Langkah-langkah Dalam Proses Pemecahan Masalah di dalam Rumah

maslah pelik ruamh tangga

Di dalam berumah tangga, pasti kita memiliki permasalahan yang beragam mulai dari masalah kecil sampai masalah pelik. Berikut ini tips simpel proses pemecahan masalah di dalam rumah.

  1. Identifikasi Masalah
    Setiap problem memiliki jenis masing-masing yang bisa kita identifikasikannya. Masalah tersebut memiliki perbedaan sudut pandang bagi setiap anggota keluarga yang menimpanya. Jadi, identifikasikan dengan jelas sebenarnya apa masalahnya.
  2. Pahami kepentingan semua anggota keluarga
    Kita harus mampu membedakan antara masalah dengan kepentingan. Kepentingan merupakan kebutuhan yang ingin dicapai atau dipuaskan dari solusi yang diberikan. Seringkali kita abai dalam melihat kepentingan kita sendiri saat terikat pada solusi tertentu. Solusi yang terbaik adalah berikan kepuasan pada masing-masing kepentingan orang tersebut termasuk kita.
  3. Buat daftar analisa kemungkinan solusi pilihan
    Pada momen ini lakukan brainstorming untuk memberikan banyak ruang bagi kreativitas masing-masing anggota keluarga.
  4. Evaluasi pilihan solusi.
    Setelah dapat beberapa pilihan solusi, maka temukan secara objektif dan jujur nilai positif dan negatif dari list pilihan tersebut.
  5. Tentukan satu pilihan atau kombinasi pilihan yang disepakati
    Bisa jadi kesepakatan bersama ada di poin A, namun ada kalanya kita bisa mengambil solusi dari poin gabungan A dan B dan seterusnya.
  6. Dokumentasi
    Pada tahap ini supaya gak lupa antar sesama anggota keluarga, maka perlu kita dokumentasi atau print dan tempel poin poin kesepakatan yang sudah menjadi rule (peraturan keluarga) tersebut.
  7. Fleksibilitas
    Peraturan keluarga ini bisa jadi berubah-ubah namun hendaknya bisa kita tekankan bahwa step-step tersebut di atas dijalani dengan baik maka hubungan antar sesama anggota keluarga akan berjalan harmonis.
READ  Motif dan Struktur Keramik Lantai Rumah Minimalis