beragam dari harga murah hingga mahal. Tentu saja ini membuat banyak orang kebingungan dalam memilih gypsum sebagai partisi atau penyekat ruangan. 

ilustrasi partisi ruangan dari gypsum
Ilustrasi partisi gypsum untuk ruangan

Cara memilih penyekat ruangan dari gypsum yang berkualitas 

Memilih penyekat dari gypsum sebaiknya juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk anda yang menginginkan penyekat awet, tentu anda harus memilih gypsum dengan kualitas yang terbaik bukan. tetapi sayangnya memang tidak semua orang mengetahui bagaimana cara memilih penyekat ruangan dari gypsum yang berkualitas. 

proyek partisi ruangan gypsum
proyek partisi ruangan gypsum

Agar anda tidak salah dalam memilih, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam memilih penyekat ruangan dari gypsum. 

  1. Pastikan memilih gypsum dengan permukaan yang rata dan halus 
READ  Furniture yang Cocok Untuk Ruang Bermain

Seperti yang sudah kita ketahui, gypsum berfungsi  sebagai penyekat ruangan memang sudah hadir dari berbagai macam merek. Tetapi memang tidak semuanya menghadirkan kualitas yang sama bukan. 

agar partisi tersebut tahan lama maka pastikan anda memilih gypsum  dengan permukaan rata dan halus. permukaan sangat penting karena akan mempengaruhi bagaimana hasil pengecatan nantinya. 

  1. Mempunyai bobot ringan 

Tips dalam memilih penyekat ruangan dari gypsum berikutnya adalah  memperhatikan bobot yang dimiliki. Partisi yang berkualitas tinggi biasanya mempunyai bobot yang ringan dan mempunyai tebal sekitar 9 mm dan beratnya tidak lebih dari 15 kg. dengan bobot yang ringan akan membantu anda dalam proses pemasangan atau instalasi nantinya. 

  1. Tidak mudah rapuh 

Hal yang tidak kalah pentingnya ketika anda memilih gypsum sebagai partisi yakni pastikan tidak mudah rapuh dan mempunyai kekuatan yang bagus. Tingkat kekuatan dari gypsum juga akan mempengaruhi umur dari penyekat yang anda pilih. Selain itu, anda juga tidak perlu menggantinya dalam rentan waktu sebentar. 

  1. Pastikan membeli penyekat gypsum yang menawarkan garansi 
READ  Cara Membersihkan Kamar Mandi Secara Alami

Cara terakhir yang bisa anda gunakan adalah  dengan membeli gypsum partisi dimana disertai dengan garansi didalamnya. Membeli gypsum partisi dimana disertai dengan garansi memang sangat penting. Mengingat sifatnya yang tidak tahan terhadap air dan mudah rapuh. 

Kelebihan penyekat ruangan dari gypsum 

Saat ini, penyekat ruangan yang terbuat dari gypsum sendiri tidak hanya digunakan pada perumahan saja tetapi juga pada gedung perkantoran. Untuk pengguna partisi ruangan dari gypsum ini tentu akan merasakan sejumlah kelebihan yang ditawarkan diantaranya adalah 

  1. Mempunyai bobot yang ringan 

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila gypsum mempunyai bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan material lainnya seperti bata  maupun beton. Karena bobotnya yang ringan itulah,  anda lebih mudah dalam mengaplikasikan pada ruangan yang diinginkan. 

  1. Cukup fleksibel 

Bukan Hanya mempunyai bobot yang ringan saja, gypsum partisi ini pun juga mempunyai  sifat yang fleksibel dan dapat anda install  dimana saja. Ini karena jenis penyekat tersebut tidak harus berdiri diatas balok dengan struktur. Tentu ini berbeda jauh apabila anda akan memasang partisi yang terbuat dari batu bata

  1. Mudah untuk diperbaiki 
READ  Desain Ruang Kerja Kantor Yang Ergonomis

Apabila penyekat gypsum ini terdapat kerusakan seperti lecet ataupun berlubang, maka anda tidak perlu khawatir karena ternyata partisi ini memberikan kemudahan pengguna buat memperbaikinya. Caranya adalah dengan mendempul bagian yang rusak tersebut dengan papan gypsum baru. 

  1. Ramah lingkungan 

Salah satu kelebihan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat apabila menggunakan partisi ini adalah ramah terhadap lingkungan. Mengingat dalam proses pemasangannya tidak membutuhkan air. Selain itu, apabila  anda sudah tidak menggunakannya lagi maka gypsum dapat berbaur dengan tanah secara mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *