Home » Kriteria Rumah Sehat Dengan Ventilasi Atap Dapur Yang Baik

Kriteria Rumah Sehat Dengan Ventilasi Atap Dapur Yang Baik

  • by
ventilasi atap dapur pencahayaan

Pada saat anda memasak tentu saja akan mengeluarkan aroma dan asap yang cukup menganggu. Untuk itulah dibutuhkan ventilasi atap dapur yang baik yang memiliki fungsi untuk mengalirkan aroma dan asap ke luar rumah anda. Selain itu, Ventilasi juga memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa memasukkan udara segar ke dapur rumah anda. 

ventilasi atap dapur pencahayaan
ventilasi atap dapur pencahayaan

Anda mungkin bisa membayangkan jika dapur rumah anda tidak memiliki ventilasi udara, aroma tak sedap akan berkurang dalam waktu lama di ruangan dapur. Hal ini tentu saja akan membuat anda terasa sangat sesak hingga menyebabkan berkembangkan beragam jenis penyakit. Padahal, dapur sendiri adalah salah satu ruangan untuk anda mengolah makanan untuk keluarga anda. Untuk itulah, tingkat kebersihan dari dapur bisa menjadi salah satu faktor kesehatan keluarga. 

Selain aroma, asap yang dihasilkan masakan di dapur juga akan menyebabkan banyak kerugian jika nantinya tidak dikeluarkan. Misalnya adalah menimbulkan noda hitam pada dinding dan perabotan dapur sehingga akan merusaknya. Nah karena ventilasi atap udara sangat penting, maka sebenarnya ada beberapa indikasi ventilasi atap udara yang baik sehingga bisa membuat dapur anda menjadi lebih sehat. 

kumpulan desain ventilasi dapur minimalis terbaru 1001 x 642 · png

kumpulan desain ventilasi dapur minimalis terbaru

desain ventilasi atap rumah rumah indah 750 x 938 · jpeg
READ  3 Tips Mencegah Rumah Kebanjiran

desain ventilasi atap rumah rumah indah

trend model ventilasi udara  dapur terbaru 750 x 1125 · jpeg

trend model ventilasi udara dapur terbaru

update ventilasi dapur minimalis terbaik   desain 1080 x 810 · jpeg

update ventilasi dapur minimalis terbaik desain

inspirasi  ventilasi dapur minimalis 1600 x 1405 · jpeg

inspirasi ventilasi dapur minimalis

pilihan desain atap dapur minimalis segar bebas sumpek 640 x 449 · jpeg

pilihan desain atap dapur minimalis segar bebas sumpek

cover ventilasi udaraexhaust fan bahan stainless steel 800 x 800 · jpeg

cover ventilasi udaraexhaust fan bahan stainless steel

model ventilasi atap salah satunya  ventilasi atap 474 x 474 · jpeg

model ventilasi atap salah satunya ventilasi atap

desain ventilasi atap dapur rumah minimalis youtube 480 x 360 · jpeg

desain ventilasi atap dapur rumah minimalis youtube

lengkap  ide ventilasi udara  atap rumah beserta 739 x 415 · jpeg

lengkap ide ventilasi udara atap rumah beserta

membuat desain ventilasi rumah tropis sempit baik 1066 x 591 · jpeg

membuat desain ventilasi rumah tropis sempit baik

ventilasi udara  atap rumah model rumah minimalis 1000 x 660 · jpeg

ventilasi udara atap rumah model rumah minimalis

desain ventilasi dapur  modern  minimalis 693 x 489 · jpeg

desain ventilasi dapur modern minimalis

Menempatkan Ventilasi 

Salah satu cara yang tepat untuk menciptakan dapur yang sehat sebagai kriteria rumah sehat adalah dengan cara menerapkan sistem ventilasi udara menyilang. Dimana sistem ini memanfaatkan perbedaan tekanan di dalam dan luar ruangan. Untuk udara di dalam ruangan dipaksa keluar untuk bisa menggantikan udara baru yang masuk agar lebih segar. 

READ  Konsep Rumah Minimalis 1 Lantai dan 2 Lantai

Sistem ini juga bisa menciptakan sirkulasi udara yang baik di dapur dikarenakan terjadi pertukaran udaranya. Udara yang masuk ruangan turun ke bawah kemudian akan naik ke atas ketika berubah menjadi udara panah. 

Udara yang masuk biasanya memiliki massa yang berat, sedangkan udara yang keluar memiliki massa ringan. Itulah penempatan ventilasi udara terbaik adalah di dinding dan di atap. Untuk ventilasi di dinding memiliki fungsi untuk mengalirkan udara segar dari luar ruangan. Sedangkan untuk ventilasi atap dapur memiliki fungsi untuk mengalirkan udara yang ada di dalam ruangan ke luar. 

Jenis Ventilasi Atap Udara di Dapur

Sebenarnya ada beberapa jenis ventilasi udara, namun yang paling diminati adalah ventilasi atap dapur. Dimana pemasangan ventilasi ini bisa dibuat dengan menyediakan lubang pada bagian plafon dan atap yang biasanya ditutup dengan kaca. Dan cara ini dianggap paling efektif selain menjadi ventilasi juga dijadikan pencahayan langsung. Sehingga membuat dapur menjadi lebih cerah karena mendapatkan sinar matahari saat siang hari. 

atap dapur sebagai ventilasi udara dan cahaya
atap dapur sebagai ventilasi udara dan cahaya

Tips Pemasangan Ventilasi Udara di Dapur

Jika anda sudah memutuskan untuk membuat ventilasi atap dapur, maka sebenarnya ada beberapa tips agar ventilasi udara di dapur anda bisa berfungsi dengan lebih optimal diantaranya adalah :

  • Pertimbangkan ukuran : Ventilasi udara yang disarankan untuk dapur biasanya 1/3 dari luar lantai ruangan anda. Tentu saja ini adalah hasil akumulasi dari ventilasi kecil yang terpasang di dalam ruangan. Namun yang perlu anda perhatikan juga adalah memilih ukuran ventilasi yang bisa mengalirkan udara dari dapur dan keluar dapur dengan baik. 
  • Posisi : Tidak disarankan untuk membuat bukaan di belakang kompor, karena aliran angin yang masuk bisa menganggu api. Dan disarankan juga untuk menghindari dinding yang mengarah pada ruang lain karena ini bisa menyebarkan asap dan bau di seluruh ruangan. Posisikan ventilasi atap dapur menjadi solusinya. Karena tidak menyebabkan penyebaran asap dan bau karena aroma dan asap langsung keluar dan masuk. 
  • Pertimbangkan Arah Angin : mengenali arah datang angin dengan tujuan agar anda bisa menentukan posisi dari desain dapur. Selain itu, ada baiknya untuk melakukan penataan taman. Karena tanaman di dapur bisa berfungsi untuk memperlambat aliran udara yang akan masuk ke dalam ruangan. 
  • Pertimbangkan Keamanan : ada baiknya untuk anda mempertimbangkan pemasangan kawat kasa atau keamanan lain untuk ventilasi atap dapur dalam ukuran yang besar tujuannya untuk mencegah masuk tikus atau kecoa atau jenis binatang lain dari luar masuk ke dapur. 
READ  Tiang Dak Teras Rumah Minimalis Untuk Kaki Penopang Atau Penahan Teras Atap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *