Home » Kenali Ciri Meja TV Jati Asli Agar Tidak Tertipu Harga Mahal

Kenali Ciri Meja TV Jati Asli Agar Tidak Tertipu Harga Mahal

  • by
mini meja tv kecil jati

Bagi sebagian orang memiliki kayu jati adalah jati diri sebagai bentuk kelas tertentu atau bisa dikatakan kasta tertinggi. Opini tersebut memang tak salah, kesan yang muncul di masyarakat adalah seseorang yang bisa memiliki perkakas dari kayu jati pastinya orang dengan kemampuan finansial yang cukup baik. Kayu jati yang asli terkenal dengan harga yang mahal, kisaran jutaan hingga puluhan juta. 

Ada ketertarikan dalam tubuh kayu jati yang tidak dimiliki oleh kayu jenis lainnya. Untuk mengenal lebih dekat dengan ciri kayu jati yang asli dan palsu, simak ulasannya di bawah ini!

meja TV Jati Kuat dan Bagus
meja TV Jati Kuat dan Bagus

Ciri Kayu Jati Asli

  1. Serat Kayu

Untuk mengamati serat kayunya, Anda bisa meneliti setiap serutan yang ada, apabila serat kayunya sangat padat dan rapat sekali termasuk dalam kayu jati yang asli. Serat kayu ini berasal dari kayu yang hidup selama waktu yang lama sehingga kepadatannya tidak diragukan lagi. Jika Anda mendapati serat kayu yang agak renggang walaupun katanya itu kayu jati maka termasuk kayu jati dengan kualitas di bawah standar. 

READ  Macam-macam Bahan Gorden Terbaru

Kelas kayu jati yang asli berbobot sangat berat dan tidak akan kuat hanya dengan menggesernya saja. Bila diangkat akan terasa begitu mantap dan tidak menimbulkan suara retakan. 

  • Bunyi Ketukan

Untuk mengecek meja TV kayu jati itu asli atau tidak bisa dengan mengetuk permukaannya, suara yang muncul sangat berat dan membuat tangan Andasakit hanya dalam 2 ketukan maka termasuk dalam kayu jati asli. Kayu jati yang berbunyi nyaring sudah terdapat campuran kayu lain di dalamnya seperti serpihan kayu mahoni atau kayu putih. Anda juga bisa melihat lingkaran tahun yang tertera pada kayu jati, semakin banyak lingkarannya semakin tua usia kayunya. 

  • Warna Kayu

Warna kayu jati asli lebih gelap kemerahan, merata di semua sisi. Banyak sekali penjual kayu jati yang mencampurkan kayu jati muda kelas nomor 3 dengan kayu jati kelas unggulan, asalkan terbuat dari kayu jati. Kemungkinan hal itu dilakukan agar harga kayu jati tidak terlalu mahal dan juga memenuhi kebutuhan kayu jati. 

READ  Ruang Area Duduk-duduk Santai Keluarga di Rumah

Jika Anda ingin tahu wujud asli kayu jati memang sebaiknya memesan dan melihat langsung fisik kayu jati sehingga bisa menilai apakah kayu jati yang dipakai asli atau campuran. Perkakas yang telah jadi biasanya sudah diplitur dengan warna cat duco yang mirip sekali dengan warna asli kayu jati. 

  • Jangan Pilih yang Berlubang

Amati permukaan kayu, jika terdapat lubang adanya indikasi serangga telah mampu melubangi dan merusak serat kayu. Ketahanannya tidak lama ketika ada lubang kecil dan serbuk kayu yang muncul. Tukang kayu akan membalikkan permukaan yang berlubang pada bagian bawah sehingga pembeli tidak akan menyangka dan mengecek dengan detil lubang yang ada. 

Kelebihan Meja TV Kayu Jati 

Ada alasan kuat mengapa beberapa orang cenderung memiliki mebel berbahan kayu jati, salah satunya adalah daya tahan dari rayap. Dibandingkan dengan bahan kayu putih, kayu plywood memang kayu jati memiliki ketahanan lebih dari 25 tahun. Kendati demikian, bahan kayu jati memiliki kelemahan pembentukan model yang stagnan. Kayu jati hanya bisa dibentuk dengan desain sederhana, tidak bisa dibuat lengkung atau karakter lainnya seperti pada kayu plywood.  

READ  Meja Lipat Untuk Meja Makan yang Ringkas

Untuk memesan mebel meja TV jati, Anda Bisa menghubungi pihak pembuatnya yang ada di jepara. Jepara sangat terkenal dengan mebel kayu jatinya, dari kayu jati kualitas nomor 3 hingga kualitas unggulan ada di sana semua. 

Harga Meja TV Kayu Jati

Kisaran harganya tidak bisa ditentukan tanpa adanya pengukuran lebih lanjut, karena ditentukan dari kualitas kayu dan ukuran. Untuk model meja hampir tidak ada pengaruhnya dengan harga karena stagnan dengan model yang sudah ada. Namun, harga 1 buah meja TV jati dengan campuran kayu jati muda dan tua sekitar Rp. 3 juta – Rp. 5 juta. 

Dengan sedikit penjelasan di atas setidaknya Anda tahu tentang ciri umum kayu jati yang asli dan campuran dilihat sekilas dari bobot dan serat kayunya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *